Kamis, 18 Jan 2018 / 1 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Sosbud
  • Ratusan Warga Bonai Antusias Nonton Bareng Film Penghianatan G30S PKI

Ratusan Warga Bonai Antusias Nonton Bareng Film Penghianatan G30S PKI

Oleh: Deddy
Kamis, 28 Sep 2017 14:39
view: 670
Deddy
BONAI DARUSSALAM, datariau.com - Ratusan warga Bonai Darussalam kabupaten Rokan Hulu (Rohul) antusias menyaksikan pemutaran film penghianatan G30S PKI yang digelar oleh pihak Koramil 10 Kutodarussalam dengan pemerintah desa Sontang, Rabu (28/9/2017) malam.
 
Pemutaran film ini bertujuan untuk menambah pengetahuan sejarah, sekaligus mengingatkan generasi muda akan bahaya kominisme yang bertentangan dengan idiologi Pancasila.
 
Meski digelar sederhana di bawah perkebunan sawit, warga desa sontang kecamatan Bonai Darussalam kabupaten Rokan Hulu antusias menyaksikan pemutaran film Gerakan 30 September PKI itu.
 
Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama antara Koramil 10 Kuntodarussalam dengan pihak pemerintah desa setempat, serta didukung oleh seluruh elemen masyarkat.
 
Pjs Danramil 10 Kuntodarusalam, Pelda  Sitepu mengatakan, pemutaran film ini sesuai intruksi dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sebab kegiatan ini dianggap penting bagi generasi muda sekarang untuk mengetahui sejarah Indonesia di masa lalu, salah satunya soal sejarah Partai Komunis Indonesia yang dikemas dalam film pengkhianatan G30S PKI.
 
Selain itu, melalui pemutaran film ini, TNI, kata Pelda Sitepu tidak bermaksud untuk mendiskreditkan siapa yang salah, namun memberi gambaran jangan sampai peristiwa yang pahit dan hitam tersebut terulang kembali.
 
Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Sontang Zulfahrianto, dirinya mengajak masyarakat untuk selalu aktif dan waspada terhadap adanya faham-faham laten kominis yang masuk ke lingkungan masyarakat.
 
"Motivasi kita menggelar nobar ini, tak lain untuk mengingatkan kembali kepada warga, sejarah kekejaman PKI yang berulang kali melakukan penghianatan kepada Indonesia," ungkapnya.
Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • 1.323 PPDP Se-Kabupaten Kampar Ikuti Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih

    BANGKINANG, datariau.com - Sebanyak 1.323 orang Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, se-Kabupaten Kampar mengikuti
  • 72 Panwaslu Kelurahan Se-Kota Pekanbaru Dilantik

    PEKANBARU, datariau.com - Untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018, Panwaslu Kota Pekanbaru melalui Panwaslu Kecamatan, melakukan seleksi r

  • PWI Dumai Dirikan Koperasi

    DUMAI, datariau.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kota Dumai Kambali mendorong anggota untuk mandiri dalam berorganisasi dan meningkatkan kesejahteraa

  • Pengurus PKDP Meranti Dikukuhkan, Dua Pejabat Tinggi di Pariaman Menaruh Harapan ke Bupati Irwan

    SELATPANJANG, datariau.com - Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (DPD PKDP) Kepulauan Meranti resmi dilantik dan dikukuhkan pada
  • Ingin Pilgub Berjalan Santun dan Berpantun, Ini yang Dilakukan LAM Riau..

    PEKANBARU, datariau.com - Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Riau ikut andil dalam menyukseskan Pilgub Riau 2018. LAM ingin agar Pilgub Riau nantinya berjala

  • KOMENTAR
    Polling

    Pilih Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2019-2024 Idola Anda
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto