Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Sosbud
  • Pacu Sampan Tradisional Lestarikan Budaya

Pacu Sampan Tradisional Lestarikan Budaya

Oleh: Hermansyah
Minggu, 13 Agu 2017 02:59
view: 420
Ist
Terlihat tim pacu sampan saat memacu sampanya.
SIAK, datariau.com - Wakil Bupati Siak Alfedri membuka secara resmi Lomba Dayung atau Pacu Sampan Tradisional di Turap Tepian Bandar Sungai Jantan (TPSJ), Sabtu (12/8/2017) petang. 
 
Turut hadir anggota DPRD Siak Sujarwo, Asisten III Jamaluddin, Pengurus PODSI Kabupaten Siak, dan perwakilan dari Polsek Siak. Lomba pacu sampan tersebut memperebutkan hadiah uang pembinaan dan tropi dari Camat Siak.
 
Pacu Sampan Tradisional yang diselenggarakan oleh Kecamatan Siak itu, di ikuti 28 tim yang terdiri dari 6 kecamatan antara lain Mempura, Siak, Sungai Apit, Bungaraya, Pusako dan Sungai Mandau.
 
Camat Siak Aditya Citra 'Smara mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat yang mengikuti lomba tersebut. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 tahun.
 
Aditya menyampaikan lomba tersebut berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 12-13 Agustus 2017. Dan sebelumnya, sudah dilaksanakan turnamen bulu tangkis yangdiikuti sebanyak 60 tim. Terdiri dari 8 kecamatan yang di juarai oleh kecamatan Dayun dan juara II dari tuan rumah Siak.
 
Selain itu, mantan Camat Lubuk Dalam itu mengatakan, pihaknya telah di undang untuk ikut berpartisipasi dalam Lomba Pacu Jalur di Taluk Kuantan. Oleh karena itu dirinya berharap setelah lomba ini ada salah satu tim yang ikut Pacu Jalur tersebut.
 
Sementara menurut Alfedri, kegiatan seperti ini adalah bagian dari rasa syukur Sempena Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Karenanya, ia mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, dan melanjutkan perjuangan Pahlawan dengan membangun Negeri Istana menjadi lebih baik lagi.
 
Kemudian sambung Alfedri, menjaga dan memajukan Negeri Istana ini yang dikenal sebagai Kota Pusaka menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera. Oleh karena itu, harusbanyak kegiatan yang dibuat untuk menarik minat wisatawan. Untuk itu partisipasi dari masyakarat sangat diharapkan, sehingga Siak semakin dikenal dan semakin banyak orang datang ke Siak.
 
Salah seorang peserta yang enggan disebut namanya, berharap Pacu Sampan Tradisional menjadi event yang diadakan setiap tahun. Karena kata dia, sampan yang biasa digunakan para Nelayan Sungai Siak ini bisa menarik wisatawan.
 
Tampak para pelancong berbaur dengan warga Siak untuk menyaksikan serunya Olahraga Tradisional itu. Mereka sangat terhibur dengan adanya lomba pacu sampan ini, karena bisa memperkenalkan masyarakat khususnya para anak-anak untuk mencintai budaya sendiri.
Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Sabu Lagi, Kali ini Satres Narkoba Polres Siak Ringkus Pemuda Diduga Pengedar Sabu di Dayun

    SIAK, datariau.com - Lagi-lagi narkotika jenis sabu-sabu, kali ini Satres Narkoba Polres Siak meringkus salah seorang pemuda, Senin (16/10/2017) sekira pukul 18.00 WIB.
  • Diduga Pembangunan Pasar Rakyat di Terminal Lama Tak Memiliki IPAL

    PERAWANG, datariau.com - Tahap pengerjaan proyek pembangunan Pasar Rakyat telah memasuki tahapan pengerjaan sebesar 50 persen, Senin (16/10/2017) sekira pukul 10.30 WIB
  • Curhat Pada Suami Orang

    DATARIAU.COM - Bolehkah seorang istri curhat pada suami orang, baik sewaki atau curhat?

    Yang jelas syari'at kita membentengi umatnya dari
  • Manhajus Salikin: Dalil Mani itu Suci

    DATARIAU.COM - Apakah mani itu suci, kali ini adalah kelanjutan dari bahasan Manhajus Salikin karya Syaikh As-Sadi.

    Syaikh 'Abdurrahman bi
  • Ribuan Masyarakat Ikuti Gerak Jalan Santai, Sempena Peringati HUT Kabupaten Siak Ke-XVIII

    SIAK, datariau.com - Sempena Hari jadi Kabupaten Siak Ke-XVIII (ke-18), ribuan masyarakat Kabupaten Siak tumpah ruah mengikuti gerak jalan santai dan pesta kuliner, Aha
  • Senam Kebugaran, Zumba Lovers Community Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Siak ke-XVIII

    SIAK, datariau.com - Dalam Rangka Sempena Memeriahkan Hari jadi Kabupaten Siak ke-XVIII (ke-18), berbagai kegiatan dilaksanakan di Kota Istana tersebut. Kali ini kegiat
  • Kampanye Akbar, Balon Penghulu Tuti Nomor Urut 2 Tommy Sampaikan Visi Misi

    TUALANG, datariau.com - Bakal calon Penghulu Tualang Timur nomor urut 2 periode 2017-2023 Tommy Wilham SE, Jum'at (13/10/2017) kemarin, menggelar kampanye akbar ya
  • KOMENTAR