Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Peristiwa
  • Ini Pegakuan Polantas yang Awalnya Menyangka Serda Wira Masyarakat Biasa, Ternyata..

Ini Pegakuan Polantas yang Awalnya Menyangka Serda Wira Masyarakat Biasa, Ternyata..

Jumat, 11 Agu 2017 23:56
view: 4615

PEKANBARU, datariau.com - Keributan antara anggota Polantas Pekanbaru, Riau Bripda Yoga Vernando dan oknum TNI Serda Wira Sinaga di jalan raya viral di media sosial setelah videonya menyebar dengan cepat. Pada cuplikannya, Yoga sempat dipukul pada bagian belakang helm serta ditendang motornya oleh Serda Wira, namun ia tidak melawan.

Bripda Yoga sendiri tidak menyangka jika insiden di jalan raya itu bakal menyebar luas, setelah divideokan oleh warga yang melihatnya. Ia sendiri mengaku sejak awal sudah berupaya menghindari 'gesekan' dengan Wira, setelah menyadari bahwa orang yang tidak mengenakan helm itu adalah seorang oknum TNI.

"Pertama saya melihat ada pengendara roda dua yang tidak pakai helm dan spion. Karena waktu itu pakai jaket saya pikir masyarakat biasa dan saya dekati. Lebih kurang 10 meter saya sadar kalau anggota TNI, dari sepatu dan seragamnya," terang Yoga menceritakan, seperti dikutip goriau.com, Jumat (11/8/2017).

Menyadari hal itu Yoga pun berupaya mendahului Serda WS. "Tanpa ada gerakan sedikit pun atau lirikan, cuma dari spion saya lihat beliau menggas motor dan nambah kecepatan untuk ngejar saya. Sementara saya tetap jalan menuju Pos Gurindam 9 (Jalan Jenderal Sudirman, red)," lanjut Polantas ini.

Kebetulan di depan Yoga ada angkot yang berhenti di tengah jalan. Melihat itu, ia pun berhenti dengan maksud menegur si supir. "Tujuannya untuk menepikan angkot ini, tapi tiba-tiba saya ditabrak dari belakang," sebutnya. Di situ lah akhirnya Wira melampiaskan kekesalan hingga terjadi insiden.

"Saya mikir ke depan, gimana dampak dan imbasnya jika saya melawan. Saya bisa seperti sekarang ini (Jadi Polisi, red) tidak semudah yang dibayangkan. Kalau saya melawan, sama saja saya melepas baju dinas saya," ungkap Polantas yang mengaku punya kemampuan beladiri Tarung Drajat ini.

Ia sadar, sebagai polisi lalu lintas, memang tugasnya untuk menegur jika ada pengendara yang tidak tertib. Namun itu urung dilakukan. "Memang seharusnya saya menegur saat itu karena pelanggarannya, namun saya harus menghargai, sesama anggota, apalagi TNI, harus dihormati karena membela negara," ungkap Yoga.

Secara pribadi, ia sudah memaafkan insiden tersebut. Apalagi setelah dirinya tahu kalau oknum TNI itu mengalami penyakit gejala depresi yang sewaktu-waktu dapat kambuh. "Di lubuk hati saya, sudah memaafkan. Beliau juga senior saya," ujarnya.

Sebelumnya, Bripda Yoga Vernando mendapat penghargaan dari atasannya Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto karena berjiwa besar dan sabar dalam menjalankan tugas. Penghargaan diberikan usai Shalat Jumat tadi.

"Bukan karena apa-apa, tapi itu bisa menjadi contoh bagi polisi lainnya, agar bersabar dalam bertugas," kata Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata dikutip merdeka.com, Jumat (11/8/2017).

Dalam bertugas, polisi dilindungi aturan perundang-undangan dan bagi siapa saja yang melanggarnya, akan diberikan sanksi hukum. Namun Edy menuturkan untuk peristiwa yang dialami Bripda Yoga, diserahkan sepenuhnya kepada Denpom Pekanbaru. "Yang bersangkutan (Serda Wira) sudah diproses kesatuannya," kata Edy.

Menurut Edy, anggota polisi memilik hak untuk membuat laporan jika dirinya diperlakukan seperti itu. Baik oleh masyarakat maupun kesatuan lain seperti militer. Namun, masing-masing kesatuan memiliki kewenangan dalam menindak anggotanya.

"Jika masyarakat juga berbuat demikian kepada polisi, maka ada undang-undang yang mengaturnya. Polisi juga sipil, memiliki hak untuk membuat laporan, tapi itu semua kita serahkan kepada yang bersangkutan. Apakah menggunakan haknya atau tidak," kata Edy.

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Peristiwa Terbaru
  • 4 Hektar Kebun Sawit Milik Warga di Rohul Hangus Terbakar
  • Pelajaran Buat Orangtua, Anak Ini Terjatuh dari Motor Karena Tertidur
  • Kiper Persela Lamongan Choirul Huda Meninggal Dunia, Penyebabnya...
  • Pasangan Bukan Suami Istri di Pangkalan Kerinci ini Terjaring Razia Cipkon di Penginapan
  • Pekerja Tower Sutet Asal Pekanbaru Tewas Jatuh dari Ketinggian 50 Meter di Inhu
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Terungkap, Ini Identitas Pemuda yang Adu Jotos dengan Perwira TNI di Jalan Raya

    JAKARTA, datariau.com - Identitas pemuda yang adu jotos dengan perwira TNI AL Lettu Satria terungkap. Pemuda yang buang sampah sembarangan itu warga Cempaka

  • Mengharukan, Anggota Polantas di Inhu Ini Bantu Orang Lupa Ingatan, Diberi Makan dan Pakaian

    RENGAT, datariau.com - Mengharukan, seorang Anggota Polantas di Inhu bernama Brigadir Doni Malindo SE yang merupakan Anggota Polantas Polsek Lirik membantu s

  • Polisi Tembak TNI Pakai Air Softgun, Kasus Sudah Dimediasi Damai

    JAKARTA, datariau.com - Seorang anggota TNI ditembak oleh polisi di sekitar taman pintu depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Peristiwa tersebut terjadi Jumat, 08.50 WIB.
    <
  • Polres Inhu Gelar Off Road Kelas SCS Ekstrim, Ini Data Pemenangnya..

    RENGAT, datariau.com - Tim Off Road kelas SCS Ekstrim asal Bukit Tinggi dengan nomor urut peserta 016 berhasil raih juara satu setelah berjuang selama 3 hari

  • Polantas Cidera Ditabrak Seorang Ibu yang Panik Akan Ditilang

    JAKARTA, datariau.com - Berbagai upaya dilakukan oleh pengendara motor saat menghindari razia polisi lalu lintas. Tapi apa yang dilakukan oleh seorang wanita

  • Viral..Aksi Save dan Bebaskan Serda Wira Sinaga

    PEKANBARU, datariau.com - Setelah terkuak fakta dari sejumlah saksi yang mengatakan bahwa anggota Polantas Bripda Yogi Vernando diduga lebih dulu menabrak Se

  • Benarkah Serda Wira Sinaga tak Pakai Helm? Ini Cerita Bripda Yoga Vernanda

    PEKANBARU, datariau.com - Banyaknya versi cerita beredar di masyarakat tentang aksi pemukulan oknum TNI AD bernama Serda Wira Sinaga terhadap Polisi Lalulint

  • KOMENTAR