Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Lingkungan
  • Kabaharkam Pimpin Apel Gelar Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutla di Kampar

Kabaharkam Pimpin Apel Gelar Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutla di Kampar

Oleh: Mirdas Aditya
Kamis, 10 Agu 2017 15:51
view: 645
Mirdas Aditya
Foto bersama di sela-sela acara.

RIMBO PANJANG, datariau.com - Telah dilaksanakan Apel Gelar Personil dan Peralatan serta Simulasi Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla, berthemakan "Dengan Sinergitas dan Kemitraan Kita Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan menuju Riau bebas Asap", Kamis (10/8/2017) pukul 09.00 wib, di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Apel Gelar Personil dan Peralatan ini ini dipimpin langsung Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Putut Eko Bayususeno SH dengan Perwira Apel Karo Ops Polda Riau KBP Drs Abdul Hafidh Yuhas dan Komandan apel Kasat Brimob Polda Riau KBP Pradah Pinunjul SIK MH.

Hadir pada acara ini Asops Kapolri Irjen Pol Drs Moch Iriawan SH MM, Kakor Sabhara Irjen Pol Drs Umar Septono SH MH, Kakor Polairud Irjen Pol Drs Chairul Noor SH MH, Karo Penmas Brigjen Pol Drs Rikwanto SH, Dir Tipiter Bareskrim Brigjen Pol Drs Purwadi Arianto MSi, Dir Bintibmas Brigjen Pol Drs Sutarno, Karo Binopsnal Baharkam Brigjen Pol Drs Eddi S Tambunan MSi dan beberapa Pemen Mabes Polri.

Turut hadir Kapolda Riau Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara dan sejumlah Pejabat Utama Polda Riau serta beberapa Kapolres jajaran Polda Riau, antara lain Kapolres Kampar, Kapolresta Pekanbaru, Kapolres Pelalawan dan Kapolres Rohul, juga hadir Danrem 031/Wira Bima Brigjen Inf Abdul Karim bersama Dandim 0313/KPR serta Danyon 132/Bima Sakti.

Sementara peserta apel terdiri dari personil gabungan Polda Riau, Polres Kampar Polresta Pekanbaru, Brimob Polda Riau, Kodim 0313/KPR, Polairud, Bhabinkamtibmas, Satpol PP Kampar, Manggala Agni, MPA Desa Rimbo Panjang dan Basarnas.

Pelaksanaan apel diawali dengan pemeriksaan pasukan dan peralatan oleh Pimpinan Apel didampingi rombongan Tim dari Mabes Polri, Kapolda Riau serta Danrem 031/Wirabima.

Dalam amanatnya Kabaharkam Polri menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari hasil Rakor masalah penanggulangan Karhutla, dimana telah dicapai kesepakatan yang baik oleh semua pihak yang terlibat baik dari jajaran Polri, TNI, BNPB, Pemerintah Pusat dan Daerah serta semua stakeholder terkait dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Lebih lanjut disampaikan Kabaharkam, bahwa Sinergitas dan kemitraan yang telah terjalin dengan baik selama ini agar terus ditingkatkan, hilangkan ego sektoral untuk mencapai keberhasilan bersama.

Menutup amanatnya, Kabaharkam menyampaikan terimakasih, rasa bangga dan apresiasinya atas kinerja semua pihak dalam mewujudkan Riau bebas asap.

Setelah pelaksanaan Apel Gelar Personil dan Peralatan ini, tepat pukul 10.15 wib dilaksanakan simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang diperankan oleh personil Jajaran Polres Kampar bersama Kodim 0313/KPR, BPBD, Manggala Agni dan Masyarakat Goro Peduli Api.

Peragaan ini diawali dengan kegiatan preventif seperti pelaksanaan patroli terpadu oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPBD, Aparat Desa dengan memberikan himbauan, pemasangan spanduk dan penyampaian maklumat Kapolda Riau tentang larangan membakar hutan dan lahan, hingga peran semua pihak dalam upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan dari Satgas Darat hingga terakhir dari Satgas Udara berupa water bombing dengan menggunakan Helikopter.

Usai peragaan ini, Kabaharkam dan rombongan menyempatkan waktu untuk meninjau pembuatan kanal bloking (sekat kanal) di Dusun II Desa Rimbo Panjang yang lokasinya sekitar 500 meter dari tempat acara. Sebagaimana diketahui kanal bloking merupakan salah satu upaya antisipasi penanganan karhutla yang cukup efektif terutama pada daerah dengan lahan gambut.

Kegiatan berakhir pada pukul 11.30 wib dan seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Lingkungan Terbaru
  • Warga Sudah Begadang Menjaga Jalan, Pemerintah Inhu Masih Tidak Ada Tanggapan
  • Diduga Pembangunan Pasar Rakyat di Terminal Lama Tak Memiliki IPAL
  • Satlantas Polres Inhu Bantu Warga Tanah Merah Alihkan Mobil Truk yang Ingin Lewati Jalan Kongsimpat
  • Warga Tanah Merah Halau Truk dari Jalan Kongsimpat, Berjaga 24 Jam
  • Dibangun dengan Rp7 Miliar Lebih, Aspal Jalan Kongsimpat Inhu Sudah Hancur, Ini Penyebabnya..
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Sosialisasi Karlahut, Polsek Kampar Kiri Road Show ke Desa-desa

    KAMPAR KIRI, datariau.com - Dalam rangka mengatasi pembakaran lahan dan hutan (Karlahut) Jajaran Kepolisian Sektor Kampar Kiri yang dipimpin langsung Kompol Jhon Firdau
  • Ingin Tes CPNS, Warga Kuapan Kampar Tewas Jatuh Dari Motor di Rimbo Panjang

    TAMBANG, datariau.com - Musibah datang tanpa diundang, seperti yang dialami Ihkwal Novalda (23) warga Dusun Karangan Tinggi, Desa Kuapan, Kecamatan Tambang. Ia mengalam
  • Bupati Diminta Cabut Izin Perusahan di Inhu yang Tidak Peduli Karlahut

    RENGAT, datariau.com - Adanya tuding masyarakat terhadap perusahaan yang tidak peduli dengan kondisi kebakaran lahan yang terjadi di lingkungan sekitar perus

  • Perusahaan Tidak Peduli Karlahut Diminta Enyah Dari Inhu

    RENGAT, datariau.com - Warga Inhu mengaku kecewa dengan perusahaan yang terkesan tidak peduli dengan peristiwa kebakaran lahan dan hutan di daerah itu. Kepad

  • Dituding Tidak Peduli Karlahut, Ini Kata PT Inecda

    RENGAT, datariau.com - Warga kecewa kepada PT Inecda karena tidak ikut berpartisipasi memadamkan kebakaran lahan dan hutan di sekitaran perusahaan. Pihak perusahaan
  • Karlahut di Desa Tani Makmur Inhu, Warga Tuding Perusahaan Kurang Peduli

    RENGAT, datariau.com - Kebun warga terbakar di kaplingan Desa Tani Makmur Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu, Jumat (1/9/2017) sekitar pukul 12.00 WIB. Ke

  • Kabaharkam Pimpin Apel Gelar Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutla di Kampar

    RIMBO PANJANG, datariau.com - Telah dilaksanakan Apel Gelar Personil dan Peralatan serta Simulasi Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla, berthemakan "Dengan

  • KOMENTAR