Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Wisata
  • Kekayaan yang Tersembunyi di Pantai Rangsang Pesisir Meranti

Kekayaan yang Tersembunyi di Pantai Rangsang Pesisir Meranti

Oleh: Liawati
Selasa, 16 Mei 2017 21:00
view: 1428
Liawati
Pantai Rangsang Pesisir Meranti.

MERANTI, datariau.com - Pantai adalah dataran yang memisahkan antara pulau dan laut. Biasanya di daerah pantai identik dengan pasir, mangrove, kayu ara, bebatuan, dan pohon kelapa yang tampak menarik dan indah sehingga banyak dikunjungi oleh orang-orang maupun dimanfaatkan oleh manusia untuk mencari makan.

Diantaranya manfaat pantai ialah sebagai tempat wisata, tempat pencaharian masyarakat di berbagai bidang sektor peternakan, perkebunan, dan pemasaran, sebagai tempat liburan, dan lain-lain.

Di kecamatan Rangsang Pesisir yang beribu kota kecamatan desa Sonde terdapat pantai yang bernama pantai Paus dan pantai Pesona. Kedua pantai ini diresmikan oleh Perwakilan Dinas Pariwisata kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2017 yang bertepatan pada hari pergantian tahun.



Pantai ini terletak di Sungai Rangsang kecamatan Rangsang Pesisir desa Sonde dan desa Tanah Merah. Selain sebagai tempat rekreasi, pantai yang berada di daerah pesisir ini merupakan sumber penghasilan masyarakat setempat dalam memenuhi kebutuhan hidup dari pangan.

Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai sangat mengandalkan hasil dari pencaharian di pantai. Banyak aktivitas masyarakat di pantai ini yakni nelayan, pengrajinan souvenir dari cankang siput dan kulit kerang, para nelayan kecil dan masyarakat menangkap makanan dari pantai berupa ikan, udang, mentarang, makohe/rama-rama, siput, kerang, kijing, sepepet, udang pepai, dan lain sebagainya.



Cara penangkapan ikan dan udang termasuk udang pepai dengan cara melangin menggunakan jaring pukat, sedangkan kerang, siput, makohe, ditangkap tanpa menggunakan jaring melainkan menggunakan tangan saja.

Dari hasil penangkapan masyarat itu sendiri maupun nelayan tersebut bisa dijual dan juga dibawa pulang sebagai lauk-pauknya.

Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Wisata Terbaru
  • Bupati Suyatno Ekspose Potensi Wisata Rohil
  • 14 Oktober 2017,Ada Nongsa Carnival di Batam
  • Bupati Kampar Akan Kembalikan Stanum Sebagai Ikon Bangkinang Kota
  • Inilah Destinasi Wisata di Indonesia Jadi Lokasi Syuting Film-film Terbaik
  • Berburu Emas Sultan di Aceh
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Pemkab Rohil Kembangkan Budidaya Ikan Patin dan Asuransi Nelayan

    ROHIL, datariau.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan panen raya ikan patin yang dikelola oleh Kelompok Koperasi Bina Usaha Bersama yang

  • Jatuh ke Laut, Nelayan di Rohil Mengapung Tak Bernyawa

    ROHIL, datariau.com - Penemuan mayat Baharuddin (56) seorang nelayan yang sebelumnya jatuh ke laut, Sabtu 07 Oktober 2017, kondisinya mengapung tak bernyawa. Korban dit
  • Seorang Nelayan Di Bacok Dengan Parang Hingga Terkapar

    TEMBILAHAN, Datariau.com -Belum diketahui apanya penyebab seorang nelayan bernama Sam (49), warga Pasar Belaras, Desa Belaras, Kecamatan Mandah, Kabupaten Inhil, mem
  • Bias Tugel, Pantai Eksotis nan Tersembunyi di Padang Bai

    BALI, datariau.com - Padang Bai adalah nama pelabuhan yang terletak di sebelah timur Bali. Tak banyak wisatawan yang tahu, ada "surga tersembunyi" di Padang Bai.

    "Sur
  • Hanya Pemda Kabupaten Siak yang Dapatkan Bantuan Rusunawa dan Rumah Khusus Nelayan

    SIAK, datariau.com - Perjuangan Pemerintah Kabupaten Siak dalam hal ini dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tata Ruang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Tarukim/Perkim)
  • Wisata Aceh, Nikmati Senja di Pantai Ulee Lheu, Lihat Matahari Tenggelam di Barat Indonesia

    DATARIAU.COM - Menikmati dan mengabadikan momen matahari tenggelam (sunset) bisa menjadi pilihan menyenangkan menghabiskan sore.

    Jika sedang melancong ke Banda Aceh,
  • Pesona Pantai Punagaan di Pagi Hari

    SELAYAR, datariau.com - Menggambarkan keindahan pantai memang tak ada habisnya. Seperti keindahan Pantai Punagaan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Se

  • KOMENTAR