Sabtu, 16 Des 2017 / 27 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Ototmotif
  • Perang Mobil Low MPV, Konsumen Diminta Harus Cerdas

Perang Mobil Low MPV, Konsumen Diminta Harus Cerdas

Minggu, 13 Agu 2017 06:15
view: 928

TANGERANG, datariau.com - Kehadiran Mitsubishi Xpander dan Wuling mendapatkan banyak sorotan di ajang  Gaikindo Indonesia International Auto Show  (GIIAS) 2017. Hal ini dikhawatirkan akan mendorong produsen mobil berlomba-lomba melaunching produk tanpa memikirkan hak-hak konsumen.

PT Honda Prospect Motor (HPM) yang terbukti sukses meluncurkan Honda Mobilio mengaku tidak terlalu khawatir dengan kehadiran Xpander. Karena sejak awal Honda mengaku tidak buru-buru menjadi market leader.

”Tugas kami adalah megenalkan produk kepada konsumen. Lalu, konsumen harus puas. Jangan sampai setelah beli produknya nanti servisnya tidak ada atau running cost-nya mahal,” ungkap Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy kepada SINDOnews di ICE BSD.

 Menurut Jonfis market share Honda dari 6% menjadi 20% salah satu sebabnya adalah promosi mulut ke mulut (mouth to mouth) konsumen yang puas. ”Bahwa produk Honda tidak hanya bagus, tapi juga irit, serta biaya servisnya ternyata tidak tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu,  Rafael Jeffry Anwar Sani bos situs jual mobil mengatakan, kehadiran MPV Low baru. Kehadiran kendaraan serba guna atau lebih dikenal MPV kelas middle low end seperti Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, diyakini Jeffry tidak akan banyak menggangu pasar mobil bekas.

“Kalau untuk Mitsubishi Xpander sih tidak akan menganggu pasar mobil bekas, karena persaingannya hanya dengan sesama MPV baru, bukan yang bekas, Ini justru akan menggairahkan pasar mobil di Indonesia secara keseluruhan” katanya.

Sementara untuk Wuling Confero, konsumen antusias namun masih menunggu ketangguhan mobil asal China ini di Indonesia. Daya uji kekuatan mobil hingga layanan purnajualnya serta membangun brand image merupakan tugas Wuling kedepannya, melihat pengalaman sebelumnya dengan mobil asal negeri jiran yang pernah hadir di Indonesia. Dengan kekuuatan jaringan layanan purna jual Wuling, kami yakin mereka akan menjadi pesaing yang mumpuni di pasar otomotif tanah air.

“Para pedagang mobil bekas online maupun offline berpendapat, Wuling akan bersaing secara sehat. Kemungkinan pedagang akan membandingkan mobil Wuling dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bekas. Karena kedua model mobil bekas itu masih jadi andalan jualan utama pedagang mobil bekas,” jelas Jeffry.
 

loading...
Sumber: Sindonews.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Bocoran Foto Yamaha NMax Baru, Ini yang Berubah

    JAKARTA, datariau.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sukses bermain di pasar skutik 150 cc lewat Yamaha NMax. Bahkan, penjualannya mengalahkan Hon

  • Honda PCX Terbaru Mulai Menggoda

    JAKARTA, datariau.com - Agen pemegang merek sepeda motor Honda di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM), rupanya sudah mempersiapkan amunisi baru untuk bertar
  • Yamaha TMax DX Hampir Habis Dipesan Meski Harga Belum Dirilis

    JAKARTA, datariau.com - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memboyong 60 unit skuter bongsor Yamaha TMax DX langsung dari Jepang. Dari angka itu, sebanyak 4

  • Suzuki New SX4 S-Cross Mulai Dijual di Riau, Segini Harganya..

    PEKANBARU, datariau.com - Generasi Suzuki SX4 Cross resmi diperkenalkan di wilayah Riau. Kendaraan tipe SUV ini hadir dengan berbagai penyegaran yang lebih s

  • Xpander jadi Taksi Blue Bird Gantikan Mobilio?

    JAKARTA, datariau.com - Booming kedatangan produk low multi purpose vehicle (LMPV) Mitsubishi Xpander, ternyata melebar ke pasar komersial atau fleet. Dari kabar yang d
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg