Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Ramadhan
  • Muhasabah Cinta 2, Ada Hal yang Menarik Saat Syamsuar Safari Ramadhan di Minas Jaya

Muhasabah Cinta 2, Ada Hal yang Menarik Saat Syamsuar Safari Ramadhan di Minas Jaya

Oleh: Hermansyah
Jumat, 16 Jun 2017 05:48
view: 529
Ist
Bupati Siak saat memberikan kata sambutan didepan jamaah Masjid Nurul Huda, Rabu (14/6/2017) Kecamatan Minas
MINAS, datariau.com - Safari Ramadan Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi berlangsung di Masjid Nurul Huda, Rabu (14/6/2017) malam, dalam Muhasabah Cinta 2 di Kelurahan Minas Jaya Kecamatan Minas Kabupaten Siak.
 
Ada hal yang menarik Safari Ramadan orang nomor satu di Negeri Istana itu ketika berada di masjid di Jalan Yos Sudarso. Begitu menuruni 21 anak tangga, posisi masjid di bawah tanah berbukit, selain terpampang spanduk ucapan selamat datang kepada Bupati Siak dan KH Tengku Zulkarnain, juga ada baliho Remaja Masjid Nurul Huda bersama Karang Taruna Kelurahan Minas Jaya.
 
Remaja masjid dan Karang Taruna itu mempersembahkan Muhasabah Cinta 2. Tujuannya agar generasi muda Cinta Islam.
 
Setidaknya, kata Ketua Muhasabah Cinta 2, Yuniko Fajri, ada 300 remaja yang terlibat dalam kegiatan ini. Dan sebagai kenangan-kenangan, setiap peserta membubuhi tanda tangan pada kain putih, di tengahnya tertulis Generasi Cinta Islam yang terbentang di dinding pagar sebelah kanan pintu masuk masjid.
 
Muhasabah Cinta 2 ini, kata ucap Yuniko Fajri, adalah bagian kedua mereka buat. Tahun sebelumnya juga dilaksanakan Muhasabah Cinta. Kegiatannya sama yakni buka bersama, ada Kabaret dan Tausiah Ramadan.
 
Sebetulnya, Muhasabah Cinta 2 ini dilaksanakan pada akhir pekan mendatang. Namun, sehubungan dengan kedatangan Bupati Siak yang membawa KH Tengku Zulkarnain, sehingga kegiatan ini digabungkan saja sekalian.
 
"Dengan adanya kegiatan ini, remaja di Minas ini terhindar dari perbuatan yang merugikan diri. Tahun lalu anggota remaja masjid hanya 25 orang, sekarang sejak dilakukan sosialisasi dan regenerasi jumlahnya bertambah hingga menjadi 40 orang," beber Yuniko Fajri.
 
Prosesi Safari Ramadan dalam Muhasabah Cinta 2 itu, diawali lantunan ayat suci Al-quran dan dilanjutkan dengan kata sambutan Camat Minas Hendra Adi Nugraha.
 
Katanya, bahwa warga di Minas ini sangat kompak sehingga di sini adalah istilah, kalau pesta menikah tak mengundang tak apa-apa, tapi kalau ada musibah semuanya datang.
 
"Ini pidato saya yang pertama karena sore tadi baru dilantik karenanya saya mohon dukungan semua pihak. Karena jabatan bisa menjadi malapetaka, makanya ketika ditunjuk sebagai Camat saya mengucapkan Innalillahi. Sebaliknya, jika jabatan ini dilaksanakan sesuai amanah maka ini akan menjadi tambahan amal ibadah," ucap Hendra.
 
Usai menyerahakan santunan anak yatim dan bantuan masjid serta kartu KIS, Syamsuar menyampaikan kata elu-eluannya. "Hari ini di Minas, ada empat kegiatan saya di sini, mulai dari penijauan Pondok Pesantren sampai pelantikan camat," katanya.
 
Sambungnya, agar Negeri ini mendapat Rahmad dari Allah SWT,  maka jangan ditinggalkan Al-qur'an. Para hafizh yang merecup di Siak dan berlomba-lombanya generasi muda cinta Al-quran, inilah nantinya yang melindungi Kabupaten Siak dari malapetaka.
 
Lanjutnya lagi, Gerakan cinta Al-quran ini, tidak hanya dilakukan pemerintah saja namun hal ini juga dari masyarakat dengan kesadaran sendiri.
 
Pada kesempatan itu, Syamsuar berpesan, mari ramaikan masjid. Jangan karena kesibukan menyambut Lebaran Idul Fitri, masjid jadi sepi. Kepada warga yang mudik, juga diminta untuk tetap pergi ke masjid di Kampung masing-masing. Sebagai penutup kegiatan itu, tausiah dari KH Tengku Zulkarnain.
Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bupati Suyatno Ekspose Potensi Wisata Rohil

    PEKANBARU, datariau.com - Bupati Rokan Hilir H Suyatno melakukan ekspose tentang potensi pariwisata Kabupaten Rokan Hilir di Gedung menara Bank Riau jalan Sudirman Peka
  • Tim Ghayak Langgam Juarai Pacu Sampan Sungai Kampar, Akan Jadi Event Tahunan

    TAMBANG, datariau.com - Bupati Kampar Azis Zaenal didampingi Ikatan Pemuda Palam Plaza dan disaksikan beberapa Kepala OPD serta masyarakat desa Tambang menye

  • Bupati Inhil Komit Lakukan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Terhadap Seluruh Jajaran

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan berkomitmen melakukan pencegahan tindak pidana korupsi terhadap seluruh jajarannya yang disampai
  • Pemkab Rohil Kembangkan Budidaya Ikan Patin dan Asuransi Nelayan

    ROHIL, datariau.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan panen raya ikan patin yang dikelola oleh Kelompok Koperasi Bina Usaha Bersama yang

  • Dihadiri Gubri, HUT Rohil Ke-18 Tahun 2017 Dimeriahkan dengan Berbagai Lomba

    ROHIL, datariau.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Rokan Hilir yang ke-18 Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir telah melakukan ber

  • Bupati Kampar Prihatin, Eks RSUD Lama Sudah Ditumbuhi Semak Belukar

    BANGKINANG KOTA Datariau.com - Bupati Kampar Azis Zaenal merasa prihatin dengan kondisi Eks RSUD Bangkinang yang ditinggalkan setelah pindah ke gedung baru.
    <
  • Melalui RRI, Bupati Kampar Himbau Masyarakat Riau Sukseskan Porprov IX 2017

    PEKANBARU Datariau - Selain Kesiapan Porprov ke-IX Riau, kami selaku tuan rumah juga mempersiapkan sarana Infrastruktur, Transportasi, Konsumsi Atlet hingga kenyamanan
  • KOMENTAR