Sabtu, 16 Des 2017 / 27 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Wisata
  • Bukit Panenjoan, Spot Foto Instagram di Geopark Ciletuh

Bukit Panenjoan, Spot Foto Instagram di Geopark Ciletuh

Senin, 07 Agu 2017 06:46
view: 701

SUKABUMI, datariau.com - Bukit Panenjoan di Kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu wajib kamu kunjungi saat weekend. Pemandangan alam dari sana dijamin memanjakan mata wisatawan.

Dari Bukit Panenjoan, wisatawan bisa melihat keindahan alam dan seluruh komposisi Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu yang terdiri dari tebing, laut, pantai, hutan, air terjun, perumahan dan persawahan.

Bukit Panenjoan ini terlihat layaknya sebuah mega amfiteater alam yang menampilkan pertunjukan menakjubkan. Secara morfologi Bukit Panenjoan ini berbentuk seperti tapal kuda dan mirip sebuah mangkuk.

Dari Bukit Panenjoan ini kamu bisa melihat tiga desa yaitu Desa Ciwaru, Desa Mandra Jaya dan Desa Mekar Sakti. Alam nan asri dan udara sejuk yang ditawarkan tempat ini membuat setiap pengunjung betah.

Bukit Panenjoan sendiri berarti tempat untuk melihat dalam bahasa Sunda. Tempat ini sangat pas untuk menikmati alam Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Tak ayal spot ini menjadi yang populer di Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu.

Selain menyajikan pemandangan alam menakjubkan, wisatawan juga dimanjakan dengan fasilitas yang cukum memadai seperti warung, mushola dan tempat parkir. Termasuk saung untuk bersantai.

Memasuki Bukit Panenjoan gratis, karena belum dikelola resmi oleh pemerintah, hanya saja kamu perlu membayar parkir jika membawa kendaraan berupa motor Rp 3.000 dan mobil sebesar Rp 5.000.

Secara administrasi, Bukit Panenjoan berada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu atau tepatnya di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tempat ini merupakan salah satu spot wisata.

Rute menuju Bukit Panenjoan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu

Menuju Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu bisa menggunakan mobil/motor. Jika dari Bandung, waktu yang harus ditempuh sekitar 8 jam. Akses jalan menuju kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu saat ini sudah semakin baik seiring pembangunan.

Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu jika berangkat dari Bandung:: Bandung - Padalarang - Cipatat - Cianjur - Sukabumi - Jalan Palabuhan - Jalan Waluran - Tamanjaya - Geopark Ciletuh.

Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya mengarahkan kendaraan menuju kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Bukit Panenjoan berada di pinggir jalan sebelah kanan berhadapan dengan kantor PAPSI.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Detik.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Bengkel Seni Rantau Kampar Kiri Gelar Festival Equator

    KAMPARKIRI, datariau.com - Kampar Kiri kembali menggelar festival equator yang ditaja oleh Bengkel Seni Rantau. Festival ini bertujuan agar masyarakat lebih

  • Hutan Lindung Kuansing Jadi Tempat Rekreasi

    TELUK KUANTAN, datariau.com - Hutan lindung yang akan segera dibuka di desa Tanjung Pauh, kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing jarak tempuhnya kurang

  • Penutupan Festival Budaya Melayu Riau Tahun 2017 Berlangsung Khidmat

    PEKANBARU, datariau.com - Setelah sukses melaksanakan serangkaian acara Festival Budaya Melayu beberapa waktu lalu, malam tadi, Rabu (29/11/2017) Laman Bujan

  • Liburan Akhir Tahun di Natuna, Wisatawan Dimanjakan dengan Kekayaan Wisata

    NATUNA, datariau.com - Banyaknya kekayaan Wisata Natuna akan membuat wisatawan-wisatawan domestik maupun luar negeri yang bekunjung di Natuna akan terpuaskan

  • Atraksi Bakar Tongkang Rohil Juara Pertama Penganugerahan Saptapesona Indonesia 2017

    ROHIL, datariau.com - Kabupaten Rokan Hilir di Atraksi Wisata Budaya Bakar Tongkang menyabet prediket Juara Pertama pada malam Penganugerahan Pesona Indonesi

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg