Selasa, 27 Jun 2017 / 2 Syawal 1438
  • Home
  • Wisata
  • Kekayaan yang Tersembunyi di Pantai Rangsang Pesisir Meranti

Kekayaan yang Tersembunyi di Pantai Rangsang Pesisir Meranti

Oleh: Liawati
Selasa, 16 Mei 2017 21:00
view: 1146
Liawati
Pantai Rangsang Pesisir Meranti.

MERANTI, datariau.com - Pantai adalah dataran yang memisahkan antara pulau dan laut. Biasanya di daerah pantai identik dengan pasir, mangrove, kayu ara, bebatuan, dan pohon kelapa yang tampak menarik dan indah sehingga banyak dikunjungi oleh orang-orang maupun dimanfaatkan oleh manusia untuk mencari makan.

Diantaranya manfaat pantai ialah sebagai tempat wisata, tempat pencaharian masyarakat di berbagai bidang sektor peternakan, perkebunan, dan pemasaran, sebagai tempat liburan, dan lain-lain.

Di kecamatan Rangsang Pesisir yang beribu kota kecamatan desa Sonde terdapat pantai yang bernama pantai Paus dan pantai Pesona. Kedua pantai ini diresmikan oleh Perwakilan Dinas Pariwisata kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2017 yang bertepatan pada hari pergantian tahun.



Pantai ini terletak di Sungai Rangsang kecamatan Rangsang Pesisir desa Sonde dan desa Tanah Merah. Selain sebagai tempat rekreasi, pantai yang berada di daerah pesisir ini merupakan sumber penghasilan masyarakat setempat dalam memenuhi kebutuhan hidup dari pangan.

Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai sangat mengandalkan hasil dari pencaharian di pantai. Banyak aktivitas masyarakat di pantai ini yakni nelayan, pengrajinan souvenir dari cankang siput dan kulit kerang, para nelayan kecil dan masyarakat menangkap makanan dari pantai berupa ikan, udang, mentarang, makohe/rama-rama, siput, kerang, kijing, sepepet, udang pepai, dan lain sebagainya.



Cara penangkapan ikan dan udang termasuk udang pepai dengan cara melangin menggunakan jaring pukat, sedangkan kerang, siput, makohe, ditangkap tanpa menggunakan jaring melainkan menggunakan tangan saja.

Dari hasil penangkapan masyarat itu sendiri maupun nelayan tersebut bisa dijual dan juga dibawa pulang sebagai lauk-pauknya.

Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kekayaan yang Tersembunyi di Pantai Rangsang Pesisir Meranti

    MERANTI, datariau.com - Pantai adalah dataran yang memisahkan antara pulau dan laut. Biasanya di daerah pantai identik dengan pasir, mangrove, kayu ara, beba

  • Perompakan Satu Unit Pompong di Perairan Sungai Jepun, Satu Orang Hilang

    TEMBILAHAN, datariau.com - Telah terjadi Curas/Perompakan terhadap satu unit pompong di perairan tanjung camar sungai jepon kelurahan seberang tembilahan,
  • Terjatuh ke Laut, Pelangsir Ikan di Panipahan Rohil Ditemukan Tidak Bernyawa

    PALIKA, datariau.com - Seorang pekerja yang sedang melansir ikan terjatuh ke dalam laut dan tenggelam, akhirnya ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

  • Menjaring Ikan di Perairan Bengkalis, Ayah dan Anak Tenggelam Ditemukan Tidak Bernyawa

    BENGKALIS, datariau.com - Dua korban ayah dan anak, Hanafi (27), Haikal (7) tenggelam dan dan dinyatakan hilang di Perairan Selat Bengkalis, Desa Pangkalan B

  • Simpan Narkoba, Seorang Nelayan di Panipahan Rohil Diangkut Polisi

    PANIPAHAN, datariau.com - Tim Opsnal Polsek Panipahan mengungkap kasus narkoba jenis sahbu-sahbu, Rabu (1/3/3/2017) sekira pukul 22.00 WIB di Jalan Cempaka RT01/RW 02 K
  • Gelombang Laut Tinggi, Nelayan di Meranti Sudah 3 Hari Tidak Melaut

    RANGSANG PESISIR, datariau.com - Cuaca buruk membuat aktivitas melaut para nelayan di Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, tergan

  • Masjid Ukhuwatul Islam Bali, Tempat Singgah Favorit Wisatawan Muslim dekat Pantai Lovina

    SINGARAJA, datariau.com - Wisatawan Muslim dari baerbagai daerah yang berkunjung ke pulau Bali untuk menikmati keindahan pantai dan alam, yang lewat jalur ut

  • KOMENTAR