Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439

Gemar Siak Berzakat Kumpulkan Dana Capai 1,2 Miliard

Oleh: Hermansyah
Sabtu, 17 Jun 2017 10:30
view: 619
Ist
Saat Syamsuar dinobatkan sebagai Duta Zakat Siak, Jum'at (16/6/2017) di Masjid Agung Sultan Syarif Hasyim komplek Islamic Center Madinatul Ulum Siak.
SIAK, datariau.com - Bupati Siak H Syamsuar dinobatkan sebagai Duta Zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak, pada pelaksanaan Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat, Ju'mat (16/06/2017) siang. Penghargaan yang diserahkan selepas pelaksanaan Sholat Jum'at Berjamaah tersebut diberikan, karena tak banyak kepala daerah yang peduli dengan syiar zakat, sebagaimana komitmen yang telah ditunjukkan Syamsuar pada tujuh tahun terakhir sejak kepemimpinannya di Negeri Istana.
 
Selain didaulat menjadi Duta Zakat, Syamsuar juga berkesempatan menjadi petugas Amil penerima Zakat dari tokoh masyarakat, para pejabat, pengusaha serta masyarakat yang berkumpul untuk membayarkan zakat di Mesjid Agung Sultan Syarif Hasyim di kompleks Islamic Center Madinatul Ulum Siak Sri Indrapura. Beberapa penghargaan lain misalnya penghargaan Unit Penerima Zakat (UPZ) Kecamatan terbaik juga turut diserahkan kepada Kecamatan Lubuk dalam. Sementara penghargaan UPZ terpavorit yang diraih UPZ PT PKS Kebun Lubuk Dalam.
 
Bupati Siak H Syamsuar mengaku gembira dengan pertumbuhan potensi zakat di Kabupaten Siak ini ternyata terus bertumbuh. Namun kata dia, upaya menghimpun dana ummat tersebut masih terkendala oleh banyak muzakki yangbelum menyalurkan zakatnya melalui UPZ resmi. Untuk itu lanjut dia, sebagai pemimpin sudah menjadi kewajibannya untuk mengajak semua pihak baik ASN maupun masyarakat luas untuk menyalurkan zakat kepada lembaga resmi.
 
"Badan Amil Zakat itu secara Hukum Islam maupun hukum negara juga sudah sangat jelas, jadi apabila kita tidak memberikan kepercayaan terhadap lembaga resmi ini, sasaran pemerintah untuk menangulangi dan mengentaskankemiskinan itu tentu tidak dapat tercapai dengan baik," sebutnya.
 
Orang Nomor Satu di negeri Istana itu juga tampak tak henti mengucap syukur, begitu mengetahui pencapaian pengumpulan dana ummat bersumber zakat tersebut ternyata melampaui pencapaian tahun sebelumnya.
 
"Alhamdulillah pengumpulan zakat tahun ini lebih besar dari tahun lalu yang hanya berjumlah 1 miliar. Dari Gerakan Masyakat Siak Berzakat tahun ini telah terkumpul dana 1,222 Miliard lebih. Itupun belum termasuk pengumpulan dana zakat di Kecamatan Pusako dan Kecamatan Tualang denganjumlah penduduk terpadat di kabupaten Siak," ujarnya.
 
Melalui pencapaian itu, Syamsuar juga berupaya menjawab tantangan dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin dalam mengentaskan kemiskinan, dalam prakteknya dapat dilakukan melalui berbagai cara dan tidak hanya mengandalkan sumber dana APBN maupun APBD saja Siak.
 
"Saya mengajak seluruh UPZ baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kepala Kantor Urusan Agama dan perangkat Desa, mari terus kita tingkatkan ikhtiar kita. Segera tuntaskan upaya inventarisir semua Muzaki kita, agar bisa ditindaklanjutimenunaikan zakat dilembaga resmi," tutupnya.
Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Pemerintahan Terbaru
  • Rumbio Diharapkan Jadi Sentra Industri Pandai Besi di Kampar
  • Status Gaji 17 Orang Honorer Kantor Camat Rimba Melintang Tak Kunjung Jelas
  • Jelang Musda DPD REI Riau, Walikota Pekanbaru Dukung..
  • Kecamatan Lirik Juara 1 Lomba Gapoktan Tingkat Provinsi Riau
  • Tim Ghayak Langgam Juarai Pacu Sampan Sungai Kampar, Akan Jadi Event Tahunan
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Bupati Siak Syamsuar Buka Kompetisi Burung Berkicau Sapena Tahniah Kabupaten Siak ke-XVIII

    SIAK, datariau.com - Bupati Siak Syamsuar membuka kegiatan Pameran dan Lomba Burung Berkicau yang diselenggarakan oleh Komunitas Kicau di halaman samping gedung Lembaga
  • Paska Jalan PT SIR Tak Kunjung Diaspal, Syamsuar: Itu Karena Gubernur Tidak Meneken MoU

    SIAK, datariau.com - Paska jalan PT SIR Sungai Lukut yang tidak kunjung di aspal oleh Pemerintah Provinsi Riau, membuat Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi merasa geram.
  • Serahkan Gerobak Dorong, Syamsuar: Kalau Dapat Untung, Jangan Lupo Sedekah, Bio Berkah

    SIAK, datariau.com - Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi menyerahkan bantuan Gerobak Dorong kepada masyarakat yang kurang mampu guna membangkitkan kembali perekonomian ma
  • Syamsuar Sempatkan Diri Untuk Memanen 5 Ton Ikan Patin di Kecamatan Sabak Auh

    SIAK, datariau.com - Terlihat ceria wajah pria berusia 63 tahun itu, tampak jelas saat dirinya melakukan panen ikan patin yang diperkirakan mencapai 5 ton. Ditengah jad
  • Bupati Siak Adakan Pertemuan Dengan Cabang Olahraga Peserta Porprov Riau 2017 di Kabupaten Kampar

    SIAK, datariau.com - Bupati Siak H Syamsuar adakan pertemuan dengan Cabang Olahraga Peserta Porprov Riau IX Tahun 2017 di Kabupaten Kampar, pertemuan ini adalah dalam r
  • Ketua DPP IWO Pusat Jodhi Yudono Puji Negeri Istana

    SIAK, datariau.com - "Tanah melayu ini saya sebut Negeri Puisi, dimana penyair tumbuh dengan hebatnya", begitu kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Wartawa
  • Syamsuar Sebut Ada 5 Kunci Reformasi Birokrasi untuk Kesuksesan Suatu Daerah

    PEKANBARU, datariau.com - Bupati Siak Syamsuar mengatakan, sebagai Daerah yang sukses dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi , ada 5 kunci dari keberhasilan Reformas
  • KOMENTAR