Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Opini
  • Peran Humas di Sekretariat DPRD Riau Dalam Rangka Penguatan Kelembagaan

Oleh: Lofhendry

Peran Humas di Sekretariat DPRD Riau Dalam Rangka Penguatan Kelembagaan

Selasa, 09 Mei 2017 17:36
view: 1028
Ist.
Staf Humas DPRD Propinsi Riau, Lofhendry.

DATARIAU.COM - Mengingat pentingnya fungsi dan tgas-tugas Humas di lingkungan Sekretariat DPRD Propinsi Riau, seperti halnya di lembaga swasta, di lembaga pemerintah juga memerlukan peran seorang Humas yang handal.

Tujuannya, peran Humas di lembaga Pemerintah adalah dalam rangka penyebaran informasi tentang kebijakan, program dan kegiatan-kegiatan lembaga pemerintah kepada masyarakat khususnya di lembaga legislatif. Seperti memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat.

Selain itu seringnya masyatakat yang selalu memberikan imej negative tentang anggota DPRD yang ternyata tidak semuanya benar. Pada dasarnya Sekretariat DPRD Propinsi Riau melalui Humas mempunyai fungsi melayani serta membantu Anggota DPRD Propinsi Riau dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat dalam penyebaran informasi tantang kegiatan Dewan.

Karena itu pentingnya tugas humas di sebuah intansi maka dibentuklah sub bidang Humas dan perpustakaan di lingkungan Sekretariat DPRD Propinsi Riau. Walaupun jabatan Sub Bagian Humas tergolong baru di Sekretariat Lembaga Wakil Rakyat ini mendapatkan yang tugasnya untuk menjalankan fungsi humas guna memberikan infotmasi yang benar mengenai tugas, kegiatan Anggota DPRD untuk masyarakat. Dimana bertujuan untuk mencegah timbulnya persepsi dalam masyarakat mengenai anggota Dewan yang tidak serius menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Humas adalah suatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik kedalam maupun keluar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan.

Humas dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menanamkan pengertian guna memperoleh goodwill, kerjasama dan kepercayaan untuk mendapat dukungan dari pihak lain. Pelaksanaan tugas Humas tidak hanya begitu saja dilakukan melainkan melalui proses-proses yang mana akan mempermudah pelaksanaan tugas humas itu sendiri.

Karena suatu program Humas itu harus berdasarkan fakta bukan hanya asumsi, Subbag Humas dan Perpustakaan di lingkungan Sekretariatan DPRD propinsi Riau harus bisa menjaga citra positif lembaga tersebut terutama di mata masyarakat.

Adanya Humas di lingkungan Sekretariat DPRD Propinsi Riau merupakan sebuah keharusan dan kebutuhan. Karena adanya sebuah Humas di sebuah intansi akan mempermudah jalannya interaksi dua arah, antara Pemerintah dan DPRD dan antara DPRD dengan masyarakat.

Humas di lingkungan Sekretariat DPRD Propinsi Riau bertugas untuk penyampaian informasi mengenai aktivitas baik itu kegiatan anggota DPRD Riau maupun kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan anggota DPRD tersebut.

Penyelenggaraan pemerintah dalam suatu negara tidak hanya terdapat di pusat pemerintahan saja. Pemerintahan Pusat memberikan wewenangnya kepada Pemerintah daerah untuk menyelenggarakan Pemerintahannya sendiri, dan di Indonesia yang dimaksud dengan Pemerintah daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah.

Sistem Demokrasi yang diterapkan di Indonesia membuka kebebasan bagi masyarakatnya untuk dapat mengemukakan pendapat atau aspirasinya baik positif maupun negatif kepada Lembaga DPRD.

Demokrasi ini berdampak pada masarakat yang demikian kritis dalam menanggapi perubahan keadaan. Pengekspresian kritis masyarakat tersebut salah satunya dapat kita lihat melalui maraknya demontrasi, baik oleh kalangan mahasiswa maupun masyarakat melalui organisasi masyarakat atau LSM kepada anggota DPRD.

Demontrasi dapat berupa orasi di perusahaan atau lembaga pemerintah maupun di lembaga DPRD serta berbagai aksi pemogokan. Isu-isu atau pendapat tindakan yang berkembang di masyarakat tersebut dapat dikategorikan sebagai aspirasi masyarakat.

Aspirasi masyarakat merupakan feed back atas kebijakan suatu intansi Pemerintahan ataupun dari Lembaga DPRD baik yang bersifat positif maupun negatif. Aspirasi masyarakat juga sangat berpengaruh besar terhadap dalam perintahan dan DPRD sehingga dapat menjadi gangguan operasional intansi pemerintahan bila tidak ditangapi degan serius.

Besarnya aspirasi terhadap intansi pemerintahan mengharuskan intansi Pemerintah mampu memonitoring isu yang berkembang di masyarakat terutama yang berkaitan dengan kepemerintahan. Tingginya tuntutan masyarakat akan pemenuhan informasi dan kritisnya masyarakat dalam menyikapi isu di Pemerintahan menjadi alasan instansi pemerintahan seperti DPRD membutuhkan peran Humas dalam monitoring aspirasi masyarakat.

Seorang Humas di Pemerintahan dituntut untuk membangun dan mempertahankan imej positif serta menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat maupun media. Dengan begitu seorang Humas di DPRD menjadi ujung tombak dalam kelangsungan jalannya Pemerintahan khususnya di lingkungan Sekretariat DPRD dalam menghadapi aspirasi masyarakat.

Dari proses monitoring aspirasi masyarakat tersebut DPRD dapat mengetahui besarnya respon masyarakat terhadap kepemerintahan, reaksi masyarakat akan kebijakan Pemerintah yang baru, keluhan bahkan kritik dan saran bagi Pemerintah maka Humas di DPRD harus mempunyai kepekaan, kemampuan analisis yang tinggi sehingga tanggap akan keluhan-kaluhan atau informasi melalui aspirasi masyarakat.

Dalam mengelola aspirasi masyarakat tersebut, seorang Humas di DPRD bukan hanya harus menjadi yang pertama kali dan mengetahui apa yang terjadi di Pemerintahan, untuk itulah kepekaan sangat oleh seorang Humas bukan hanya untuk menanggapi permasalahan namun juga kepekaan dalam berkembagan keadaan di DPRD.

Di Lingkungan Sekretariat DPRD Propinsi Riau, Subbag Humas harus selalu melaksanakan monitoring aspirasi masyarakat salah satunya melalui media lokal maupun nasional. Berita yang mengenai anggota Dewan atau berhubungan langsung dengan pimpinan dan anggota DPRD dirangkum dalam bentuk kliping, dianslisis isi beritanya selanjutnya dikonsultasikan dengan komisi yang terkait.

Humas merupakan fungsi manajemen yang membantu menciptakan dan saling memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan, serta kerjasama suatu lembaga dengan publiknya dan ikut terlibat dalam menangani suatu masalah atau isu baik di lingkungan DPRD dan di luar lembaga DPRD itu sendiri.

Humas harus mampu membantu lembaga DPRD dalam menyampaikan informasi tanggap terhadap opini masyarakat. Humas juga membantu manajemen lembaga DPRD dalam memantau berbagai perubahan, jadi peran Humas tersebut bersifat dua arah seperti dijelaskan yaitu berorientasi kedalam (inward looking) dan keluar (outward looking). Disinilah tugas Subbag Humas.

** Penulis merupakan Staf Humas DPRD Propinsi Riau

Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Opini Terbaru
  • Peduli, Tetapi Dicemooh!!.. Ikhlas Dibilang Ada Sesuatu, Curhat Akun Facebook Sinaga Kerjakeras
  • Tahun Baru Islam, Refleksi Umat Untuk Memperbaiki Keislaman
  • Gaduh-Gaduh Untuk Kekuasaan, Ribut-Ribut Kepentingan
  • Bunuh Diri, Kemiskinan, dan Korupsi di Indonesia
  • Selamat Datang Mimpi
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Anggota DPRD Riau Sugianto Lantik Garda Bangsa Lubuk Dalam Siak

    PEKANBARU, datariau.com - Anggota DPRD Riau H Sugianto melantik Garda Bangsa  Lubuk Dalam dan Kerinci Kanan Kabupaten Siak Sri Indrapura Ahad (7/10/2017) di pas
  • Merasa Terancam, Anggota DPRD Minta Densus 88 Turun ke Riau

    PEKANBARU, datariau.com - Komisi I DPRD Riau anggap insiden pelemparan bom molotov di rumah pribadi salah seorang anggota DPRD Riau, Supriati sudah masuk d
  • Anggota DPRD Riau Akan Laporkan Pembangunan Drainase Jalur Dua Air Molek Jika Tidak Sesuai Bestek

    RENGAT, datariau.com - Pelaksanaan proyek box culvert dan drainase di kota Air Molek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu dinilai tidak sesuai bestek. Anggot

  • Pembahasan RTRW Tidak Masuk dalam Jadwal Paripurna DPRD Riau

    PEKANBARU, datariau.com - Pengesahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Propinsi Riau kembali mengalami pengunduran dari jadwal yang sudah diagendakan pukul 10.30 Wib, Senin
  • Polres Inhil Benarkan Laporan Pencemaran Nama Baik Septina Primawati

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Baru-baru ini kuasa hukum Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Gusti Randa melaporkan pencemaran nama baik dengan mencatut nama tanpa sepeng
  • Kuasa Hukum Ketua DPRD Septina Primawati Rusli Bantah Pembagian Kupon Kurban di Inhil

    TEMBILAHAN, Datariau.com -Tersiar kabar bahwa akan ada kupon daging qurban yang akan disebarkan di Inhil mengatasnamakan Ketua DPRD Provinsi Riau Septina Primawati R
  • Bukti Diduga Pencemaran Nama Baik Ketua DPRD Riau

    TEMBILAHAN, Datariau.com -Merasa dicemarkan nama baiknya, Ketua DPRD Provinsi Riau, Septina Primawati melalui pengacaranya, Gusti Randa melaporkan seorang laki - lak
  • KOMENTAR