Kamis, 14 Des 2017 / 25 Rabiul Awal 1439

Tercemar Limbah, Ribuan Ikan Mati di Sungai Ngaso

Rabu, 31 Mei 2017 16:57
view: 964
Riauterkini.com
Kondisi sungai yang tercemari limbah.

PASIRPANGARAIAN, datariau.com - Warga Desa Ujung Batu Timur, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menemukan ribuan ikan mati di sungai Ngaso, Rabu (31/5/2017) pagi.

Warga menduga, ribuan ikan berbagai jenis di sungai Ngaso tersebut mati karena dampak limbah perusahaan yang ada di hulu sungai.

Ribuan ikan mati di sungai Ngaso dibenarkan oleh Kepala Desa Ujung Batu Timur, Harde Yanto. Kades mengakui ribuan ikan mati pertama kali diketahui warganya Rabu pagi sekira pukul 07.30 WIB.

"Kondisi ikan sudah membusuk pertama kali ditemukan masyarakat. Kita tidak tahu kapan terjadi itu," jelas Harde dikutip riauterkinicom, Rabu (31/5/2017).

Harde mengakui sudah ketigakalinya sungai Ngaso tercemar diduga limbah perusahaan dalam tahun 2017. Atas kejadian yang sudah terjadi dan mencemari lingkungan, maka pihak Desa Ujung Batu Timur tidak akan lagi menerima kompensasi dari perusahaan. Menurutnya, perusahaan baru bersikap baik ke warga dan menyalurkan kompensasi di saat terjadi pencemaran lingkungan di sungai Ngaso.

"Kita tidak mau lagi seperti ini, kalau terbukti harus diberi sanksi, karena sudah sering terjadi," tegas Harde Yanto.

Menanggapi itu, Pemuda Ujung Batu, Muhammad Fadli mengatakan bila sudah sepantasnya perusahaan yang membuang limbah ke sungai Ngaso ditindak. Menurutnya, dampak pencemaran lingkungan tersebut sebabkan ribuan ekor ikan mati, dan warga tidak bisa mencari ikan lagi di sungai Ngaso.

"Kalau terbukti kita minta perusahaan diberi sanksi tegas. Bila perlu dicabut izin operasional nya," tegas aktivis Rohul ini.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Riauterkini.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Diduga Merusak Aset Milik Pemerintah, PT MGKS Terancam Pidana

    RENGAT,datariau.com - Lembaga Swadaya Masayarakat Team Operasional Penyelamatan Asset Negara Republik Indonesia Provinsi Riau mengkritik penggunaan drainase yang dibang
  • PT Pertamina Lirik Inhu Gunakan Drainase Untuk Jalur Pipa Minyak

    RENGAT, datariau.com - Terkesan untuk mencari mudah kerja dan mencari keuntungan besar, galian  dan pemasangan jalur line pipa minyak PT Pertamina di Kecamatan
  • Parah!!.. Diduga Tambang Pasir Ilegal di Perawang Ini Merusak Ekosistem Alam Sekitar

    SIAK, datariau.com - Semenjak pengalihan pengurusan Izin Galian C maupun Kwari ke provinsi, dengan demikian makin marak pulalah penambangan pasir ilegal maupun kwari sa
  • Menabung di Bank Sampah Purwodadi Pekanbaru, Uangnya Bisa Untuk Sekolahkan Anak

    PEKANBARU, datariau.com - Jika selama ini istilah menabung selalu identik dengan uang, namun kini tidak lagi. Pasalnya, masyarakat kini juga bisa menabung sampah melalu
  • Semenisasi Jalan di Dusun Penyaguan Rohil Untuk Kepentingan Pribadi?

    LENGGADAI HILIR, datariau.com - Pembangunan Semenisasi Jalan Famili I, RT07, Dusun Penyaguan, Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang, Rokan

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg