Jumat, 19 Jan 2018 / 2 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Nasional
  • Kapolri Perintahkan Supir yang Merekam Pungli Diberikan Reward

Kapolri Perintahkan Supir yang Merekam Pungli Diberikan Reward

Minggu, 20 Agu 2017 05:53
view: 2.362

JAKARTA, datariau.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memerintahkan Kapolda Kalimantan Selatan Brigadir Jenderal Polisi Rachmat Mulyana untuk memberikan penghargaan kepada sopir yang mengunggah video oknum polisi terlibat pungutan liar (pungli).

"Kalau peristiwa (pungli) itu benar maka pengunggah tidak dipidanakan justu dikasih reward (penghargaan) karena melaporkan anggota Polri yang mengkhianati institusinya," ujar Tito di Jakarta, Sabtu (19/8/2017). Seperti dilansir dari Antara.

Tito menegaskan tindakan suap akan memberikan konsekuensi hukum terhadap penerima maupun pemberi namun jika itu terjadi sesuai fakta maka oknum anggota Polri yang akan diproses hukum.

Lebih lanjut, Tito menyatakan pengunggah video pungli yang tidak sesuai fakta maka dapat dikenakan undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Kapolri pun menginstruksikan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri dan Kapolda menurunkan tim guna menindaklanjuti laporan tersebut.

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Polisi Rachmat Mulyana membenarkan oknum anggota Polres Hulu Sungai Tengah yang bertugas di wilayah Polsek Labuan Man Selatan Aiptu MM dan Bripka DB terlibat pungli.

Sebelumnya, beredar video yang tersebar melalui media sosial yang menayangkan oknum polisi lalu lintas meminta uang kepada seorang sopir.

Akibat video itu, sejumlah warganet menyampaikan tanggapan negatif sehingga Kapolda Kalimantan Selatan memerintahkan tim memeriksa oknum anggota Polri itu.

"Setelah dilakukan penyelidikan ternyata peristiwa itu benar, saat ini oknum tersebut dilakukan pemeriksaan dan akan diproses hukum," ujar Rachmat.

Rencananya, Kapolda Kalimantan Selatan menyerahkan penghargaan kepada sopir yang mengunggah video aksi pungli itu pada Senin, 21 Agustus 2017.

Sumber: Liputan6.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Presiden Joko Widodo Akan Hadiri Pelantikan DPP FOKKERMAPI

    JAKARTA Datariau.com - Forum Komunikasi dan Kerjasama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Se-Indonesia (FOKKERMAPI) sudah memasuki periode kepengurusan yang baru. Setelah me
  • KPU Butuh Tambahan Dana Rp68 Miliar Untuk Verifikasi Faktual Parpol

    JAKARTA, datariau.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan KPU membutuhkan dana tambahan sebesar Rp 68 miliar untuk verifikasi faktua

  • Sepanjang 2017, Susi Tenggelamkan 127 Kapal

    DATARIAU.COM - Kapal maling ikan asal Vietnam menjadi yang paling banyak ditenggelamkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sepanjang 2017. Dari 127 kapal
  • Penyebab Ahok Gugat Cerai Istri

    JAKARTA, datariau.com - Kuasa hukum mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Josefina Agatha Syukur enggan membeberkan alasan Ahok m
  • 15 Juta Keluarga Miskin DitargetkanTerima Bansos

    JAKARTA,DATARIAU.COM-Pemerintah menargetkan 15.498.936 masyarakat berpendapatan rendah/miskin akan menerima bantuan sosial pangan tahun ini.
     
  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto