Jumat, 22 Sep 2017 / 1 Muharram 1439
  • Home
  • Nasional
  • Kapolri Perintahkan Supir yang Merekam Pungli Diberikan Reward

Kapolri Perintahkan Supir yang Merekam Pungli Diberikan Reward

Minggu, 20 Agu 2017 05:53
view: 2289

JAKARTA, datariau.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memerintahkan Kapolda Kalimantan Selatan Brigadir Jenderal Polisi Rachmat Mulyana untuk memberikan penghargaan kepada sopir yang mengunggah video oknum polisi terlibat pungutan liar (pungli).

"Kalau peristiwa (pungli) itu benar maka pengunggah tidak dipidanakan justu dikasih reward (penghargaan) karena melaporkan anggota Polri yang mengkhianati institusinya," ujar Tito di Jakarta, Sabtu (19/8/2017). Seperti dilansir dari Antara.

Tito menegaskan tindakan suap akan memberikan konsekuensi hukum terhadap penerima maupun pemberi namun jika itu terjadi sesuai fakta maka oknum anggota Polri yang akan diproses hukum.

Lebih lanjut, Tito menyatakan pengunggah video pungli yang tidak sesuai fakta maka dapat dikenakan undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Kapolri pun menginstruksikan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri dan Kapolda menurunkan tim guna menindaklanjuti laporan tersebut.

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Polisi Rachmat Mulyana membenarkan oknum anggota Polres Hulu Sungai Tengah yang bertugas di wilayah Polsek Labuan Man Selatan Aiptu MM dan Bripka DB terlibat pungli.

Sebelumnya, beredar video yang tersebar melalui media sosial yang menayangkan oknum polisi lalu lintas meminta uang kepada seorang sopir.

Akibat video itu, sejumlah warganet menyampaikan tanggapan negatif sehingga Kapolda Kalimantan Selatan memerintahkan tim memeriksa oknum anggota Polri itu.

"Setelah dilakukan penyelidikan ternyata peristiwa itu benar, saat ini oknum tersebut dilakukan pemeriksaan dan akan diproses hukum," ujar Rachmat.

Rencananya, Kapolda Kalimantan Selatan menyerahkan penghargaan kepada sopir yang mengunggah video aksi pungli itu pada Senin, 21 Agustus 2017.

Sumber: Liputan6.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Dua Oknum Polisi Terciduk Saat Peras Pengunjung Diskotek

    JAKARTA, datariau.com - Tim Buser Polres Jakarta Pusat menangkap basah dua polisi yang memeras warga. Kedua polisi itu, Wawan Chandra (30) yang bertugas di P

  • Uber Diduga Suap Polisi Indonesia, Ini Tanggapan Mabes Polri

    JAKARTA, datariau.com - Belakangan marak beredar info tentang adanya kasus suap yang dilakukan perusahaan jasa transportasi online internasional terhadap pet

  • Kadis Dipenjara Karena Pungli, Dedi Gusriadi Ditetapkan Sebagai Plt Kadis PUPR Pekanbaru

    PEKANBARU, datariau.com - Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) y

  • Ini Data 11 Polisi Riau yang Diberhentikan Tidak Hormat

    PEKANBARU, datariau.com - Kepolisian Daerah Riau memproses pemberhentian dengan tidak hormat 11 personel yang melanggar disiplin, kode etik dan terbukti mela

  • Video Polisi di Riau Menangis Dicopot Seragamnya

    PEKANBARU, datariau.com - Kepolisian Daerah Riau memproses pemberhentian dengan tidak hormat 11 personel yang melanggar disiplin, kode etik dan terbukti mela

  • Kepala Sekolah di Riau Ini Mengaku Jual Buku Rp 300 Ribu Per Siswa

    SIAK, datariau.com - Oknum Kepala Sekolah di Provinsi Riau masih saja melakukan berbagai cara dan upaya agar bisa "berjualan" di sekolah, salah sat

  • Terungkap, Sekolah di Siak Ini Raup Fee Dari Jualan Seragam

    SIAK, datariau.com - Kembali terungkap, bukan saja memungut uang untuk program full day school dan pembelian buku cetak, sekolah di Siak ini juga menyiapkan

  • KOMENTAR
    Karirpad