Kamis, 18 Jan 2018 / 1 Jamadil Awal 1439

Oleh: Prita Ladis Yumaida

Selamat Datang Mimpi

Minggu, 03 Sep 2017 22:56
view: 955
Ist.

DATARIAU.COM - Sebagai makhluk yang dianugrahi akal pikiran, pastilah kita mempunyai keinginan, cita-cita, harapan, bahkan mimpi. Mimpi dalam hal ini bukanlah kejadian atau pengalaman alam bawah sadar yang melibatkan panca indra, pikiran atau perasaan saat kita tidur. Melainkan memiliki arti yang meluas sebagai sebuah cita-cita atau tujuan yang hendak dicapai. Sejak kecil, pasti ada diantara kita yang pernah bermimpi ingin menjadi seorang polisi, dokter, pilot, guru, astrnot, bahkan presiden sekalipun.

Dalam realitas kehidupan yang kita jalani saat ini, kita harus memiliki cita-cita dan impian agar hidup kita dapat terarah dan memiliki tujuan yang jelas. Kita bebas merancang impian kita sesuai dengan yang kita inginkan dan kita juga bebas untuk mengubah impian kita setiap saat jika memang suara hati kita menghendaki untuk mengubahnya.

Keberhasilan dan kesuksesan dalam hidup selalu berawal dari impian. Namun tidak semua orang berhasil mewujudkan impiannya. Hal ini bergantung pada bagaimana kita bisa mengarahkan impian kita kepada kenyataan yang kita harapkan. Orang yang berhasil mewujudkan impiannya adalah orang yang dapat menyelaraskan antara impian dengan tindakan. Suatu impian akan dapat dicapai jika kita tidak terlena dengan impian-impian kita dan selalu hidup dalam dunia impian, namun kita diharapkan untuk mau mengubah sikap dan tindakan kita menuju ke arah impian yang kita cita-citakan.

Jika saat ini kondisi dan keadaan kita sangat jauh dari impian yang kita miliki, kita harus mengubah perilaku dan tindakan kita untuk mencapainya. Dengan kata lain, kita harus keluar dari zona kenyamanan (comfort zone) kita. Misalnya, jika kita memiliki impian untuk bisa lulus sekolah/kuliah dengan nilai baik, ubahlah sikap kita yang mungkin biasa bermalas-malasan untuk menjadi lebih giat lagi dan berusahalah dengan sebaik mungkin untuk mewujudkannya.

Lantas kita berfikir, bagaima cara meraih mimpi itu? Apakah kita bisa menggapai mimpi itu? Apakah hanya sebatas angan-angan saja? Sejenak kita renungkan pertanyaan tadi pada diri kita masing-masing. Mampukah aku? Jika kita sungguh-sungguh maka jawablah dengan tegas "Yaa saya bisa", "Yes I can do it". Karena perlu kalian ketahui tidak ada keberhasilan tanpa kesungguhan. Niat dan kesungguhan adalah salah satu modal utama untuk meraih mimpi. Ada salah satu Hadist mengatakan, "Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah Subahanahu wa ta'ala dibandingkan dengan orang mukmin yang lemah". Kita diciptakan oleh Allah bukan untuk menjadi seorang pecundang, tapi kita telah disiapkan oleh Allah berfotensi untuk sukses.

Apalagi di zaman sekarang ini, banyak orang yang pesimitis dalam mengejar mimpinya. Karena menurut mereka segala sesuatu dapat diukur dan diprediksikan dengan kecanggihan teknologi informasi dan teori peluang matematis. Jadi hal yang kurang mungkun lebih baik ditinggalkan. Memang tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi infrmasi. Tetapi tidak lantas membuat kita untuk tidak berani bermimpi. Membuat dunia yang sebenarnya besar menjadi kecil dan sempit dalam pikiran kita, dikarenakan oleh teori dan peluang yang tidak seberapa besar dan luar biasa.

Kesuksesan sejati adalah ketika kita menyakini bahwa semua ini hanyalah milik Allah, yang membuat kita menjadi tawadhu,dan rendah hati, yang membuat kita terus menerus membersihkan hati dan terus meningkatkan kemampuan untuk menampilkan yang terbaik, dan yang terlihat dari kemuliaan akhlak dan kesempurnaan amal dengan hati yang ikhlas. InsyaAllah kita akan mendapatkan kesuksesan di dunia maupun di akhirat.

Simak ayat Al Qur'an berikut ini yang artinya: "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (Q.S. Al-Insyirah: 5-6).

** Penulis merupakan Ketua Rohani Islam SMPN 1 Model Babat Toman Periode 2017/2018

Editor: Agusri

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • UU Ormas Senjata Legitimasi Kekuasaan

    DATARIAU.COM  - Perppu No. 2 Tahun 2017 disahkan DPR menjadi undang-undang melalui rapat paripurna. Mayoritas partai koalisi pemerintah solid menerima p

  • Natuna Sudah seharusnya Menjadi Propinsi

    DATARIAU.COM-Natuna Yg kekayaan Alamnya yg begitu Luas serta berbatasan dengan Negara-Negara Asing sudah Seharusnya Menjadi Prioritas Utama untuk jadikan Wilayah ini Me
  • Transparansi Anggaran Masih Begitu Mahal Bagi Masyarakat Riau

    DATARIAU.COM - Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan masyarakat menjadi kebutuhan utama dalam mengembangkan information society dan k

  • Urgensi Perda Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Miskin di Inhil

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Hukum itu diciptakan atau direkayasa oleh manusia, terutama hukum tertulis. Setelah hukum itu tercipta maka manusia terikat pada
  • Sekolah Tak Akan Mampu Sendiri Melawan Penyimpangan Moral Remaja Saat Ini

    DATARIAU.COM - Pendidikan moral bukanlah sebuah topik baru dalam pendidikan. Pada kenyataannya, pendidikan moral ternyata sudah seumur pendidikan itu sendiri

  • KOMENTAR
    Polling

    Pilih Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2019-2024 Idola Anda
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto