Kamis, 14 Des 2017 / 25 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Ramadhan
  • Tidur Setelah Sahur, Siap-siap Diserang Penyakit Ini

Tidur Setelah Sahur, Siap-siap Diserang Penyakit Ini

Oleh: Angel Ningsih
Sabtu, 03 Jun 2017 23:15
view: 1.017
Ilustrasi

DATARIAU.COM - Jika tak ingin terkena beberapa penyakit ini, hindari tidur usai makan sahur. Setiap umat muslim wajib menunaikan ibadah pada pagi hingga menjelang magrib tiba.

Apabila adzan sudah berkumandang, maka disarankan untuk berbuka dengan yang manis-manis seperti buah kurma, takjil ataupun bubur dan minum air putih secukupnya agar bisa menetralisir pencernaan, dan tiba waktu subuh kita disunnahkan untuk makan sahur, karena dengan bersantap sahur bertujuan untuk memberi kekuatan untuk fisik saat menjalankan ibadah puasa, dimana tidak makan dan minum kurang lebih 12 jam.

Waktu makan sahur yang baik pada pukul 03:00 hingga menjelang waktu sholat subuh. Biasanya kebanyakan manusia, langsung melanjutkan rutinitas yaitu tidur usai sholat, namun ternyata ada beberapa penyakit yang muncul ketika perut sudah diisi langsung dibawa tidur.

Berikut beberapa penyakit yang akan ditimbulkan akibat kebiasaan tidur usai sahur atau usai shalat shubuh:

1. Penimbunan Lemak

Akibat langsung tidur sehabis makan sahur, sangat beresiko obesitas akan bertambah dua kali lipat, ditambah lagi dengan makanan yang digoreng akan memperburuk bagi kesehatan kita serta dapat menambah berat badan.

2. Asam Lambung Meningkat

Setiap makanan yang masuk ke tubuh kita, maka asam lambung akan meningkat, nah apabila kita langsung tidur makanan tidak tergiling dengan sempurna dan asam lambung akan mengiritasi dinding lambung secara perlahan, apalagi yang mempunyai sakit maag, terdapat di beberapa bagian di tubuh kita seperti sekitar ulu hati, perut kiri bagian atas, serta merasakan mual karena merasakan asam di bagian tenggorokan.

3. Gangguan Saluran Percernaan

Karena sebaiknya kita 2 jam setalah makan baru melanjutkan tidur, berbaring saat tidur dapat menghambat proses penggosokan lambung lebih cepat dan menimbulkan penyakit seperti diare ataupun sembelit dapat terjadi dalam waktu terdekat.

Nah, jika tidak ingin terkena beberapa penyakit di atas, maka hindarilah tidur usai bersantap sahur, sebaiknya anda melakukan olahraga ringan seperti berlari di sekeliling komplek atau pun langsung mandi dan melakukan rutinitas seperti bersiap bekerja, sekolah ataupun kuliah.

Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Kapolres Inhil Buka Puasa Bersama Dengan Insan Pers

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Kapolres Manurung SIK menggelar buka puasa bersama dengan insan pers, Rabu (21/6/17).
     
    Kegiatan buka puasa be
  • DPD LMR Riau Undang Bupati Harris, Gelar Buka Bersama Masyarakat Kampung Tualang

    TUALANG, datariau.com - Bupati Pelalawan H M Harris menghadiri acara buka puasa bersama sekaligus silaturahmi dengan masyarakat Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kab
  • Bicara Didepan Masyarakat Pusako, Ini Pesan Syamsuar..

    PUSAKO, datariau.com - Melanjutkan kegiatan Gemar (Gerakan Masyarakat) Siak Berzakat tahun 2017, kali ini Kecamatan Pusako ambil bagian dari 7 Kecamatan yang bergabu
  • Syamsuar: Kami Mengharapkan Disetiap Kecamatan Bisa Melahirkan Penghafal Al-quran

    PERAWANG, datariau.com - Saya bangga dengan Perawang, apa lagi banyaknya imam dimasjid ini yang bagus dan baik terhadap bacaan ayat yang mereka lantunkan. Untuk itu,
  • Peduli Yatim Piatu, Fakir Miskin Dan Kaum Duafa, DPD TK II, PAC Dan Ransus IPK se-Kabupaten Gelar Buka Bersama

    PERAWANG, datariau.com - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Tingkat II Kabupaten Siak beserta Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pemuda Karya (PAC IPK) dan
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg