Minggu, 19 Nov 2017 / 29 Safar 1439
  • Home
  • Peristiwa
  • Aksi Demo Suku Sakai di Kantor Gubernur Riau Akhirnya Selesai, Massa Dipulangkan dengan Truk Satpol PP

Aksi Demo Suku Sakai di Kantor Gubernur Riau Akhirnya Selesai, Massa Dipulangkan dengan Truk Satpol PP

Rabu, 15 Mar 2017 19:14
view: 5.957

PEKANBARU, datariau.com - Hasil pertemuan yang dilakukan antara utusan Suku Sakai dengan pihak pemerintah provinsi Riau membuahkan hasil penandatanganan notulen, dan ditutup dengan pemulangan demonstran Suku Sakai menggunakan truk.

"Pihak Pemprov Riau dan anggota DPRD Riau sepakat untuk menandatangani notulen hasil pertemuan hari ini, jadi mari kita pulanv dengan hati-hati," ujar Soni salah seorang utusan yang bernegoisasi dengan Pihak Pemprov Riau, di Pekanbaru, Rabu (15/3/2017).

Adapun isi notulen tersebut adalah kesepakatan untuk mengadakan pertemuan pada minggu depan dengan mengundang semua Gubernur Riau, DPRD, Polresta serta instansi terkait, guna menyelesaikan perkara tanah ulayat Suku Sakai.

Lebih lanjut ia menyebutkan jika minggu depan masih belum ada pertemuan, maka pihaknya akan datang kembali ke Pekanbaru untuk menagih janji pemerintah.

Nota kesepakatan tersebut ditandatangani oleh anggota DPRD Provinsi Riau Ev Tengger Sinaga, Asisten I Privinsi Riau Ahmad Syah Roffie, Kasatpol PP, dan Kapolresta Pekanbaru.

Sebelumnya ratusan Suku Sakai ini terdiri dari pria, wanita segala usia, bahkan anak-anak. Dari Kandis 700 orang, namun sampai di Pekanbaru 350 orang karena kelelahan, dehidrasi, dan pingsan. Mereka menuntut lahannya yang yang ditudingnya diduduki Perusahaan Kelapa sawit PT Ivo Mas Tunggal.

Mereka meminta kepada pemerintah agar tanah yang diklaim milik warga Suku Sakai seluas 24000 hektar bisa kembali.

Menurut mereka terhitung sejak dari tahun 1982 bermula PT Ivo Mas Tunggal meminta anak anak dari masyarakat Suku Sakai untuk mengisi polibek dengan perjanjian lisan akan diberikan tanah.

Namun hingga saat ini perjanjian itu tidak direalisasikan oleh perusahaan. Kemudian tahun 2012 masyarakat menuntut kembali tanah mereka dan pihak perusahaan tidak mengindahkan itu.

Persatuan suku sakai menggugat dan meminta kepada Gubernur Riau agar dapat menyelesaikan konflik tanah ulayat yang terjadi antara masyarakat Suku Sakai dengan PT. Ivo Mas Tunggal.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Antarariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Begal!!.. Namun Gagal Jalani Aksinya, Wulan Merupakan Korban Penjahat "Begal" Untuk Kesekian Kalinya

    PERAWANG, datariau.com - Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Wulan merupakan salah satu korban penjahat "Begal" untuk kesekian kalinya. Namun, aksi kejah
  • Pilkades Pematang Manggis Inhu Memanas, Pendukung Sarwono Akan Gelar Aksi Demo di Kantor Desa

    RENGAT,datariau.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Desa Pematang Manggis Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Inhu  memanas. Sebanyak lebih kurang 100
  • Identitasnya Bocor, Pelapor Dugaan Korupsi Dana Desa di Inhu Sesalkan Inspektorat

    RENGAT, datariau.com - Adanya kebocoran identitas pelapor dugaan penyimpang dana Desa Lambang Sari 1, 2 dan 3 Kecamatan Lirik oleh Inspektorat Kabupaten Inhu

  • Belum Lunasi Biaya Bersalin, Warga Rohil Ini Tertahan di Klinik

    BAGANSINEMBAH, datariau.com - Seorang warga Paket M Kepenghuluan Lubuk Jawi, Kecamatan Balai Jaya, Rohil dikabarkan tertahan di Klinik Ibunda Bagan Batu, KM

  • Tabrak Tiang Listrik, Setya Novanto Diindikasi Alami Gegar Otak

    JAKARTA, datariau.com - Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi mengatakan, salah satu dokter yang menangani Novanto mengatakan, ada indikasi gegar otak yang dialam
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg