Kamis, 18 Jan 2018 / 1 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Pendidikan
  • Iuran Uang Les Heboh di Berita, SMPN 1 Rakit Kulim Panggil Rapat Orangtua Siswa

Iuran Uang Les Heboh di Berita, SMPN 1 Rakit Kulim Panggil Rapat Orangtua Siswa

Oleh: Heri
Minggu, 14 Jan 2018 17:12
view: 1.133
Heri
Undangan yang disampaikan sekolah untuk orangtua murid.
RENGAT, datariau.com - Setelah heboh di berita tentang iuran uang les senilai jutaan rupiah, para orangtua murid SMPN 1 Rakit Kulim diundang rapat oleh kepala sekolah.
 
Dalam hal ini, sesuai surat undangan yang beredar, Kepala SMPN 1 Rakit Kulim, Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Inhu, Asril SPd mengundang rapat seluruh wali murid kelas IX dalam rangka mebahas tentang iuran di sekolah yang sedang heboh di berita.
 
Berdasarkan informasi yang dirangkum awak media DataRiau.com, sesuai undangan yang beredar, rapat itu akan digelar hari Senin tanggal 15 Januari 2018, pukul 07.30 wib, dengan Kepala Sekolah bersama Komite SMPN 1 Rakit Kulim dan wali murid.
 
"Informasinya pihak sekolah akan kembalikan uang iuran les yang sudah dibayar oleh wali murid," terang seorang wali murid kepada datariau.com, kemarin.
 
Diterangkannya, sekitar pukul 12.00 wib siang pada Sabtu kemarin, anaknya pulang sekolah membawa surat undangan dari sekolah, isi dalam surat undang tersebut wali murid diminta untuk hadir rapat pada hari Senin (15/1/2018) membahas tentang berita SMPN 1 Rakit Kulim.
 
"Kalau informasinya yang kami dengar, Kepsek dan Komite merapatkan wali murid karena adanya pemberitaan tentang iuran yang ditetapkan pihak sekolah. Dan informasinya pihak sekolah akan kembalikan iuran uang les tersebut," lanjutnya.
 
Diterangkan sebelumnya, pihak sekolah telah memberlakukan iuran rencana kegiatan les Kelas IX dan Try Qut Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar Rp1.900.000 per murid dengan nilai sebesar Rp7.600.000 untuk 4 mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia dengan guru Ani Marlina SPsi, Bahasa Inggris dengan guru Nila Ranti SPd dan Eti Kurniati SPd, Matimatika dengan guru Nurhayati SPdi dan Rahmalisa SPd dan IPA dengan guru Farida SPd.
 
Menyikapi hal ini, Jumadi akfitis LSM TOPAN RI mengatakan, iuran les ini sudah sangat keterlaluan dan seharusnya iuran les itu bisa ditanggung oleh dana BOS.
 
"Pertanyaannya dikemanakan dana BOS yang diterima pihak sekolah, sampai-sampai Les, Try Out, Buku Panduan UN dan Pas Foto harus wali murid yang tanggung," ujarnya.
 
Atas keberanian beberapa wali murid melaporkan ini kepada wartawan dan heboh di pemberitaan, diapresiasi oleh Jumadi. Dimana, masyarakat saat ini harus berani bertindak saat ada kejanggalan terjadi, agar oknum tidak seenaknya menetapkan pungutan tanpa ada aturan.
 
"Jenis iuran, pembayaran, pemotongan dan lainnya, tanpa didasari peraturan seperti contoh Perda, Perbub atau peraturan lainnya yang tidak diketahui dan ditandatangani oleh kepala daerah yakni Bupati, itu sudah sama dengan pungutan liar (Pungli). Atas nama masyarakat dan lembaga, kita minta tim satgas saber pungli Kabupaten Inhu yang terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan dan Inspektorat untuk dapat menindak tegas oknum di SMPN 1 Rakit Kulim yang telah menetapkan iuran tanpa didasari peraturan yang diketahui oleh kepala daerah atau surat yang ditandatangani kepala daerah," pintanya.
 
Meskipun dana itu nantinya dikembalikan lagi dikarenakan heboh di berita, tambah Jumadiz oknum tersebut perlu ditindaklanjuti karena sudah ada niat untuk melakukan pungutan tanpa didasari aturan jelas.
 
Hingga berita ini dimuat, Kepala SMPN 1 Rakit Kulim, Asril SPd masih saja belum dapat ditemui, saat dicoba untuk dikonfirmasi melalui selulernya tidak dijawab, begitu juga dengan pesan singkat SMS yang disampaikan siang kemarin hingga kini tidak ada jawaban.
Editor: Angga

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Ekpedisi SMAN 5 Tualang ke Desa Siambul dan Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal INHU

    SIAK, datariau.com - Sekolah Menengah Atas Negeri 5 (SMAN 5) Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau, Kamis (11/1/2018) kemarin, melaksanakan Ekspedisi P
  • Iuran Uang Les Heboh di Berita, SMPN 1 Rakit Kulim Panggil Rapat Orangtua Siswa

    RENGAT, datariau.com - Setelah heboh di berita tentang iuran uang les senilai jutaan rupiah, para orangtua murid SMPN 1 Rakit Kulim diundang rapat oleh kepala sekola
  • Rencana Pungutan Uang Les di SMPN 1 Rakit Kulim Jutaan Rupiah Membuat Resah

    RENGAT, datariau.com - Adanya rencana kegiatan les Kelas IX dan Try Out SMP Negeri 1 Rakit Kulim tahun pelajaran 2017/2018 dengan nilai jutaan rupiah, membua

  • Nabila, Siswi SDN 011 Pasir Penyu Inhu Wakili Riau pada Grand Finalis Indonesia Face Model 2018 di Jakarta

    RENGAT, datariau.com - Berdasarkan keputusan dewan juri Grand Indonesia Face Model 2018 yang terdiri dari team juri dari kota Jakarta (Artis ibu kota, perwakilan EO Lam
  • Akan Masuk K13, SMK Tunas Bangsa Rohil Percepat Siswa Magang

    RIMBAMELINTANG, datariau.com - SMK Tunas Bangsa, Seremban Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, baru saja melepas 54 siswa kelas VIII melaksanakan Praktek Kerja L

  • KOMENTAR
    IKLAN GALERI FOTO PENDIDIKAN
    SMKF Ikasari OSIS
    Polling

    Pilih Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2019-2024 Idola Anda
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto