Kamis, 14 Des 2017 / 25 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Ramadhan
  • Muhasabah Cinta 2, Ada Hal yang Menarik Saat Syamsuar Safari Ramadhan di Minas Jaya

Muhasabah Cinta 2, Ada Hal yang Menarik Saat Syamsuar Safari Ramadhan di Minas Jaya

Oleh: Hermansyah
Jumat, 16 Jun 2017 05:48
view: 552
Ist
Bupati Siak saat memberikan kata sambutan didepan jamaah Masjid Nurul Huda, Rabu (14/6/2017) Kecamatan Minas
MINAS, datariau.com - Safari Ramadan Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi berlangsung di Masjid Nurul Huda, Rabu (14/6/2017) malam, dalam Muhasabah Cinta 2 di Kelurahan Minas Jaya Kecamatan Minas Kabupaten Siak.
 
Ada hal yang menarik Safari Ramadan orang nomor satu di Negeri Istana itu ketika berada di masjid di Jalan Yos Sudarso. Begitu menuruni 21 anak tangga, posisi masjid di bawah tanah berbukit, selain terpampang spanduk ucapan selamat datang kepada Bupati Siak dan KH Tengku Zulkarnain, juga ada baliho Remaja Masjid Nurul Huda bersama Karang Taruna Kelurahan Minas Jaya.
 
Remaja masjid dan Karang Taruna itu mempersembahkan Muhasabah Cinta 2. Tujuannya agar generasi muda Cinta Islam.
 
Setidaknya, kata Ketua Muhasabah Cinta 2, Yuniko Fajri, ada 300 remaja yang terlibat dalam kegiatan ini. Dan sebagai kenangan-kenangan, setiap peserta membubuhi tanda tangan pada kain putih, di tengahnya tertulis Generasi Cinta Islam yang terbentang di dinding pagar sebelah kanan pintu masuk masjid.
 
Muhasabah Cinta 2 ini, kata ucap Yuniko Fajri, adalah bagian kedua mereka buat. Tahun sebelumnya juga dilaksanakan Muhasabah Cinta. Kegiatannya sama yakni buka bersama, ada Kabaret dan Tausiah Ramadan.
 
Sebetulnya, Muhasabah Cinta 2 ini dilaksanakan pada akhir pekan mendatang. Namun, sehubungan dengan kedatangan Bupati Siak yang membawa KH Tengku Zulkarnain, sehingga kegiatan ini digabungkan saja sekalian.
 
"Dengan adanya kegiatan ini, remaja di Minas ini terhindar dari perbuatan yang merugikan diri. Tahun lalu anggota remaja masjid hanya 25 orang, sekarang sejak dilakukan sosialisasi dan regenerasi jumlahnya bertambah hingga menjadi 40 orang," beber Yuniko Fajri.
 
Prosesi Safari Ramadan dalam Muhasabah Cinta 2 itu, diawali lantunan ayat suci Al-quran dan dilanjutkan dengan kata sambutan Camat Minas Hendra Adi Nugraha.
 
Katanya, bahwa warga di Minas ini sangat kompak sehingga di sini adalah istilah, kalau pesta menikah tak mengundang tak apa-apa, tapi kalau ada musibah semuanya datang.
 
"Ini pidato saya yang pertama karena sore tadi baru dilantik karenanya saya mohon dukungan semua pihak. Karena jabatan bisa menjadi malapetaka, makanya ketika ditunjuk sebagai Camat saya mengucapkan Innalillahi. Sebaliknya, jika jabatan ini dilaksanakan sesuai amanah maka ini akan menjadi tambahan amal ibadah," ucap Hendra.
 
Usai menyerahakan santunan anak yatim dan bantuan masjid serta kartu KIS, Syamsuar menyampaikan kata elu-eluannya. "Hari ini di Minas, ada empat kegiatan saya di sini, mulai dari penijauan Pondok Pesantren sampai pelantikan camat," katanya.
 
Sambungnya, agar Negeri ini mendapat Rahmad dari Allah SWT,  maka jangan ditinggalkan Al-qur'an. Para hafizh yang merecup di Siak dan berlomba-lombanya generasi muda cinta Al-quran, inilah nantinya yang melindungi Kabupaten Siak dari malapetaka.
 
Lanjutnya lagi, Gerakan cinta Al-quran ini, tidak hanya dilakukan pemerintah saja namun hal ini juga dari masyarakat dengan kesadaran sendiri.
 
Pada kesempatan itu, Syamsuar berpesan, mari ramaikan masjid. Jangan karena kesibukan menyambut Lebaran Idul Fitri, masjid jadi sepi. Kepada warga yang mudik, juga diminta untuk tetap pergi ke masjid di Kampung masing-masing. Sebagai penutup kegiatan itu, tausiah dari KH Tengku Zulkarnain.
Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Kapolres Inhil Buka Puasa Bersama Dengan Insan Pers

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Kapolres Manurung SIK menggelar buka puasa bersama dengan insan pers, Rabu (21/6/17).
     
    Kegiatan buka puasa be
  • DPD LMR Riau Undang Bupati Harris, Gelar Buka Bersama Masyarakat Kampung Tualang

    TUALANG, datariau.com - Bupati Pelalawan H M Harris menghadiri acara buka puasa bersama sekaligus silaturahmi dengan masyarakat Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kab
  • Bicara Didepan Masyarakat Pusako, Ini Pesan Syamsuar..

    PUSAKO, datariau.com - Melanjutkan kegiatan Gemar (Gerakan Masyarakat) Siak Berzakat tahun 2017, kali ini Kecamatan Pusako ambil bagian dari 7 Kecamatan yang bergabu
  • Syamsuar: Kami Mengharapkan Disetiap Kecamatan Bisa Melahirkan Penghafal Al-quran

    PERAWANG, datariau.com - Saya bangga dengan Perawang, apa lagi banyaknya imam dimasjid ini yang bagus dan baik terhadap bacaan ayat yang mereka lantunkan. Untuk itu,
  • Peduli Yatim Piatu, Fakir Miskin Dan Kaum Duafa, DPD TK II, PAC Dan Ransus IPK se-Kabupaten Gelar Buka Bersama

    PERAWANG, datariau.com - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Tingkat II Kabupaten Siak beserta Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pemuda Karya (PAC IPK) dan
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg