Kamis, 14 Des 2017 / 25 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Peristiwa
  • Gawat, Sejumlah Makanan di Pasar Rakyat Rengat Inhu Positif Mengandung Zat Berbahaya

Gawat, Sejumlah Makanan di Pasar Rakyat Rengat Inhu Positif Mengandung Zat Berbahaya

Oleh: Heri
Kamis, 15 Jun 2017 14:15
view: 3.662
Heri
BPOM Riau saat meninjau makanan di Inhu.

RENGAT, datariau.com - Lagi, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Riau di bulan Ramahdan menemukan makanan yang mengandung zat berbahaya di makanan buka puasa (ta'jil). Sebelumnya bulan Ramahdan tahun 2016 lalu, BPOM Riau juga temukan makanan yang berbahaya di Kabupaten Inhu.

Sedikitnya ada lima jenis makanan positif mengandung zat berbahaya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Rakyat kota Rengat belum lama ini. Penemuan makanan mengandung racun tersebut setelah 9 orang dari BPOM didampingi Disperindagpas Inhu dan Dinas Kesehatan Inhu mengambil sebanyak 14 sampel makanan di Pasar Rakyat yang terindikasi menggunakan zat berbahaya.

Sebanyak 14 sampel tersebut langsung dilakukan pengujian pada mobil labor milik BPOM yang langsung dibawa ke Pekanbaru.

Lima makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut yakni kerupuk nasi, kerupuk merah, mie kuning dan kerupuk putih. Empat jenis makanan ini mengandung borax. Sementara satu jenis makanan lainnya yakni terasi mengandung rodamin. Terakhir diketahui dari pedagang tersebut, bahwa terasi tersebut didapat dari Sungai Salak kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

"Kegiatan ini sudah kami lakukan di kabupaten/kota lainnya di Riau dan sekarang di Inhu dan kami akan keliling seluruh Kabupaten di Riau ini," terang Syarmida Apt sebagai Ketua Tim BPOM Riau, Kamis (15/6/2017) kepada sejumlah awak media di Rengat.

Sambungnya, hal ini penting dilakukan untuk melindungi masyarakat dari makanan yang bisa membahayakan kesehatan, jika di dalam makanan tersebut mengandung pengawet yang tidak semestinya untuk makanan maupun zat lain yang membahayakan kesehatan.

Disinggung soal sanksi terhadap pemilik makanan yang didapati mengandung bahan membahayakan kesehatan, Syarmida mengaku pihaknya akan melakukan pembinaan. Agar penjual atau pembuat tidak mengulangi lagi hal yang merugikan orang lain.

"Semua barang yang kita jadikan sampel semuanya kita catat dari pedagang mana namanya kita buat berita acara, terus barang ini diperoleh dari mana. Jadi ketika didapati makanan mengandung bahan membahayakan kesehatan, maka kami bisa lebih mudah untuk melakukan pembinaan," pungkasnya.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Siang Hari Premium di SPBU Kosong, Ternyata Malam Hari Dilansir Pakai Jerigen

    BAGANBATU, datariau.com - Selain SPBU Pertamina di KM3 Bagan Batu, juga terjadi di SPBU perbatasan Riau-Sumut, persisnya di Dusun Simpang Martabak, Kepenghul

  • Kecelakaan Maut di Banjar Balam Inhu, Pengendara Beat Meregang Nyawa

    RENGAT, datariau.com - Kembali terjadi lakalantas di Jalan Lintas Timur terjadi laka lantas di Km 163 Desa Banjar Balam Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu antara Mitsubi
  • Heboh, HUT Transmigrasi Ke-67 di Desa Pontian Mekar Inhu Menuai Kekecewaan

    RENGAT, datariau.com - Rasa kecewa mendalam dirasakan pelajar SMKN 1 Lubuk Batu Jaya. Kekecewaan ini pun heboh di media sosial Fecebook. Kekecewaan itu terja

  • Kesal Tak Kunjung Ada Perbaikan, Masyarakat PS Timur Blokir Jalan dan Larang Kendaraan Perusahaan Melintas

    SIAK, datariau.com - Menuntut agar segera dilakukan perbaikan jalan rusak, masyarakat lakukan pemblokir dan melarang kendaraan perusahaan melewati jalan poros Kampun
  • Puluhan Mahasiswa Demo Kantor Kejari Rohul

    ROKANHULU, datariau.com - Puluhan mahasiswa kabupaten Rokan Hulu yang tergabung dalam aliansi mahasiswa anti-korupsi, menggelar aksi damai dalam rangka Hari

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg