Kamis, 27 Apr 2017 / 30 Rejab 1438

Pemkab Lakukan Kesepakatan bersama Kejaksaan Negeri Kampar

Oleh: Mirdas Aditya
Senin, 20 Mar 2017 16:38
view: 923
Mirdas Aditya
Pemerintah Kabupaten Kampar menyambut baik adanya penandatanganan kesepakatan tentang pengawal dan pengaman pemerintahan dalam pembangunan daerah antara pemerintah Kabupaten Kampar dengan Kejaksaan Negeri Kampar.

BANGKINANG KOTA, datariau.com - Pemerintah Kabupaten Kampar menyambut baik adanya penandatanganan kesepakatan tentang pengawal dan pengaman pemerintahan dalam pembangunan daerah antara pemerintah Kabupaten Kampar dengan Kejaksaan Negeri Kampar.

Hal ini merupakan upaya pencegahan preventif dan persuasif terjadinya peyimpangan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menjaga kelancaran program pembangunan di kabupaten kampar.

Hal ini dikatakan Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi ketika membuka Sosialisasi Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) antara Pemerintah Kabupaten Kampar Dengan Kejaksaan Negeri Kampar di aula Kantor Bupati Kampar, Senin (20/3/2017).

Dalam sambutannya Syahrial Abdi menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan pembangunan dan  pelaksanaan reformasi birokrasi, telah ditetapkan undang-undang sebagai pilar dan pengungkit sehingga kerangka reformasi birokrasi memiliki landasan hukum yang kuat dapat berjalan dengan efektif, salah satunya yaitu dengan disahkannya Undang-Undang nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan pada tanggal 17 Oktober 2014.

"Selain itu telah ditetapkan keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia nomor 152/a/ja/10/2015 pembentukan dan pelaksanaan tugas tim pengawal dan pengamanan pemerintah dalam pembangunan pusat dan daerah Kejaksaan Republik Indonesia," ujar Syahrial Abdi.

Pemerintah Kabupaten Kampar telah melaksanakan upaya dalam membangun zona integritas melalui penandatangan pakta integritas oleh seluruh pejabat struktural di lingkungan pemerintah Kabupaten Kampar pada pelantikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beberapa waktu lalu.

"Untuk melanjutkan pelaksanaan pengawal dan pengaman penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten kampar tahun 2017, pada kesempatan yang berbahagia ini saya menghimbau  kepada seluruh kepala OPD untuk melakukan konsultasi dengan TP4D melalui inspektorat kabupaten Kampar sebagai pejabat penghubung, sehingga dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kampar," ujarnya.

Syahrial Abdi dalam kesempatan tersebut juga menghimbau kepada pemerintah desa untuk menjalin kerjasama dengan pihak kejaksaan dalam hal pendampingan dan pengelolaan keuangan desa. Hal ini dikarenakan tim pengawal dan pengaman ini bekerja mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan, sampai dengan upaya pencegahan timbulnya penyimpangan dan kerugian negara/daerah.

Dalam melakukan pengawal dan pengaman tersebut, TP4D melakukan upaya preventif dan persuasif dalam bentuk pemberian penerangan hukum, diskusi/pembahasan bersama, penyuluhan hukum dan pendampingan hukum.

Dalam melaksanakan peran TP4D, Kejaksaan Negeri Kampar berkoordinasi dengan Inspektorat Daerah Kabupaten Kampar selaku aparat pengawas internal pemerintah (APIP) untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berpotensi menghambat, menggagalkan dan menimbulkan kerugian bagi keuangan negara/daerah.

Dalam sosialisasi tersebut juga ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah  (TP4D) antara Pemerintah Kabupaten Kampar Dengan Kejaksaan Negeri Kampar antara Pemerintah Kabupaten Kampar yang diwakili Pj Bupati Kampar dan Kejaksaan Negeri Kampar Hj Rosmiaty.

Tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri, Kapolres Kampar, Dandim 0313/KPR, Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang, Danyon 132/Bima Sakti, Kepala Inspektorat Kabupaten Kampar Lukluar, pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan, seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Kampar.

Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • LKPj Bupati Kampar Tahun Anggaran 2016 Disampaikan Melalui Paripurna DPRD

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - DPRD Kabupaten Kampar menggelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPj Bupati Kampar Tahun Anggaran 2016 di Gedung Paripurna DPRD K

  • Pj Bupati Kampar Terima Formasi dan Hasil SKD CPNS THL-TB Penyuluh Pertanian dari Menteri Pertanian

    SEMARANG, datariau.com - Dari 6.000 lebih Formasi dan Hasil SKD CPNS THL-TB Penyuluh Pertanian se-Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Pertanian RI, Kabupa

  • Menteri Pertanian RI Hadiahkan 5 Unit Traktor untuk Pj Bupati Kampar

    SEMARANG, datariau.com - Saat menghadiri Penyerahan SKD CPNS THL-TB Penyuluh Pertanian se-Indonesia, Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi AP MSi dihadiahi 5 Trakto

  • Pj Bupati Kampar Sambut Kunjungan Rombongan Diklat PIM II Provinsi Jawa Tengah di Tanah Merah Siak Hulu

    SIAK HULU, datariau.com - Pj Bupati Kampar H Syahrial Abdi AP MSi didampingi jajaran Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar menyambut kedatan

  • Pj Bupati Kampar Buka MTQ Tingkat Kecamatan Siak Hulu

    SIAKHULU, datariau.com - Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi AP MSi secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke- 48 tingkat

  • Tiba-tiba Pj Bupati Kampar Minta Pejabat Kumpulkan Seluruh Kendaraan Dinas

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Untuk mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), seluruh OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) pemerintah Kabupaten ha

  • Pj Bupati Kampar Jenguk Warga Miskin di Desa Rimbo Panjang

    TAMBANG, datariau.com - Siti Hendrianti Inda Asri Warga​ miskin​ ​di j​alan Karet 1 RT 01 RW 02 Dusun 2 Desa Rimbo Panjang Kecamatan

  • KOMENTAR
    PERMASI