Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439

Audiensi dengan Permasi

Wako: Peran Media Online Sangat Besar

Oleh: Eri
Selasa, 06 Sep 2016 13:20
view: 1842
Istimewa.
Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT foto bersama para pendiri Permasi.

PEKANBARU, datariau.com - Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT mengakui bahwa peran media online sangat besar dalam menyukseskan program pemerintah. Dengan kelebihannya yang tidak dimiliki media lainnya.

"Dan itu (peran kuat media online) kan dunia baru, banyak yang tidak memahami, apalagi eselon IV, bahkan beberapa eselon II juga masih ada yang tidak faham," kata Wako saat acara audiensi Perkumpulan Media Siber Indonesia (Permasi) di rumah dinasnya, Senin (5/9/2016) malam.

Pertemuan yang dilaksanakan para pendiri Permasi ini berlangsung alot, mulai pukul 22.00 wib hingga 24.00 wib. Keberadaan Permasi disambut baik oleh Firdaus karena sesuai dengan program Pemko Pekanbaru yakni smart city.

Para pendiri Permasi yang hadir dalam audiensi ini seperti Zulfikri (faktariau.com), Riki (datariau.com), Hermanto (goriau.com), Tommy (riau24.com), Budi (riausky.com), Mario (potretnews.com). Sementara Luzi (Klikriau.com) pada malam itu berhalangan hadir dikarenakan tengah melaksanakan wawancara pembuatan biografi.

Dalam diskusi tersebut, dikemukakan kelebihan-kelebihan media online. Seperti disampaikan Hermanto, kelebihan media online yang tidak dimiliki media lainnya baik cetak maupun elektronik, yakni media online memiliki kecepatan, jangkauan tidak terbatas, dan data elektronik yang abadi.

"Media online dengan cepat menghadirkan berita. Tidak sampai lima menit berselang peristiwa sudah bisa masyarakat membaca beritanya di media online," sebut Hermanto.

Demikian pula jangkauan media online yang tidak terbatas. Jika pemberitaan koran lokal maupun TV lokal hanya bisa ditonton dan dibaca masyarakat Pekanbaru ataupun Riau saja, media online bahkan menjangkau hingga ke luar negeri.

"Selain itu, media online datanya juga abadi, saat pak Firdaus kami muat di media online mendapat gelar doktor, maka anak cucu bapak puluhan tahun mendatang saat mengetik nama bapak di internet, maka akan tetap ada beritanya, karena google akan menampilkan berita terbanyak dibaca," terang Hermanto lagi.

Seiring perkembangannya, kata Hermanto pula, saat ini media online yang sudah profesional tidak begitu mengharapkan kucuran APBD melalui kerjasama advertorial, karena media online yang lulus verifikasi akun google adsense ataupun google ads, maka media online tersebut akan mendapat kucuran dana hitungan dollar sesuai dengan jumlah pembaca. Ribuan dollar pun diterima media online perhari. Maka kalaupun kerjasama dengan pemerintah, itu hanya untuk tambahan, namun yang terpenting bagaimana berita yang dimuat menarik dan bermanfaat untuk para pembaca.

Ketua Permasi Zulfikri dalam kesempatan itu juga menjelaskan, bahwa organisasi media siber atau online ini dibangun untuk menjawab menjamurnya media online di Pekanbaru dan Riau mencapai ratusan media online. Maka media online yang tergabung di Permasi hanya media online yang sesuai dengan ketentuan Dewan Pers. "Kami sangat berhati-hati dalam merekrut keanggotaan, hanya media online yang lengkap izinnya, taat bayar pajak, ada wartawannya dan jelas dimana kantornya yang bisa bergabung," pungkas Zulfikri.

Editor: Yanhendri

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Pemerintahan Terbaru
  • Rumbio Diharapkan Jadi Sentra Industri Pandai Besi di Kampar
  • Status Gaji 17 Orang Honorer Kantor Camat Rimba Melintang Tak Kunjung Jelas
  • Jelang Musda DPD REI Riau, Walikota Pekanbaru Dukung..
  • Kecamatan Lirik Juara 1 Lomba Gapoktan Tingkat Provinsi Riau
  • Tim Ghayak Langgam Juarai Pacu Sampan Sungai Kampar, Akan Jadi Event Tahunan
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Launching Riau Creative Center, Siapa Saja Bisa Promosi Melalui Website Secara Gratis

    PEKANBARU, datariau.com - Secara resmi, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman telah melaunching Riau Creative Center yang disaksikan oleh sel

  • Polresta Pekanbaru Silaturahmi dengan Insan Pers

    PEKANBARU, datariau.com - Polresta Pekanbaru dalam hal ini Wakapolresta AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK, Senin siang (9/10/2017) menghadiri acara silaturra
  • Wartawan Kampar Siap Sukseskan Porprov IX 2017

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Publikasi merupakan satu faktor terpenting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, oleh sebab itu terkait pelaksanaan pertand
  • Ini Dia Media Online Riau Pertama Diverifikasi Faktual Dewan Pers

    PEKANBARU, datariau.com - Ketua Bidang Hukum Dewan Pers Jimmy Silalahi mendatangi Kantor Situs Berita Online

  • Kabag Pemdes Rohil Berterimakasih Kepada Media Online Data Riau

    BAGANBATU, datariau.com - Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Kabupaten Rokan Hilir H Jasrianto SSos memerintahkan pendamping desa turun ke lapangan untuk melakuk

  • Wakil Walikota Buka Acara Sosialisasi Aplikasi Database Kemiskinan

    BANDA ACEH, datariau.com - Wakil Walikota Banda Aceh Drs H Zainal Arifin membuka acara Sosialisasi Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) Data terpadu program

  • Jumat Barokah : Kapolsek Bangkinang Barat Gandeng Rekan Media Sambangi Warga Sakit Tumor Otak

    KUOK, datariau.com - Jumat 15 September 2017 sekira pukul 10.30 wib, Jajaran Polsek Bangkinang Barat kembali menggelar kegiatan Jumat Barokah, kali ini kegiatan diadakan di
  • KOMENTAR