Selasa, 12 Des 2017 / 23 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Pemerintahan
  • Aduh, Drainase Jalur Dua Jalan Sudirman Air Molek Dinilai Akan Cepat Rusak, Ini Penyebabnya..

Aduh, Drainase Jalur Dua Jalan Sudirman Air Molek Dinilai Akan Cepat Rusak, Ini Penyebabnya..

Oleh: Heri
Jumat, 22 Sep 2017 11:30
view: 1.006
Heri
Kondisi proyek drainase saat dikerjakan.

RENGAT, datariau.com - Proyek pelebaran jalan jalur dua, pembangunan box culvert dan drainase di jalan Jendral Sudirman, Kota Air Molek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu, Provinsi Riau dinilai akan cepat rusak.

Diduga, proyek ini tidak sesuai bestek. Berdasarkan informasi yang terpampang di papan proyek, pemenang kegiatan lelang adalah PT Wahana Jaya Prima (PT WJP) dan Konsultan PT Bumi Persada Engginering Konsultan.

Dari pantauan datariau.com di lapangan drainase ini pengerjaannya tidak memakai lantai kerja dan tidak memakai pasir uruk untuk pondasi pengecoran, dan dilakukan langsung (dicor) di atas tanah aslinya, selain itu semestinya tulang besi pembagi seharusnya berjumlah 13 jalur namun sebahagian pengerjaan dipasang ada yang hanya 8 jalur.

Salah seorang Tokoh Masyarakat H Seno Harto SP SPd SH saat ditemui datariau.com di lokasi proyek, Jumat (22/9/2017) menanggapi pekerjaan ini, bahwa diduga telah terjadi mark-up.

"Iya, kita duga ada mark-up ini," katanya.

Dikatakan Seno, pengerjaan drainase ini tidaklah sama banyak menggunakan tulang besi, maka terindikasi terjadi mark-up sekitar 5 besi per 10 meter pada tulang drainase yang hanya menggunakan 8 jalur saja.

"Hal ini jelas mengurangi kekuatan drainase yang ada, apalagi drainase ini di jalan poros yang notabennya dilalui mobil kenderaan berat berupa toronton dan mobil berat lainnya," ujarnya.

Menurutnya, dugaan mark-up terhadap besi drainase ini khusunya di kelurahan Sekar Mawar dan kelurahan Kembang Harum kecamatan Pasir Penyu.

Menurut Seno Harto yang juga Ketua LSM Clean Governance kabupaten Inhu, peningkatan jalan Air Molek sampai Simpang Japura nomor kontrak: 620/SPHS-PUPR/Ting-AMSJ/164/2017 dengan nilai kontrak Rp 13,336,611,070,34.

Selain itu pemakaian batu cor sesuai kekuatan uji beton menurutnya jika diatas K 200 harus pakai batu split dan jika dibawah K 175 boleh pakai batu kerikil.

"Hal ini setelah pekerja kita tegur, pada esok harinya pakai kerikil kasar, hal ini jelas ada pekerjaan yang belum sesuai dengan yang seharusnya," kata mantan Anggota DPRD Inhu Periode 1999-2004 ini.


H Seno Harto SP SPd SH. (foto: heri/datariau.com)

"Anehnya lagi, setiap di depan rumah atau ruko tidak diberi plat masuk, terkait ini masyarakat sudah komplain dan yang mendapat jembatan plat masuk disinyalir dipungut bayaran dari Rp500 ribu hingga 600 ribu per jembatan/plat, sementara informasinya gratis," pungkas Seno.

Terkait hal ini, PPTK Perkim Provinsi Riau Agus saat dihubungi via selulernya membenarakan telah mendapat laporan dari masyarakat terkait pengerjaan drainase ini.

"Ya kita sudah mendapatkan laporan dan bahkan dokumen yang dikerjakan oleh rekanan kontraktor dimaksud yang hanya memakai besi 8 jalur," kata Agus.

Menurutnya, pekerjaan ini masih dalam pelaksanaan dan masih belum dilakukan serah terima (PHO) dan rekanan kontraktor masih punya waktu untuk perbaikan dan untuk pemeliharaan.

"Akan kita laporkan pada atasan sesuai data yang juga kita peroleh," pungkasnya.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • 67 Pedagang di Pasar Danau Kampar Akan Terima Uang Sagu Hati Dari Pemda

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Setelah rapat bersama dengan Porkopimda, pertanahan dan pemda Kampar maka dicapai kesepakatan bahwa anggaran yang telah kita anggarkan d
  • Gaji THL Pemko Pekanbaru Tahun 2018 Naik

    PEKANBARU, datariau.com - Tahun depan, Pemerintah Kota Pekanbaru menaikkan gaji Tenaga Harian Lepas (THL) di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 
  • Wabup Rohil Ikut Pertemuan Kementerian Desa di Jakarta

    JAKARTA, datariau.com - Wakil Bupati Drs H Jamiludin atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian Desa Pembangunan Derah Tert
  • Hidup Sehat Tanpa Narkoba, Pejabat Pemkab Siak Gelar Apel Siaga P4GN Tahun 2017

    SIAK, datariau.com - Mengingat maraknya peredaran maupun penyalahgunaan Narkotika atau Narkoba belakangan ini di Kabupaten Siak, Pejabat maupun Pemerintah Daerah Kabupa
  • Program PTSL di Inhu Dinilai Janggal dan Diduga Ada Pungutan

    RENGAT,datariau.com - Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Inhu sebanyak 5000 bidang tanah (Persil) tah
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg