Senin, 22 Jan 2018 / 5 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Sosbud
  • Pemerintah Sudah Lebaran, Kelompok Tarekat Syattariyah di Padang Sumbar Hari Ini Masih Puasa

Pemerintah Sudah Lebaran, Kelompok Tarekat Syattariyah di Padang Sumbar Hari Ini Masih Puasa

Minggu, 25 Jun 2017 12:24
view: 994
Ilustrasi

PADANG, datariau.com - Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1438 Hijriyah jatuh pada hari ini, Ahad (25/6/2017). Namun, jamaah Tarekat Syattariyah di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, sampai hari ini mereka masih menunaikan ibadah puasa.

“Hari ini kita masih puasa hanya sebagian kecil di Kabupaten Padang Pariaman ini yang sudah merayakan Idul Fitri, sedangkan jamaah Tarekat Sayattariyah belum merayakan,” ujar ulama Tarekat Syattariyah Kayu, Tanam Padang Pariaman, Tuanku Imam Sidi, Ahad (25/6/2017).

Rencananya nanti para ulama Syattariyah ini akan berkumpul di Masjid Ulakan Tapakis untuk melakukan tradisi menilik bulan sekira pukul 18.00 WIB. “Nanti sore kita seluruh ulama Syattariyah akan melakukan tradisi maniliak (menilik) bulan di pantai Ulakan,” sambungnya.

Biasanya menilik bulan ini dilakukan saat menjelang magrib. Para ulama dan warga pengikut terekat ini akan bersama-sama melihat bulan dengan mata telanjang tidak memakai alat teropong seperti yang dilakukan pemerintah saat ini.

“Kita melihat bulan secara kasat mata saja tidak memakai peralatan apa-apa, kalau nanti sore itu bulan sabitnya terlihat nanti setelah sembayang Isha akan dilanjutkan sidang isbat oleh para ulama, tujuannya untuk memutuskan kapan Hari Raya Idul Fitri,” terangnya.

Tuanku menambahkan, jika nanti sore itu nampak bulan di ufuk barat sudah dipastikan besok jamaah ini akan Lebaran. “Tapi kalau tidak nampak bulannya maka Lebaran akan diputuskan jatuh pada hari Selasa.”

“Pengikut Tarekat Syattariyah di tempat kita ini ada 70 persen dari jumlah warga, baru 30 persen yang merayakan Idul Fitri hari ini,” sambungnya.

Editor: Riki

Sumber: Sindonews.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Putra Pertama Pimpinan PT KGP Air Molek Khitanan, Acara Dilgelar di Gedung Buana Sakti

    RENGAT, datariau.com - Dalam melaksanakan kewajiban sebagai muslim, Pimpinan PT Kerta Gaya Pusaka (KGP) Air Molek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu melaks

  • Mitra PT Arminareka Perdana Rohil Santuni Panti Asuhan

    BAGANSIAPIAPI, datariau.com - Mitra PT Arminareka Perdana Rohil melakukan kegiatan penyantunan anak yatim piatu di Pondok Panti Asuhan Al Asasiyah dan Pondok

  • 1.323 PPDP Se-Kabupaten Kampar Ikuti Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih

    BANGKINANG, datariau.com - Sebanyak 1.323 orang Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, se-Kabupaten Kampar mengikuti
  • 72 Panwaslu Kelurahan Se-Kota Pekanbaru Dilantik

    PEKANBARU, datariau.com - Untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018, Panwaslu Kota Pekanbaru melalui Panwaslu Kecamatan, melakukan seleksi r

  • PWI Dumai Dirikan Koperasi

    DUMAI, datariau.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kota Dumai Kambali mendorong anggota untuk mandiri dalam berorganisasi dan meningkatkan kesejahteraa

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto