Minggu, 19 Nov 2017 / 29 Safar 1439
  • Home
  • Pendidikan
  • SMP Islam Plus Jannatul Firdaus, Mencetak Generasi Berakhlak Mulia Sesuai Al Qur'an dan Sunnah

SMP Islam Plus Jannatul Firdaus, Mencetak Generasi Berakhlak Mulia Sesuai Al Qur'an dan Sunnah

Oleh: Riki
Rabu, 15 Feb 2017 12:06
view: 1.776
Ist.
Para siswa SMP Islam Plus Jannatul Firdaus foto bersama usai upacara bendera.

PEKANBARU, datariau.com - Telah hadir Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Plus di Kota Pekanbaru, yakni SMP Islam Plus Jannatul Firdaus di bawah naungan Yayasan Raudhatul Jannah Pekanbaru.

Sebagai sekolah yang menerapkan boarding school, sekolah ini tampak memiliki fasilitas mewah dengan asrama pelajar yang sangat nyaman. Sekolah ini khusus putra saja, telah berdiri di Kota Pekanbaru sejak tahun 2015 dan saat ini sudah ada dua angkatan dengan jumlah murid 60 orang.

Sekolah ini beralamat di Jalan Pembina 3 Nomor 109 Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Dengan lokasi sekolah yang berada di pinggir jalan raya, juga alam yang masih asri, membuat pelajar merasa nyaman menimba ilmu di sekolah Islam Plus ini.



Meskipun sekolah Islam, namun para pelajar di SMP Jannatul Firdaus tetap mendapatkan materi pelajaran umum seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya, hanya saja, diperkuat dengan ilmu agama seperti fiqh, tafsir Al Qur'an, Tahfiz, Tahsin, Muhadaroh, dan lainnya.

"Jam belajar mulai pukul 7.20 WIB hingga 15.30 WIB, Senin sampai Jum'at," terang Kepala SMP Islam Jannatul Firdaus, Abdurrahman ST saat berbincang dengan datariau.com di sekolahnya, Selasa (14/2/2017).

Diterangkan Abdurrahman, sekolah ini dalam perjalanannya memang tergolong masih baru, karena masih 2 angkatan dan hanya ada kelas 1 dan 2 saja dengan menempati 4 ruang belajar dari 6 yang disediakan.

"Dalam satu lokal itu ada 15 dan 17, dengan jumlah guru tenaga pengajar di sini 16 guru dan total semuanya termasuk staf sebanyak 22 tenaga," terangnya.


Para murid SMP Islam Plus Jannatul Firdaus Pekanbaru saat menghadiri Hari Anti Korupsi didampingi Kepala Sekolah Abdurrahman ST (dua dari kiri).

Meskipun tergolong sekolah baru, namun para murid SMP Islam Plus Jannatul Firdaus sudah mulai memperlihatkan prestasinya. Belum lama ini, kelompok beladiri silat SMP Islam Plus Jannatul Firdaus yang bernama SMI (Satria Muda Indonesia) berhasil meraih juara 3 pada turnamen tingkat Kota Pekanbaru. Kemudian berprestasi juga dalam lomba pidato.

"Alhamdulillah kegiatan olahraga kita aktif semua dan anak-anak siap diikutsertakan dalam turnamen, seperti silat, di sini anak-anak latihan rutin setiap Rabu dan Jum'at sore, dua kali dalam seminggu dengan pelatih didatangkan dari Atlet Dispora Riau bernama Robi Darwis SPd," terang Abdurrahman lagi.


Pelajar SMP Islam Plus Jannatul Firdaus saat mengikuti lomba pidato berbahasa Arab di Universitas Islam Negeri Riau.

Para pelajar di sekolah ini, lanjut Abdurrahman menjelaskan, bukan saja berasal dari Kota Pekanbaru, melainkan juga dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau dan bahkan dari Jakarta, Bogor, Tanjungpinang dan lainnya.

Pada hari Sabtu, anak-anak libur dari kegiatan belajar mengajar, maka diisi dengan kegiatan mengasyikkan, yakni memancing ikan di fasilitas kolam pancing yang dimiliki SMP ini. Selain itu, ada juga kajian ilmiah Islam di saat libur hari Sabtu ini dengan mendatangkan ustadz lulusan Madinah, yang membahas tafsir maupun tematik.

Sangat banyak kegiatan anak-anak di sekolah ini, selain yang disebutkan di atas, ada juga pramuka, muhadatsah, english club, kegiatan sosial seperti pasar murah, penyuluhan kesehatan dan penyembelihan hewan qurban di hari lebaran.



Sekolah ini secara perizinan berada di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dengan izin operasional nomor: 420/Bid.Dikdas.1/I/2016/1731 tertanggal 7 Januari 2016, NPSN: 69934844, NSS: 20.4.09.60.12.128, dan NIS: 201280.

Adapun fasilitas yang disediakan sekolah yakni asrama full AC (4 siswa/kamar), ruang belajar full AC, Laboratorium IPA, Bahasa & Komputer, kantin, laundry & catering, perpustakaan, flying fox, lapangan olahraga/futsal, mushalla, suasana alami & bersih, serta kolam pancing.


Siswa SMP Islam Plus Jannatul Firdaus Pekanbaru saat menyetor hafalan Al Qur'an.

SMP Islam Plus Jannatul Firdaus memiliki visi yakni "Terwujudnya sekolah yang menghasilkan lulusan yang mempunyai ketaatan beragama, berakhlaq mulia sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah serta tinggi prestasi akademik".

Atas visi tersebut, maka SMP Islam Plus Jannatul Firdaus memiliki misi diantaranya;
1. Mewujudkan pendidikan dan pembelajaran atas dasar tashfiyah (pemurnian) dan tarbiyah (pembinaan)
2. Memurnikan aqidah dan ibadah yang shahih serta akhlaqul karimah
3. Membentuk pribadi yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta berbakti kepada kedua orangtua
4. Mengembangkan kreatifitas dan kemandirian siswa
5. Membentuk generasi yang mampu berinteraksi dan memanfaatkan kemajuan teknologi dan penguasaan sains
6. Mengoptimalkan potensi dari peserta didik baik intelektual, spritual, dan emosional
7. Mempersiapkan peserta didik melanjutkan ke sekolah unggul
8. Menjalin kerjasama antar guru, orangtua, dan instansi terkait serta dengan masyarakat secara proporsional.



Dengan visi dan misi tersebut, maka SMP Islam Plus Jannatul Firdaus akan mewujudkan siswa beraqidah yang shahih berdasarkan Al Qur'an dan Sunnah dengan pemahaman Salafush Shalih, mampu berbahasa Arab aktif, mampu berbahasa Inggris aktif, hafal hadits Arba'in Nawawiyah, hafal minimal 3 juz Al Qur'an dan faham tafsirnya, mampu menjadi imam shalat, bersaing di olympiade sains dan lulus 100 persen.

Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Jelang UNBK 2018, Komite SMA 1 Bangkinang Kota Adakan Tatap Muka Bersama Wali Murid

    BANGKINANG KOTA Datariau.com - Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang menurut rencana dia
  • Hebat, Siswi SMAN 2 Tambang Raih Medali Emas Cabor Tarung Drajat

    TAMBANG, datariau.com - Siswi SMAN 2 Tambang atas nama Julia Anggraini kelas XII IPA4 berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga tarung drajat dalam pertandingan
  • Tendang Murid, Oknum Guru SMK Dipecat

    JAKARTA, datariau.com - Petugas Kepolisian Sektor Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten, telah melakukan pemeriksaan atas kasus kekerasan secara brutal yang dilakukan gur
  • BEM Universitas Riau Gelar Ajang Tahunan Terbesar UR Expo 2017

    PEKANBARU, datariau.com - Kabinet Pilar Peradaban Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau (BEM UR) akan menggelar ajang tahunan terbesar UR yaitu UR Expo

  • Siswi SMP di Pekanbaru Ini Berhenti Sekolah Karena Tak Sanggup Bayar Uang Baju dan Buku

    PEKANBARU, datariau.com - Yulhaida, warga Jalan Gajus RW 3, Kelurahan Kedung Sari, Sukajadi, menceritakan buruknya sistem Pendidikan yang ada di Kota Pekanba

  • KOMENTAR
    IKLAN GALERI FOTO PENDIDIKAN
    SMKF Ikasari OSIS
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg