Sabtu, 20 Jan 2018 / 3 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Lingkungan
  • Tragis, Jalan H Usman Bangko Kiri Rohil Terancam Putus

Tragis, Jalan H Usman Bangko Kiri Rohil Terancam Putus

Oleh: Samsul
Kamis, 11 Jan 2018 18:16
view: 600
Samsul
Kondisi abrasi yang terjadi di badan jalan.

BANGKOPUSAKO, datariau.com - Jalan H Usman yang berada di Kelurahan Bangko Kiri kini terancam putus, karena abrasi Sungai Bangko yang terus menggeruk badan jalan.

Warga Kelurahan Bangko Kiri, Jumadi kepada Datariau.com Selasa (9/1/2018) lalu mengatakan, bahwa Jalan H Usman ini merupakan akses penting masyarakat Bangko Kiri, bahkan akses vital masyarakat menuju Dusun Sukajadi.

Diceritakan Jumadi, bahwa kondisi abrasi sudah lama berlangsung, namun tiga bulan terakhir ini semakin parah. Sebab, curah hujan dan debit air Sungai Bangko semakin tinggi. Sehingga saat air sungai surut, tanah longsor digerus air.

"Ini kena abrasi. Sudah lama kena abrasi ini, parahnya tiga bulan inilah," kata Jumadi.

Pria yang akrab disapa Edi Botak ini mengaku, upaya yang saat ini dilakukan masih mengumpulkan kayu untuk turap. Dan saat ini sudah ada sebanyak 200 batang kayu untuk turap.

Masih kata Edi, kondisi jalan sangat mengkhawatirkan. Ia meminta kepada pemerintah daerah Rohil segera mengambil tindakan darurat untuk mengajukan ke pemerintah pusat agar dibangun turap permanen.

Jika tidak, kata dia, kondisi jalan bakal retak dan runtuh. Ada dua titik kondisi abrasi ini. Diperkirakan titik abrasi yang darurat saat ini sekitar 50 meter, dan satu titik lagi sekitar 200 meter.

"Kalau pakai kayu ini sifatnya sementara saja. Kita akan tambah kagi kayu untuk turap ini. Karena darurat, dikhawatirkan kondisinya akan semakin parah," ucap Edi.

Terpisah, Lurah Bangko Kiri, Yunilawati SSos ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya semampunya berupaya mengalokasikan anggaran dari kutipan pasar, untuk membeli kayu guna mengantisipasi semakin memburuknya abrasi Sungai Bangko.

Kedepan, kata Ida sapaannya, anggaran yang bersumber dari kutipan pasar yang telah ditetapkan 40 persen untuk pembangunan, akan difokuskan seluruhnya pada pembuatan turap tersebut.

"Kondisinya semakin parah, sudah hampir memakan aspal. Jadi, anggaran pembangunan dari kutipan pasar kita fokuskan ke sana. Ya, supaya bisa diantisipasi," pungkasnya.

Editor: Angga

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Tiang Listrik Dekat Kantor PLTD ke Kantor Desa Sei Kuning Rohul Memprihatinkan

    ROHUL, datariau.com - Sungguh miris dan menyedihkan, tiang listrik yang menghubungkan ke kantor Desa Sei Kuning Kecamatan Rambah Samo masih dari pipa.

  • Pengerasan Jalan TPU Teluk Erong Kampung Dagang Inhu Memprihatinkan

    RENGAT,datariau.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perakakim) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tahun 2017 menganggarkan pembangunan peningkatan jala
  • Pembangunan Jembatan dan Semenisasi Jalan Mengecewakan, Warga Protes

    RENGAT, datariau.com - Pemerintahan Desa Siambul Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu melalui anggaran dana desa puluhan juta di Tahun 2017 melaksanakan pembangunan j
  • Tragis, Jalan H Usman Bangko Kiri Rohil Terancam Putus

    BANGKOPUSAKO, datariau.com - Jalan H Usman yang berada di Kelurahan Bangko Kiri kini terancam putus, karena abrasi Sungai Bangko yang terus menggeruk badan j

  • Waria Mangkal di Simpang Riset Bagan Batu Rohil Bikin Warga Resah

    BAGANBATU, datariau.com - Masyarakat Bagan Sinembah resah keberadaan banci alias bencong atau Waria di simpang Riset, Jalan Lintas Riau-Sumut Bagan Batu, Kec

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto