Senin, 22 Jan 2018 / 5 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Nasional
  • Tayangkan Laki-laki Bergaya Wanita, Opera Van Java Trans 7 Ditegur KPI

Tayangkan Laki-laki Bergaya Wanita, Opera Van Java Trans 7 Ditegur KPI

Oleh: Riki
Senin, 18 Sep 2017 22:11
view: 230
JAKARTA, datariau.com - Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) melayangkan teguran tertulis kepada program komedi Opera Van Java karena menampilkan seorang pria yang berpenampilan seperti perempuan.

Merujuk pada laman kpi.go.id, surat peringatan itu bernomor 526/K/KPI/31.2/09/2017 tertanggal 8 September 2017.

"Program tersebut menayangkan seorang pria yang memerankan Inul Daratista dengan berpakaian, berperilaku, dan berdandan layaknya seorang wanita," demikian yang tercantum dalam deskripsi pelanggaran, seperti dikutip Kompas.com, Senin (18/9/2017).

KPI melarang lembaga penyiaran menayangkan program siaran yang menampilkan "pria yang kewanitaan". Larangan tersebut tertuang pada surat edaran tertanggal 23 Februari 2016 lalu dengan nomor 203/K/KPI/02/2016.

Adapun kriteria yang dilarang oleh KPI adalah pria sebagai pembawa acara (host), talent, atau pun pengisi acara lainnya (baik pemeran utama maupun pendukung) dengan tampilan sebagai berikut:

1. Gaya berpakaian kewanitaan

2. Riasan (make-up) kewanitaan

3. Bahasa tubuh kewanitaan (termasuk tetapi tidak terbatas pada gaya berjalan, gaya duduk, gerakan tangan, ataupun perilaku lainnya)

4. Gaya bicara kewanitaan

5. Menampilkan pembenaran atau promosi seorang pria untuk berperilaku kewanitaan

6. Menampilkan sapaan terhadap pria dengan sebutan yang seharusnya diperuntukkan bagi wanita

7. Menampilkan istilah dan ungkapan khas yang sering dipergunakan kalangan pria yang kewanitaan.

Pihak Trans 7 melalui Kepala Divisi Public Relations, Anita Wulandari, menyatakan telah menerima surat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terkait program komedi Opera Van Java yang menampilkan seorang pria yang berpenampilan seperti perempuan.

Menurut Anita, selama ini pihaknya dengan KPI telah menjalin komunikasi yang baik.

"Bentuk komunikasi kita dengan KPI ada komunikasi langsung, peringatan, teguran, memang mekanismenya biasa begitu," kata Anita dikutip datariau.com dari Kompas.com, Senin (18/9/2017).

Anita menambahkan bahwa dalam peran Andhika Pratama sebagai sosok plesetan Inul Daratista, tak ubahnya seperti kesenian ludruk di mana pria kerap memerankan sosok perempuan.

"Sebenarnya terkait P3SPS pasal 15 ini pernah kita diskusikan. TV bagaikan panggung peran, misalnya kalau seni ludruk, laki-laki berperan sebagai wanita, justru keahlian mereka kan diuji di situ, harus memerankan sesuatu," ucap Anita.

Pihaknya pun mengungkap bahwa dalam penampilan Andhika Pratama malam itu tidak melecehkan siapa pun termasuk tokoh yang ia perankan yakni penyanyi dangdut Inul Daratista.

"Yang tidak boleh menurut P3SPS pasal 15 apabila peran tersebut kemudian menimbulkan pelecehan sementara kita review tidak ada penghinaan," katanya.

Meski demikian, pihak Trans 7 tetap menerima dengan baik teguran tersebut. Pihaknya pun siap mengevaluasi isi siarannya.

"Kita sih akan jadi evaluasi secara internal dan sudah kita lakukan. Kita langsung diskusi. Nanti kita akan menunggu waktu," ungkapnya.

"Ini baru banget kan teguran ini. Kita belum ketemu lagi. Biasanya akan ada diskusi. Kalau dari tim produksi Trans 7 sudah tidak ada penghinaan. Nanti enggak apa-apa kita tetap adakan diskusi dan review bersama (KPI)," imbuhnya.
Editor: Riki

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Dianggap Lecehkan TNI, Program 'Dahsyat' RCTI Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

    JAKARTA, datariau.com - Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (PEKAT IB) resmi melaporkan program Dahsyat yang ditayangkan di stasiun televisi R

  • Pakai Diikat, Gaya Rambut Wakil Walikota Palu "Pasha Ungu" Dipantau Mendagri

    JAKARTA, datariau.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ternyata ikut menyoroti gaya rambut terbaru Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Syamsudd

  • Mahfud MD Mensinyalir Ada Aliran Dana Asing untuk Legalkan Praktik LGBT di Indonesia

    JAKARTA, datariau.com - Heboh pernikahan sejenis atau Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) dan perzinaan akan segera disetujui karena kucuran dana 180

  • Sosok Fernando Wowor, Kader Gerindra yang Tewas Tertembak Brimob di Bogor

    JAKARTA, datariau.com - Seorang pemuda asal Tomohon, Sulawesi Utara, tewas terkena tembakan saat cekcok dengan anggota brimob di parkiran Lipps Club Bogor, J

  • Pimpinan Baleg DPR Bantah Ada Fraksi yang Setujui LGBT

    JAKARTA, datariau.com - Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Fraksi Partai Golkar, Firman Soebagyo, membantah pernyataan Ketua MPR Zulkifli Hasan yang menyebut ad

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto