Sabtu, 16 Des 2017 / 27 Rabiul Awal 1439

Bupati Inhil Resmi Membuka Festival Menongkah Tahun 2017

Oleh: Izon
Sabtu, 12 Agu 2017 17:39
view: 492
TEMBILAHAN, Datariau.com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H Muhammad Wardan, resmi membuka festival menongkah tahun 2017, di Pantai Bidari Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah.
 
Festival tahunan ini turut dihadiri, Dinas Pariwisata Herman, Sekda Inhil H Said Syarifuddin, Disporapudbar H Junaidi, Waka Polres Inhil H Azwar, Fokopimda Inhil, Fokopimcam dan Kepala desa serta jajaran Pemerintah desa.
 
Wardan dalam sambutannya mengatakan, Alhamdulillah, diatas trik matahari yang panas ini, kita bisa berkumpul kembali melaksanakan festival tahunan yakni Menongkah Heritage.
 
"Sangat unik sekali dan luar bisa dalam penyelenggaraan. Festival ini hanya ada di Inhil, Pantai Bidari, Tanjung Pasir," kata Bupati.
 
Dari segi pengunjung, Bupati sedikit kecewa. Sebab, jika dilihat tahun lalu (2016) keramaian dan antusias warga lebih ramai. Dibanding tahun ini, agak sedikit mengalami penurunan secara singnifikat.
 
Tahun 2018, kata Bupati, ia akan berusaha mengundang Gubernur Riau, bahkan Mentri Republik Indonesia. Menurutnya lagi, festival ini merupakan ikon Wisata Indragiri Hilir sekali setahun dan sudah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau.
 
"Saya minta tarian menongkah juga dilestarikan, kalau bisa kita serukan ke dunia. Dan juga kita minta, tarian, lomba-lomba menongkah dikemas secara rapi, jadi orang tau seperti apa itu menongkah kerang," pinta Bupati.
 
Disinggung Bupati masalah keramaian pengunjung, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Diporapudbar) H Junaidi, mengakui bahwa tahun ini pengunjung sedikit menurun.
 
"Dulu kita gelar pada hari libur, makanya ramai. Kalau tahun ini digelar pada hari Sabtu, anak-anak pada sekolah. Mudah-mudahan ditahun 2018 nanti, kita akan kemas secantik mungkin agar festival ini sukses ditahun berikutnya," harap Junaidi.
 
Juanidi mengatakan, penyelenggarakan menongkah kerang pada tahun ini, khusus kita kemas dalam bentuk lomba-lomba, perapah atau berjalan diatas lumpur dan pacu menongkah.
 
"Menurut saya, acara ini lebih sukses, dari pada tahun lalu. Dibuktikan mulai  dari kondisi air lebih mendukung, dan menongkah massal yang baru saja kita saksikan bersama-sama," ujar Kadis.
 
Sembari demikian, Kepala Desa Tanjung Pasir, Sarpan berindah selaku panitia pelaksana menjelaskan, Pantai Bidari memiliki luas sekitar 700 hektar. Dimana, pertumbuhan kerang disini, sangat padat.
 
"Hamparan di bibir pantai, memiliki bentangan sekitar 46-146 CM. Ada hal menarik dari warga Duanu (Sungai Laut), Bapak Wardan disebut di WhatSapp yaitu Wardan Andalan, tidak lagi pake bapak," sebut Sarpan dihadapan Bupati, sambil tersenyum.
 
Selain itu pula, dijelaskan Sarpan, kebiasaan sehari-hari warga Duanu ini adalah Nelayan. Pada umumnya bekerja mencari kerang, hasil dari tangkapan kerang tersebut, bisa saja dijual.
 
"Kebiasaan lainnya, berjualan (warung), kita harapkan even wisata menongkah ini, dapat mendongkrak ekonomi warga Duanu. Memang, dari segi kulit, warga Duanu dan warga lainnya di Inhil berbeda. Duanu memiliki ciri khas yakni berkulit hitam, sebab sebagian warga kita tinggal di dasar sungai (nelayan)," papar Sarpan. 
 
loading...
Editor: Izon

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Dianggarkan Rp340 Juta, Pembangunan Kantor Desa Bukit Selanjut Inhu Hanya Selesai Pondasi dan Tiang

    RENGAT, datariau.com - Melalui alokasi dana desa (ADD) tahun 2016, Pemerintahan Desa Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang Kabupaten Inhu anggarkan pembangunan g

  • Kades Bukit Selanjut Inhu Ancam Lapor Balik Tiga Kepala Dusun

    RENGAT, datariau.com - Tiga Kepala Dusun yang telah melaporkan dugaan penyimpangan dana desa maupun alokasi dana desa oleh Kepala Desa Bukit Selanjut, Kecama

  • Bupati Kampar Serahkan Bonus Atlit, Official dan Pelatih

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Sebagai bentuk syukur atas suksesnya pelaksanaan Porprov Riau Ke IX yang akhirnya mengantarkan Kabupaten Kampar pada peringkat Kedua,
  • Walikota Dumai Terus Pantau Pelaksanaan MTQ Ke-36

    DUMAI, datariau.com - Memasuki hari ke tiga pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Tahun 2017 tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai. Walikota Dumai

  • Camat Sesalkan Drainase Dijadikan Jalur Pipa Minyak Pertamina Lirik

    RENGAT, datariau.com - Menggunakan drainase depan Pasar Lirik sebagai jalur line pipa minyak PT Pertamina EP Lirik mendapat sorotan dari berbagai elemen masy

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg