Jumat, 19 Jan 2018 / 2 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Lingkungan
  • Limbah B3 Berserakan di Anak Parit, Diduga Berasal dari Kolam Skimming Pit PT Pertamina EP Field Lirik yang Jebol

Limbah B3 Berserakan di Anak Parit, Diduga Berasal dari Kolam Skimming Pit PT Pertamina EP Field Lirik yang Jebol

Oleh: Heri
Minggu, 19 Mar 2017 08:27
view: 1.750
Heri
Kondisi saluran air yang tercemar limbah diduga limbah B3.

RENGAT, datariau.com - Satu pekan yang lalu diduga bak atau Kolam Skimming Pit tempat penampungan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di SPU (Stasiun Pengumpulan Utama) PT Pertamina EP Field Lirik di Desa Gudang Batu Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu jebol.

Pantauan datariau.com di lokasi, warna hitam pekat diduga limbah B3 terlihat pada tanah di sekitar Kolam Skimming Pit, selain itu juga terlihat bercak hitam pekat pada dinding beton anak parit diduga bekas limbah B3 yang berasal dari Kolam Skimming Pit yang jebol.

Menyikapi hal ini, Jumadi akvitis LSM TOPAN-RI Kabid Intelijen mengatakan, pihaknya berharap BLH Inhu maupun BLH Provinsi Riau dapat segera meninjau ke lokasi SPU PT Pertamina untuk dapat segera memastikan yang berserakan itu limbah  B3 atau bukan.

"Karena di sepanjang anak parit yang tidak jauh dari Kolam Skimming Pit menuju ke beberapa desa terdapat bekas bercak warna hitam diduga limbah B3 yang keluar dari Kolam Skimming Pit PT Pertamina Lirik yang jebol beberapa waktu lalu," urainya, Ahad (19/3/2017).

Informasi di lapangan, jebolnya Kolam Skimming Pit PT Pertamina itu diduga kelebihan isi dan dinding tidak kuat menahan beban kemudian jebol. "Harusnya BLH dan penegak hukum tanggap dengan kondisi ini, saya akan laporkan secara resmi persoalan ini ke BLH Provinsi, karena kondisinya sangat mengkhawatirkan, jika ini benar limbah B3 yang berbahaya bagi masyarakat," tegas Jumadi.

Hingga berita ini dimuat, pihak Pertamina EP Field Lirik belum bisa dihubungi untuk dikonfirmasi memastikan limbah tersebut dan penyebab jebolnya Kolam Skimming Pit. Karena warna pekat di saluran air parit ini sulit dibersihkan.

Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Tiang Listrik Dekat Kantor PLTD ke Kantor Desa Sei Kuning Rohul Memprihatinkan

    ROHUL, datariau.com - Sungguh miris dan menyedihkan, tiang listrik yang menghubungkan ke kantor Desa Sei Kuning Kecamatan Rambah Samo masih dari pipa.

  • Pengerasan Jalan TPU Teluk Erong Kampung Dagang Inhu Memprihatinkan

    RENGAT,datariau.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perakakim) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tahun 2017 menganggarkan pembangunan peningkatan jala
  • Pembangunan Jembatan dan Semenisasi Jalan Mengecewakan, Warga Protes

    RENGAT, datariau.com - Pemerintahan Desa Siambul Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu melalui anggaran dana desa puluhan juta di Tahun 2017 melaksanakan pembangunan j
  • Tragis, Jalan H Usman Bangko Kiri Rohil Terancam Putus

    BANGKOPUSAKO, datariau.com - Jalan H Usman yang berada di Kelurahan Bangko Kiri kini terancam putus, karena abrasi Sungai Bangko yang terus menggeruk badan j

  • Waria Mangkal di Simpang Riset Bagan Batu Rohil Bikin Warga Resah

    BAGANBATU, datariau.com - Masyarakat Bagan Sinembah resah keberadaan banci alias bencong atau Waria di simpang Riset, Jalan Lintas Riau-Sumut Bagan Batu, Kec

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto