Sabtu, 24 Jun 2017 / 29 Ramadhan 1438

Tercemar Limbah, Ribuan Ikan Mati di Sungai Ngaso

Rabu, 31 Mei 2017 16:57
view: 815
Riauterkini.com
Kondisi sungai yang tercemari limbah.

PASIRPANGARAIAN, datariau.com - Warga Desa Ujung Batu Timur, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menemukan ribuan ikan mati di sungai Ngaso, Rabu (31/5/2017) pagi.

Warga menduga, ribuan ikan berbagai jenis di sungai Ngaso tersebut mati karena dampak limbah perusahaan yang ada di hulu sungai.

Ribuan ikan mati di sungai Ngaso dibenarkan oleh Kepala Desa Ujung Batu Timur, Harde Yanto. Kades mengakui ribuan ikan mati pertama kali diketahui warganya Rabu pagi sekira pukul 07.30 WIB.

"Kondisi ikan sudah membusuk pertama kali ditemukan masyarakat. Kita tidak tahu kapan terjadi itu," jelas Harde dikutip riauterkinicom, Rabu (31/5/2017).

Harde mengakui sudah ketigakalinya sungai Ngaso tercemar diduga limbah perusahaan dalam tahun 2017. Atas kejadian yang sudah terjadi dan mencemari lingkungan, maka pihak Desa Ujung Batu Timur tidak akan lagi menerima kompensasi dari perusahaan. Menurutnya, perusahaan baru bersikap baik ke warga dan menyalurkan kompensasi di saat terjadi pencemaran lingkungan di sungai Ngaso.

"Kita tidak mau lagi seperti ini, kalau terbukti harus diberi sanksi, karena sudah sering terjadi," tegas Harde Yanto.

Menanggapi itu, Pemuda Ujung Batu, Muhammad Fadli mengatakan bila sudah sepantasnya perusahaan yang membuang limbah ke sungai Ngaso ditindak. Menurutnya, dampak pencemaran lingkungan tersebut sebabkan ribuan ekor ikan mati, dan warga tidak bisa mencari ikan lagi di sungai Ngaso.

"Kalau terbukti kita minta perusahaan diberi sanksi tegas. Bila perlu dicabut izin operasional nya," tegas aktivis Rohul ini.

Editor: Adi

Sumber: Riauterkini.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Zafnil Helmi Sah Nahkodai Bappeda Litbang Kuansing

    TELUKKUANTAN, datariau.com - Dalam rangka mengisi kekosongan jabatan di Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Bupati Kuansing melakukan Pelantikan dan Penga

  • Hendra Adi Nugraha Resmi Menjabat Camat Minas, Syamsuar: yang Muda Lebih Energik Dalam Bekerja

    MINAS, datariau.com - Bertempat di Aula Kantor Camat Minas, Hendra Adi Nugraha resmi menjabat sebagai Camat Minas, pasca dilantik oleh Bupati Siak H Syamsuar, Rabu (
  • Mewakili Siak, Murid SD Islamic Ikut Kompetisi OSK Tingkat Nasional

    TANGGERANG, datariau.com - Dua murid SD Sains Tahfiz Islamic Center (STIC) Madinatul Ulum Kabupaten Siak, masuk babak final Olimpiade Sains Kuark (OSK) yang berlangs
  • Syamsuar: Budidaya Ikan Lele Bioflok Bisa Dikembangkan ke Setiap Kampung

    LUBUKDALAM, datariau.com - Sebagai bentuk keseriusan dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Siak dalam merespon kegiatan masyarakat dalam medukung usaha ekonomi

  • Tercemar Limbah, Ribuan Ikan Mati di Sungai Ngaso

    PASIRPANGARAIAN, datariau.com - Warga Desa Ujung Batu Timur, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menemukan ribuan ikan mati di sungai Ngaso, R

  • Mahasiswa 10 Paguyuban di Pekanbaru Demo Terkait Bantuan Pendidikan Pemprov Riau

    PEKANBARU, datariau.com - Mahasiswa yang tergabung dalam FPMR (Forum Paguyuban Mahasiswa Riau) yang tergabung 10 paguyuban di Kota Pekanbaru melakukan aksi d

  • Kantor BPN Meranti yang Baru Diresmikan

    SELATPANJANG, datariau.com - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kepulauan Meranti yang baru diresmikan, Selasa (23/5/2017).

    Kantor yang

  • KOMENTAR
    PERMASI
    Iklan,FARMAOPTICAL