Sabtu, 20 Jan 2018 / 3 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Politik
  • KPU Riau Tolak Pendaftaran Syamsurizal-Zaini Ismail

KPU Riau Tolak Pendaftaran Syamsurizal-Zaini Ismail

Kamis, 11 Jan 2018 12:22
view: 892
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) didatangani Syamsurizal dan Zaini Ismail bersama belasan pendukung. (foto: riauterkini.com)

PEKANBARU, datariau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mengkonfirmasi penolakan pendaftaran pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsurizal-Zaini Ismail. Sikap tersebut berdasarkan fakta, pasangan tersebut tak memiliki cukup syarat untuk bisa mendaftar sebagai calon peserta Pilkada Riau 2018.

"Kami memutuskan tidak bisa menerima pendaftaran dari Syamsurizal-Zaini Ismail. Karena pendaftarannya tidak sesuai dengan prosedur yang ada," kata Ketua KPU Riau, Nurhamin, kepada sejumlah awak media, Kamis (11/1/2018).

Menurut Nurhamin, pasangan Syamsurizal-Zaini Ismail datang ke Kantor KPU pada hari Rabu (10/1/2018) sekitar pukul 23.31 WIB. Karena masih pada waktu masa pendaftaran, maka kedatangan Syamsurizal-Zaini Ismail diterima dan mendapatkan pelayanan sebagaimana mestinya.

Namun setelah dilakupan pemeriksaan berkas, Nurhamin memastikan sikap lembaganya menolak pendaftaran pasangan tersebut karena Peraturan KPU (PKPU) nomor 3 tahun 2017, yang mendaftar itu adalah partai pengusung, bukan pasangan calon.

"Berdasarkan PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan, yang mendaftarkan itu adalah partai politik atau gabungan partai politik pengusung, bukan pasangan calon. Jadi karena Syamsurizal-Zaini Ismail tak ada membawa parpol pengusung, tentu ini tak bisa kita terima," pungkasnya.

Editor: Angga

Sumber: Riauterkini.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Panwascam Taja Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kecamatan Pangkalan Kerinci

    PANGKALANKERINCI, datariau.com - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pangkalan Kerinci menggelar Pelantikan Panitia Pengawas Lapangan (PPL), serta Pembekalan Panwasl
  • Pelantikan dan Pembekalan Panwas Kelurahan/Desa se-Kecamatan Tualang Siak

    SIAK, datariau.com - Persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau (Pilgubri) tahun 2018, Kamis (18/1/2018) seki
  • Demokrat Riau Mulai Terima Pendaftaran Caleg

    PEKANBARU, datariau.com - DPD Partai Demokrat Riau membuka pintu bagi masyarakat yang berminat menjadi calon legislatif (caleg) pada Pileg 2019.

  • BNN Periksa Calon Gunernur dan Wagub Riau di RSUD Arifin Achmad

    PEKANBARU, datariau.com - Setelah rangkaian pemeriksaan kesehatan dan psikis dilaksanakan kemarin, pagi ini, Sabtu (13/1/2018) para pasangan Calon Gubernur d

  • Hanura Aceh Lakukan Safari Politik dan Konsolidasi di Barat Selatan

    ACEH, datariau.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Aceh mengawali tahun politik 2018 dengan melakukan safari politik dan konsolidasi di tiga Dewa

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto