Senin, 11 Des 2017 / 22 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Lingkungan
  • Pemerintah Diminta Tindak Tegas Pelaku Aksi Penampungan CPO Ilegal di Riau

Pemerintah Diminta Tindak Tegas Pelaku Aksi Penampungan CPO Ilegal di Riau

Oleh: Heri
Minggu, 14 Mei 2017 22:12
view: 1.173
doc.
Salah satu lokasi diduga tempat penampungan CPO ilegal.

RENGAT, datariau.com - Aksi penampugan CPO (Cord Pam Oil) secara ilegal alias 'kencing di jalan' menyebabkan produksi minyak kelapa sawit atau CPO dan harga sawit terganggu.

"Aksi CPO ini merugikan pihak perusahaan dan merugikan negara. Karena sindikat distributor CPO ilegal tidak membayar pajak dan biaya retribusi lainnya," kata salah seorang masyarakat Inhu, Eko Dermawan SH kepada datariau.com, kemarin.

Akibat adanya tempat penampungan CPO ilegal di pinggr jalan ini yang kebanyakan hanya ditutupi dengan terpal, mengakibatkan 1 ton lebih produksi minyak kelapa sawit atau crude palm oil setiap tahun raib di Riau.

"Praktek ilegal tersebut juga berdampak kepada kualitas CPO yang diekspor. Minyak sawit mentah yang diperoleh dari cara ilegal itu diperkirakan tidak memenuhi standar sehingga dapat menurunkan kualitas CPO yang menyebabkan turunnya harga," terangnya.

Padahal, lanjutnya, Indonesia sedang getol meningkatkan standar sistem pengelolaan minyak sawit berkelanjutan atau Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). "Tentu ini merugikan pelaku usaha yang bersusah payah memenuhi standar internasional," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Eko, pemerintah dan penegak hukum kepolisian harus menanggapi persoalan ini secara serius dan bila perlu menempatkan orang untuk mensurvei dan mendata setiap truk CPO yang mendistribusikan komoditas tersebut.

"Pratek supir truk kencing di jalan ini harus ditindak tegas sebelum harga CPO semakin merosot akibat ulah para mafia penampungan CPO. Jangan pula menunggu laporan baru ditindak," tegas Eko Dermawan SH.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Semenisasi Jalan di Dusun Penyaguan Rohil Untuk Kepentingan Pribadi?

    LENGGADAI HILIR, datariau.com - Pembangunan Semenisasi Jalan Famili I, RT07, Dusun Penyaguan, Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang, Rokan

  • Baru Selesai Dibangun, Semenisasi Jalan Sudah Rusak, Warga Lenggadai Hilir Kecewa

    LENGGADAI HILIR, datariau.com - Pembangunan semenisasi Jalan Fahrudin Samping rumah Ucok Bidik, Dusun Penyaguan, Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimb

  • Setelah Heboh di Berita, Rumah Nenek Baidiah di Inhu Langsung Dibedah

    RENGAT, datariau.com - Sempat heboh di pemberitaan media online Riau, tentang keberadaan seorang jand

  • Rumah Reot Nenek Badiah yang Tak Jauh Dari Kantor Pemerintah Inhu

    RENGAT, datariau.com - Miris saat melihat kondisi rumah yang dihuni Nenek Badiah (75). Meskipun Pemkab Inhu memiliki program rumah layak huni yang dibangun r

  • Ratusan Rumah Warga Pekanbaru Terandam Banjir

    PEKANBARU, datariau.com - Sebanyak 545 rumah warga di Kota Pekanbaru terendam banjir. Hal itu disebabkan tingginya curah dikawasan kabupten tetangga yakni
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg