Sabtu, 20 Jan 2018 / 3 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Pendidikan
  • Rencana Pungutan Uang Les di SMPN 1 Rakit Kulim Jutaan Rupiah Membuat Resah

Rencana Pungutan Uang Les di SMPN 1 Rakit Kulim Jutaan Rupiah Membuat Resah

Oleh: Heri
Sabtu, 13 Jan 2018 09:33
view: 621
Heri

RENGAT, datariau.com - Adanya rencana kegiatan les Kelas IX dan Try Out SMP Negeri 1 Rakit Kulim tahun pelajaran 2017/2018 dengan nilai jutaan rupiah, membuat resah banyak pihak terutama para orangtua wali murid.

Iuran ini, diduga sebagai aksi pungutan liar (Pungli) di dunia pendidikan, karena dasar hukum pungutan tersebut tidak ada, baik berupa Perda, Perbup, maupun aturan lainnya yang tidak bertentangan dengan UU.

"Karena iuran ini terindikasi pungli, kita minta aparat hukum yakni Kepolisian, Kejaksaan maupun Inspektorat untuk segera menindak tegas pihak sekolah," kata beberapa wali murid kepada datariau.com belum lama ini sambil memperlihatkan kertas tabel iuran tersebut.

Iuran di sekolah tanpa ada didasari peraturan seperti Perda atau Perbub, lanjut wali murid ini, iuran itu sama dengan Pungli. Berdasarkan UU dan peraturan yang berlaku, Pungli harus diberantas dari muka bumi.

"Untuk itu atas nama wali murid SMPN 1 Rakit Kulim kami mohon kepada pihak aparat hukum seperti Polisi dan Kejaksaan untuk dapat bertindak tegas terhadap oknum di SMPN 1 Rakit Kulim yang memberlakukan iuran ini, kami juga nantikan gebrakan dari Tim Saber Pungli di Inhu," pintanya.

Diterangkan wali murid, bahwa iuran yang harus dibayarkan seperti biaya les setiap siswa Rp131.034, biaya try out 3 kali ujian nasional Rp50 ribu, beli buku panduan UN 2017 Rp115.000 dan biaya pas foto Rp30 ribu dengan total Rp326.035, biaya dibulatkan menjadi Rp327.000.

Kemudian dalam tabel Rencana Kegiatan Les Kelas IX dan Try Qut Tahun Pelajaran 2017/2018, sebesar Rp1.900.000 per murid dengan nilai sebesar Rp7,6 juta untuk 4 mata pelajaran, dengan jumlah Rp7,6 juta.

"Pungutan seperti ini sudah lama terjadi di SMPN 1 Rakit Kulim. Dan setiap tahun iuran seperti ini diberlakukan oleh pihak sekolah," terang wali murid yang minta indetitasnya dirahasiakan.

"Kami selaku wali murid berharap kepada pihak-pihak terkait seperti Kepolisian, Kejaksaan, Inspektorat, Disdikbud dan Bupati Inhu dapat segera menindak oknum-oknum di SMPN 1 Rakit Kulim, pertanyakan kepada mereka dikemanakan saja dana BOS yang diterima oleh sekolah, kenapa harus minta iuran lagi?," pungkasnya.

Sementara itu, akfitis LSM Topan RI juga ikut memantau kasus ini, berdasarkan data dan bukti yang mereka dapatkan, iuran di SMPN 1 Rakit Kulim tanpa didasari Perda ataupun Perbub.

"Hal ini akan segera kita laporkan ke penegak hukum," kata Jumadi, Sabtu (13/1/2018).

Iuran, pembayaran, pungutan atau pemotongan jenis apapun di instansi dan sekolah pemerintahan maupun swata, lanjut Jumadi, tanpa ada didasari Perda atau Perbub atau surat yang diketahui atau ditandatangani oleh kepala daerah, yakni Bupati, itu perbuatan sudah melanggar hukum.

"Kalau sekarang orang-orang mengatakan Pungli, maka ini pelanggaran yang harus diungkap," tegasnya.

Sampai saat ini, Kepala SMPN 1 Rakit Kulim masih juga belum dapat ditemui, saat dicoba untuk dikonfirmasi melalui selulernya dengan nomor 081365681xxx berulang kali belum ada dijawab. Tim masih melakukan upaya konfirmasi untuk menemui kepala sekolah.

Editor: Angga

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Khairani Asma, Siswi MAN 2 Kampar Wakili Riau Dalam Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Kampar kembali melahirkan bibit intelektual, kali ini diukir oleh Khairani Asma yang merupakan satu-satunya utusan Provinsi R

  • Ekpedisi SMAN 5 Tualang ke Desa Siambul dan Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal INHU

    SIAK, datariau.com - Sekolah Menengah Atas Negeri 5 (SMAN 5) Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau, Kamis (11/1/2018) kemarin, melaksanakan Ekspedisi P
  • Iuran Uang Les Heboh di Berita, SMPN 1 Rakit Kulim Panggil Rapat Orangtua Siswa

    RENGAT, datariau.com - Setelah heboh di berita tentang iuran uang les senilai jutaan rupiah, para orangtua murid SMPN 1 Rakit Kulim diundang rapat oleh kepala sekola
  • Rencana Pungutan Uang Les di SMPN 1 Rakit Kulim Jutaan Rupiah Membuat Resah

    RENGAT, datariau.com - Adanya rencana kegiatan les Kelas IX dan Try Out SMP Negeri 1 Rakit Kulim tahun pelajaran 2017/2018 dengan nilai jutaan rupiah, membua

  • Nabila, Siswi SDN 011 Pasir Penyu Inhu Wakili Riau pada Grand Finalis Indonesia Face Model 2018 di Jakarta

    RENGAT, datariau.com - Berdasarkan keputusan dewan juri Grand Indonesia Face Model 2018 yang terdiri dari team juri dari kota Jakarta (Artis ibu kota, perwakilan EO Lam
  • KOMENTAR
    IKLAN GALERI FOTO PENDIDIKAN
    SMKF Ikasari OSIS
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto