Sabtu, 18 Nov 2017 / 28 Safar 1439
  • Home
  • Nasional
  • Kapolri Perintahkan Supir yang Merekam Pungli Diberikan Reward

Kapolri Perintahkan Supir yang Merekam Pungli Diberikan Reward

Minggu, 20 Agu 2017 05:53
view: 2.322

JAKARTA, datariau.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memerintahkan Kapolda Kalimantan Selatan Brigadir Jenderal Polisi Rachmat Mulyana untuk memberikan penghargaan kepada sopir yang mengunggah video oknum polisi terlibat pungutan liar (pungli).

"Kalau peristiwa (pungli) itu benar maka pengunggah tidak dipidanakan justu dikasih reward (penghargaan) karena melaporkan anggota Polri yang mengkhianati institusinya," ujar Tito di Jakarta, Sabtu (19/8/2017). Seperti dilansir dari Antara.

Tito menegaskan tindakan suap akan memberikan konsekuensi hukum terhadap penerima maupun pemberi namun jika itu terjadi sesuai fakta maka oknum anggota Polri yang akan diproses hukum.

Lebih lanjut, Tito menyatakan pengunggah video pungli yang tidak sesuai fakta maka dapat dikenakan undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Kapolri pun menginstruksikan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri dan Kapolda menurunkan tim guna menindaklanjuti laporan tersebut.

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Polisi Rachmat Mulyana membenarkan oknum anggota Polres Hulu Sungai Tengah yang bertugas di wilayah Polsek Labuan Man Selatan Aiptu MM dan Bripka DB terlibat pungli.

Sebelumnya, beredar video yang tersebar melalui media sosial yang menayangkan oknum polisi lalu lintas meminta uang kepada seorang sopir.

Akibat video itu, sejumlah warganet menyampaikan tanggapan negatif sehingga Kapolda Kalimantan Selatan memerintahkan tim memeriksa oknum anggota Polri itu.

"Setelah dilakukan penyelidikan ternyata peristiwa itu benar, saat ini oknum tersebut dilakukan pemeriksaan dan akan diproses hukum," ujar Rachmat.

Rencananya, Kapolda Kalimantan Selatan menyerahkan penghargaan kepada sopir yang mengunggah video aksi pungli itu pada Senin, 21 Agustus 2017.

loading...
Sumber: Liputan6.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Setya Novanto Kecelakaan Menuju Gedung KPK, Begini Kondisi Mobilnya

    JAKARTA, datariau.com - Sempat menghilang, keberadaan tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto akhirnya diketahui. Menurut pengacaranya, Fredrich

  • Surat Tilang Pengendara Ini Jadi Viral, Ini Penyebabnya..

    PASURUAN, datariau.com - Seorang pemuda bernama Polisi (22 tahun) asal Dusun Pangarengan, Desa Kalipang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, mendadak menjad

  • Begini Kondisi Hewan Diberi Alkohol Oleh Pengunjung Taman Safari

    JAKARTA, datariau.com - Baru-baru ini netizen dibuat geram oleh sekelompok anak muda yang memberikan minuman keras kepada hewan di Taman Safari Indonesia. Pa

  • Ngeri, Sudah 2 Tahun Meninggal Dunia Akun Twitter Mahasiswa UI Ini Berkicau Lagi..

    JAKARTA, datariau.com - Misteri kematian mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Akseyna Ahad Dori (18) belum terungkap oleh Polda Metro Jaya, meski sudah terj

  • Dipaksa Mengaku Mesum, Pasangan Pacaran Ditelanjangi Warga, Begini Kronologisnya

    JAKARTA, datariau.com - R dan MA menjadi korban penganiayaan sekelompok orang karena dituduh berbuat mesum di sebuah rumah kontrakan di kawasan Cikupa, Kabup

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg