Selasa, 12 Des 2017 / 23 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Ramadhan
  • Ustadz Abdul Somad Sampaikan Tausiah di Masjid Syahbuddin Siak, Sempena Acara Peringatan Malam Nuzul Qur'an

Ustadz Abdul Somad Sampaikan Tausiah di Masjid Syahbuddin Siak, Sempena Acara Peringatan Malam Nuzul Qur'an

Oleh: Hermansyah
Jumat, 16 Jun 2017 05:53
view: 1.450
Ist
Ustadz Abdul Somad saat memberikan tausiah, Rabu (14/6/2017).Di masjid Syahbuddin Siak, Sampena Peringatam Malam Nuzul Qur'an.
SIAK, datariau.com - Ustadz kondang asal Provinsi Riau, Ustaz Abdul Somad, Rabu (14/6/2017) malam, akhirnya menyampaikan tausiah di Masjid Syahbuddin Siak. Kedatangan Ustaz Abdul Somad ini sempena acara Peringatan Malam Nuzul Qur'an di masjid ini.
 
Ketua Masjid Syahbudin Usni Merza, saat memberikan kata sambutannya di hadapan ratusan para jamaah Masjid Syahbudi Kota Siak , mengatakan sudah lama dirinya ingin mengundang Ustadz Somad namun jadwal ceramah Ustadz Abdul Somad cukup padat. 
 
Berawal saat dirinya singgah makan di salah satu rumah makan di Kota Pekanbaru. Saat itu dia duduk berdekatan dengan Ustadz Somad, dia menyapa Ustadz kapan bisa datang di Masjid Sultan Siak, Ustadz menjawab tentukan saja waktunya saya akan datang ke Siak. 
 
"Setelah mendapat kabar dari Ustaz ditetapkan, beliau hadir memberi tausiah di hadapan kita," jelas Usni.
 
Ditambahkanya, meskipun lokasi acara sederhana namun antusias jamaah sangat tinggi untuk mendengarkan tausiah Ustadz kondang di Riau ini. Adapun tema yang disampaikan oleh Ustadz adalah "Menjadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup untuk Membentengi Diri Dari Pengaruh Teknologi, Informasi dan Globalisasi".
 
Di awal ceramah, Ustadz Abdul Somad menceritakan masjid yang bersejarah tersebut, Masjid Syahbuddin ini merupakan masjid tertua di Kabupaten Siak, masjid ini merupakan warisan dari Kesultanan Siak yang dibangun semasa kekuasaan Sultan Siak ke 12, Sultan Syarif Kasim II yang dibangun pada tahun 1826. Pada masanya masjid ini menjadi salah satu pusat pengkajian Islam terbesar di Asia Tenggara.
 
Ustadz Abdul Somad dalam isi tausiahnnya menyampaikan Alqur'an itu relevan dan menyesuaikan setiap waktu dan setiap keadaan, Serta senantiasa dapat menjadi pegangan hidup bagi Umat Muslim. Sesuai dengan tema tausiah yang disampaikan panitia. Ustadz menjelaskan kalau orang datang membawa suatu berita, yang dimana berita tersebut belum tahu kebenarannya maka wajib diklarifikasi. Sebab kalau tidak diklarifikasi akan ada orang yang dirugikan dan menyebabkan fitnah.
 
"Kalau ada orang beriman kemudian suka menyebar-nyebarberita yang dimana berita tersebut belum tau kebenaranya, Maka dia sudah ikut berkontribusi dalam menyebar kebatilan di muka bumi Allah SWT," ungkap Ustadz Abdul Somad.
 
Ustadz lulusan S2 Maroko ini juga menjelaskan untuk hati-hati mengunakan media sosial, karena siapa yang meninggalkan ucapan dusta, tipu atau bohong, tidak makan dan tidak minum, maka Allah SWT tidak memberikan pahala puasanya karena dia menyebarkan berita bohong. Ini merupakan pengertian dari hadist Rasulullah SAW.
 
Acara yang berlangsung meriah, penuh dinamika diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh Ustadz. Pada acara tersebut juga hadir Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Siak, Fauzi Asin, Camat Siak Aditya, tokoh masyarakat,  tokoh agama serta ratusan para jamaah Masjid Syahbuddin dan jamaah dari masjid sejumlah daerah yang dekat dengan Siak.
Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Kapolres Inhil Buka Puasa Bersama Dengan Insan Pers

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Kapolres Manurung SIK menggelar buka puasa bersama dengan insan pers, Rabu (21/6/17).
     
    Kegiatan buka puasa be
  • DPD LMR Riau Undang Bupati Harris, Gelar Buka Bersama Masyarakat Kampung Tualang

    TUALANG, datariau.com - Bupati Pelalawan H M Harris menghadiri acara buka puasa bersama sekaligus silaturahmi dengan masyarakat Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kab
  • Bicara Didepan Masyarakat Pusako, Ini Pesan Syamsuar..

    PUSAKO, datariau.com - Melanjutkan kegiatan Gemar (Gerakan Masyarakat) Siak Berzakat tahun 2017, kali ini Kecamatan Pusako ambil bagian dari 7 Kecamatan yang bergabu
  • Syamsuar: Kami Mengharapkan Disetiap Kecamatan Bisa Melahirkan Penghafal Al-quran

    PERAWANG, datariau.com - Saya bangga dengan Perawang, apa lagi banyaknya imam dimasjid ini yang bagus dan baik terhadap bacaan ayat yang mereka lantunkan. Untuk itu,
  • Peduli Yatim Piatu, Fakir Miskin Dan Kaum Duafa, DPD TK II, PAC Dan Ransus IPK se-Kabupaten Gelar Buka Bersama

    PERAWANG, datariau.com - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Tingkat II Kabupaten Siak beserta Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pemuda Karya (PAC IPK) dan
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg