Sabtu, 16 Des 2017 / 27 Rabiul Awal 1439

Gemar Siak Berzakat Kumpulkan Dana Capai 1,2 Miliard

Oleh: Hermansyah
Sabtu, 17 Jun 2017 10:30
view: 642
Ist
Saat Syamsuar dinobatkan sebagai Duta Zakat Siak, Jum'at (16/6/2017) di Masjid Agung Sultan Syarif Hasyim komplek Islamic Center Madinatul Ulum Siak.
SIAK, datariau.com - Bupati Siak H Syamsuar dinobatkan sebagai Duta Zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak, pada pelaksanaan Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat, Ju'mat (16/06/2017) siang. Penghargaan yang diserahkan selepas pelaksanaan Sholat Jum'at Berjamaah tersebut diberikan, karena tak banyak kepala daerah yang peduli dengan syiar zakat, sebagaimana komitmen yang telah ditunjukkan Syamsuar pada tujuh tahun terakhir sejak kepemimpinannya di Negeri Istana.
 
Selain didaulat menjadi Duta Zakat, Syamsuar juga berkesempatan menjadi petugas Amil penerima Zakat dari tokoh masyarakat, para pejabat, pengusaha serta masyarakat yang berkumpul untuk membayarkan zakat di Mesjid Agung Sultan Syarif Hasyim di kompleks Islamic Center Madinatul Ulum Siak Sri Indrapura. Beberapa penghargaan lain misalnya penghargaan Unit Penerima Zakat (UPZ) Kecamatan terbaik juga turut diserahkan kepada Kecamatan Lubuk dalam. Sementara penghargaan UPZ terpavorit yang diraih UPZ PT PKS Kebun Lubuk Dalam.
 
Bupati Siak H Syamsuar mengaku gembira dengan pertumbuhan potensi zakat di Kabupaten Siak ini ternyata terus bertumbuh. Namun kata dia, upaya menghimpun dana ummat tersebut masih terkendala oleh banyak muzakki yangbelum menyalurkan zakatnya melalui UPZ resmi. Untuk itu lanjut dia, sebagai pemimpin sudah menjadi kewajibannya untuk mengajak semua pihak baik ASN maupun masyarakat luas untuk menyalurkan zakat kepada lembaga resmi.
 
"Badan Amil Zakat itu secara Hukum Islam maupun hukum negara juga sudah sangat jelas, jadi apabila kita tidak memberikan kepercayaan terhadap lembaga resmi ini, sasaran pemerintah untuk menangulangi dan mengentaskankemiskinan itu tentu tidak dapat tercapai dengan baik," sebutnya.
 
Orang Nomor Satu di negeri Istana itu juga tampak tak henti mengucap syukur, begitu mengetahui pencapaian pengumpulan dana ummat bersumber zakat tersebut ternyata melampaui pencapaian tahun sebelumnya.
 
"Alhamdulillah pengumpulan zakat tahun ini lebih besar dari tahun lalu yang hanya berjumlah 1 miliar. Dari Gerakan Masyakat Siak Berzakat tahun ini telah terkumpul dana 1,222 Miliard lebih. Itupun belum termasuk pengumpulan dana zakat di Kecamatan Pusako dan Kecamatan Tualang denganjumlah penduduk terpadat di kabupaten Siak," ujarnya.
 
Melalui pencapaian itu, Syamsuar juga berupaya menjawab tantangan dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin dalam mengentaskan kemiskinan, dalam prakteknya dapat dilakukan melalui berbagai cara dan tidak hanya mengandalkan sumber dana APBN maupun APBD saja Siak.
 
"Saya mengajak seluruh UPZ baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kepala Kantor Urusan Agama dan perangkat Desa, mari terus kita tingkatkan ikhtiar kita. Segera tuntaskan upaya inventarisir semua Muzaki kita, agar bisa ditindaklanjutimenunaikan zakat dilembaga resmi," tutupnya.
loading...
Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Dianggarkan Rp340 Juta, Pembangunan Kantor Desa Bukit Selanjut Inhu Hanya Selesai Pondasi dan Tiang

    RENGAT, datariau.com - Melalui alokasi dana desa (ADD) tahun 2016, Pemerintahan Desa Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang Kabupaten Inhu anggarkan pembangunan g

  • Kades Bukit Selanjut Inhu Ancam Lapor Balik Tiga Kepala Dusun

    RENGAT, datariau.com - Tiga Kepala Dusun yang telah melaporkan dugaan penyimpangan dana desa maupun alokasi dana desa oleh Kepala Desa Bukit Selanjut, Kecama

  • Bupati Kampar Serahkan Bonus Atlit, Official dan Pelatih

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Sebagai bentuk syukur atas suksesnya pelaksanaan Porprov Riau Ke IX yang akhirnya mengantarkan Kabupaten Kampar pada peringkat Kedua,
  • Walikota Dumai Terus Pantau Pelaksanaan MTQ Ke-36

    DUMAI, datariau.com - Memasuki hari ke tiga pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Tahun 2017 tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai. Walikota Dumai

  • Camat Sesalkan Drainase Dijadikan Jalur Pipa Minyak Pertamina Lirik

    RENGAT, datariau.com - Menggunakan drainase depan Pasar Lirik sebagai jalur line pipa minyak PT Pertamina EP Lirik mendapat sorotan dari berbagai elemen masy

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg