Jumat, 15 Des 2017 / 26 Rabiul Awal 1439

Satgas P2TP2A Meranti Dikukuhkan, Ini Pesan Wabup..

Oleh: Rahmad
Rabu, 06 Des 2017 17:15
view: 617
Rahmad
Wabup Kepulauan Meranti, Drs Said Hasyim saat memimpin pengambilan sumpah dalam pengukuhan kepengurusan P2TP2A Kabupaten Kepulauan Meranti.

SELATPANJANG, datariau.com - Pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Kepulauan Meranti dikukuhkan, Rabu (6/12/2017), oleh Wabup Kepulauan Meranti di aula Kantor Bupati, Jalan Dorak.

Pembentukan satgas ini merupakan Peraturan Menteri Sosial No 5 Tahun 2010 yang mengamanahkan pembentukan P2TP2A di setiap Kabupaten Kota.

"Organisasi ini dibawah koordinasi Dinas Sosial yang bertugas melakukan pembinaan, perlindungan serta memfasilitasi penanganan masalah sosial ibu dan anak," ujar Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kepulauan Meranti, Drs Asrorudin.

Usai mengukuhkan, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs Said Hasyim sangat mendukung dengan terbentuknya satgas P2TP2A di Kabupaten. Kedepan, kata dia, kepengurusan bisa ada ke tiap Kecamatan.

"Saya harap dengan terbentuknya satgas ini dapat meminimalisir kasus-kasus pelecehan serta penganiayaan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di Meranti. Semoga kedepan terbentuk kepengurusan diseluruh Kecamatan yang ada di Meranti," ujarnya.

Terlebih, ungkap dia, kasus kekerasan dan pelecehan kerap kali dialami oleh ibu dan anak. Seperti hasil pendataan dari Dinas Sosial Kepulauan Meranti, dalam satu tahun terakhir mencapai 33 kasus penganiayaan dan pelecehan di Meranti. Tiga kasus per bulannya.

"Jika menemukan gejala permasalahan terhadap ibu dan anak, saya minta segera koordinasi dengan RT/RW setempat. Laporkan kepada pihak Polsek, Koramil dan lainnya agar dapat ditindak," tegas Said Hasyim.

Dengan begitu, untuk menekan terjadinya tindak kejahatan terhadap ibu dan anak, dia meminta aparat penegak hukum untuk memberikan sanksi sesuai dengan kejahatan yang dilakukannya.

"Kita minta pelaku kejahatan dihukum setimpal. Sehingga menjadi efek jera dan pelajaran bagi oknum-oknum yang akan melakukan kejahatan serupa," sebutnya.

Kepengurusan P2TP2A baru terbentuk di tingkat Kabupaten dan 3 Kecamatan yakni, Kecamatan Tebingtinggi, Kecamatan Rangsang Barat dan Kecamatan Merbau, sementara 6 Kecamatan lagi sedang dalam tahap penyusunan pengurus.

loading...
Editor: Agusri

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Walikota Dumai Terus Pantau Pelaksanaan MTQ Ke-36

    DUMAI, datariau.com - Memasuki hari ke tiga pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Tahun 2017 tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai. Walikota Dumai

  • Camat Sesalkan Drainase Dijadikan Jalur Pipa Minyak Pertamina Lirik

    RENGAT, datariau.com - Menggunakan drainase depan Pasar Lirik sebagai jalur line pipa minyak PT Pertamina EP Lirik mendapat sorotan dari berbagai elemen masy

  • UKW IX PWI Provinsi Riau, Besok 84 Wartawan Mulai Ujian

    PEKANBARU, datariau.com - Sebanyak 84 orang anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, Jumat (15/12) ini mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UK

  • Wakil Bupati Kampar Buka FKP Ranwal RKPD Tahun 2019 di Aula Bappeda

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menggelar  Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana
  • Diskominfo Inhu Dikritik, Rp 1 Miliar Hanya Untuk 14 Media Massa

    RENGAT, datariau.com - Meskipun sempat mendapat protes dari belasan awak media yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu, akhirnya Pemerintah Kabupaten lnhu melalui Dinas
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg