Selasa, 12 Des 2017 / 23 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Legislatif
  • DPRD Pekanbaru Minta Dinas Terkait Periksa Bahan Berbahaya dalam Jajanan Anak

DPRD Pekanbaru Minta Dinas Terkait Periksa Bahan Berbahaya dalam Jajanan Anak

Rabu, 08 Mar 2017 16:14
view: 1.197
dok.
Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Roem Diani Dewi.

PEKANBARU, datariau.com - Pihak Kepolisian, Disperindag, BPOM dan intansi terkait lainnya diminta segera bertindak dan turun ke lapangan guna memastikan jajanan anak dalam hal ini permen dot yang diduga mengandung narkoba. Agar jajanan ini tidak beredar di Kota Pekanbaru.

Pasalnya, saat ini permen dot yang diduga mengandung narkoba dikabarkan sedang marak diperjualbelikan di sejumlah sekolah dasar dan taman kanak-kanak (TK) di Kota Surabaya, bahkan guna memastikan perihal kasus itu, pemerintah Surabaya Jawa Timur bersama pihak terkait lainnya seperti pihak BPOM dikabarkan sedang melakukan penyelidikan.

"Ini harus diantisipasi, jangan sampai masuk ke daerah kita, untuk itu pihak kepolisian sudah bisa bergerak turun ke lapangan memastikan permen dot yang diduga mengandung narkoba tidak beredar di Pekanbaru, telusuri setiap pedagang maupun produsen," ungkap Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Roem Diani Dewi, Rabu (8/3/2017).

Bahkan menurut Politisi PKS ini, jika kasus permen terindikasi mengandung narkoba ini benar adanya, pihak kepolisian diminta bisa bersikap tegas dan menegakkan aturan yang ada.

"Jika terbukti benar ada dan positif mengandung narkoba, kita minta pihak penegak hukum bisa bersikap tegas dan memberikan hukuman setimpal kepada pelaku tindak kejahatan baru ini, pasalnya mereka sudah berusaha merusak generasi bangsa dengan memasukkan zat-zat berbahaya ke dalam jajanan yang disasar oleh anak-anak," tegas Roem.

Lebih jauh Roem juga berharap, sebagai bentuk antisipasi, pihak pemerintah baik itu BPOM, Diskes dan pihak sekolah perlu bekerja sama melakukan sosialisasi kepada siswa tentang bahaya narkoba.

"Kita berharap para siswa diberi pemahaman tentang bahaya narkoba ini, apalagi jika dikemas dalam bentuk semenarik mungkin seperti dugaan permen dot mengandung narkoba itu, kan sangat susah sekali dikenali oleh masyarakat apalagi anak-anak, saya kira pihak sekolah juga berperan dan tidak boleh membiarkan pedagang berkeliaran di luar sekolah yang jajanananya belum terjamin kesehatan dan keamanannya," sebutnya.

Selain itu, kepada pihak masyarakat juga diharapkan lebih selektif lagi dalam membelikan jajanan untuk keluarga. "Jangan hanya dilihat dari kemasannya yang menarik saja, tetapi perhatikan semua aspek, mulai dari lebel halal, kadarluarsanya, komposisi, tertera atau tidak lebel BPOM dan segala macamnya, kalau tidak ada saya rasa nggak usah beli," pungkasnya.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Jelang Natal, DPRD Pekanbaru Minta Aparat Tetap Waspa Aksi Terorisme

    PEKANBARU, datariau.com - DPRD Kota Pekanbaru mengapresiasi kesuksesan Densus 88 dan Polda Riau dalam mengungkap terduga pelaku terorisme yang ternyata merek

  • Jalan dan Drainase Diperbaiki, Warga RW 03 Berterimakasih Kepada Ida Yulita Susanti

    PEKANBARU, datariau.com - Warga RW 03 Kelurahan Air Putih Kecamatan Tampan pada tahun 2017 ini menikmati semenisasi dan perbaikan drainase japan di 13 titik. 
  • Aksi Begal Karena Kecanduan Narkoba, DPRD Minta Polisi Rutin Patroli di Malam Hari

    PEKANBARU, datariau.com - Maraknya aksi begal belakangan ini disinyalir karena semakin banyaknya remaja kecanduan narkoba. Untuk itu kepolisian diminta razia rutin di m
  • DPRD Kritik Sekian Lama Banjir Pekanbaru Tak Tertangani

    PEKANBARU, datariau.com - Sekian lama banjir di Pekanbaru belum mampu ditangani bahkan semakin parah. DPRD sampai saat ini belum melihat master plan penanganan banjir t
  • Mulyadi: Cabut Izin Pangkalan Elpiji yang Membuat Susah Masyarakat

    PEKANBARU, datariau.com - Indikasi adanya pangkalan yang menjual elpiji subsidi secara curang semakin nyata adanya. DPRD Pekanbaru minta dinas terkait jangan berdiam
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg