Sabtu, 20 Jan 2018 / 3 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Peristiwa
  • Diduga Bangunan Tangki IPAL Komunal di Kelurahan Perawang Siak ini Terbengkalai dan Tak Difungsikan

Diduga Bangunan Tangki IPAL Komunal di Kelurahan Perawang Siak ini Terbengkalai dan Tak Difungsikan

Oleh: Hermansyah
Kamis, 11 Jan 2018 20:58
view: 1.021
Beberapa komunal yang belum terealisasi hingga sekarang.

SIAK, datariau.com - Pembangunan infrastruktur IPAL Tangki Septik Komunal menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 sebesar Rp345.325.000 di Kelurahan Perawang, Siak tampaknya belum maksimal selesai.

Terlihat dari beberapa bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Tangki Septik Komunal, dari tinjauan tim datariau.com, Kamis (11/1/2018) sore, diduga belum selesai sepenuhnya alias terbengkalai dan belum bisa difungsikan.

Diketahui bahwa pengerjaan IPAL (Safety Tang) tersebut menggunakan APBD dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 sebesar Rp345.325.000 dengan Nomor Kontrak: 621/KTR/DPU-TARUKIM-PERKIM/APBD-DAK SWAKELOLA/04/2017, pengerjaan dimulai sejak tanggal 7 Juni 2017 atau 90 hari kalender dan masa pengerjaanya berakhir hingga tanggal 7 September 2017 lalu.

Sedangkan masa tegang waktu pengerjaan pun telah memasuki tahun baru 2018 (telat 3 bulan), Kamis, 11 Januari 2018.

Ketika datariau.com tinjau ke lokasi, ada beberapa tangki septik komunal hingga saat ini belum tersambung ke tangki Instalasi Penampungan Air Limbah (IPAL) induk.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler Ketua KSM Berdikari Bersama Kelurahan Perawang Zulpahmi enggan menjawab pertanyaan dari awak media. Bahkan, Zulpahmi tidak segan-segan mematikan telepon selulernya tanpa basi-basi dan tidak banyak berkata.

"Ah...ya," jawab Zulpahmi mematikan handphonenya, Kamis (11/1/2018) sekira pukul 20.28 WIB.

Kemudian, saat dihubungi Kepala Kelurahan Perawang, Yudha Rajasa SSTP, Kamis (11/1/2018) malam, juga enggan mengangkat telepon selulernya.

Di lain pihak, Pejabat Pengawas Teknis Kegiatan (PPTK) Pekerjaan Umum Tata Ruang Permukiman (PU-Tarukim) Kabupaten Siak, Hendra mengatakan, itu sebagian belum konek yakni komunal dari rumah warga ke tangki IPAL induk tersebut.

"Yang menyambung ke rumah orang itu lebih 60 persen, ya tinggal nyambung-nyambung dari rumah orang tu. Yang jelas kan orang bekerja menunggu orang balik ke rumah tu, tak mungkin orang bekerja orang punya rumah tak ada kan?," kata Hendra.

Sementara itu, saat ditinjau ke lokasi untuk penyambungan (konek) dari rumah ke tangki IPAL belum terealisasi. Sedangkan pemilik rumah tersebut berada di kediaman yang dimaksud PPTK PU Tarukim Siak Hendra tadi.

Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Pakai Kaos Berlogo Partai Komunis, Warga Selatpanjang Ini Ditahan Anggota BIN dan Koramil 02 Tebingtinggi

    SELATPANJANG, datariau.com - Ditemukan seorang pria tionghoa menggunakan kaos oblong berlambang logo Partai Komunis Indonesia (PKI). Adalah Burhan (58),
  • Pajak Baru Bagan Batu Rohil Dilanda Banjir, Pedagang Minta Perhatian Pemerintah

    BAGANBATU, datariau.com - Pajak Baru (Pasar Baru) Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir kebanjiran. Walaupun hujan yang tidak begitu deras, namun Pajak Baru
  • Bantu Istri Nyuci, Suami di Inhil Tewas Disengat Listrik

    TEMBILAHAN, datariau.com - Bermaksud membantu istri mencuci pakaian, Darlin (46) seorang karyawan PT STI, warga Perumahan PT STI Parit XII Desa Air Tawar Kec

  • Diduga Dishub Siak Tak Transparan, Netizen: Sistem Lelang Tertutup Diragukan Kebenarannya

    SIAK, datariau.com - Sejak dibukanya penawaran lelang lahan parkir oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Siak pada Desember lalu, yang hingga saat ini belum ada kej
  • Gaji Tak Cair, Seluruh Kantor Desa di Merbau Meranti Tutup

    MERBAU, datariau.com - Seluruh kepala desa di Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, merasa kecewa dan sepakat tidak membuka kantor serta melib

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto