Sabtu, 16 Des 2017 / 27 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Wisata
  • Kekayaan yang Tersembunyi di Pantai Rangsang Pesisir Meranti

Kekayaan yang Tersembunyi di Pantai Rangsang Pesisir Meranti

Oleh: Liawati
Selasa, 16 Mei 2017 21:00
view: 1.565
Liawati
Pantai Rangsang Pesisir Meranti.

MERANTI, datariau.com - Pantai adalah dataran yang memisahkan antara pulau dan laut. Biasanya di daerah pantai identik dengan pasir, mangrove, kayu ara, bebatuan, dan pohon kelapa yang tampak menarik dan indah sehingga banyak dikunjungi oleh orang-orang maupun dimanfaatkan oleh manusia untuk mencari makan.

Diantaranya manfaat pantai ialah sebagai tempat wisata, tempat pencaharian masyarakat di berbagai bidang sektor peternakan, perkebunan, dan pemasaran, sebagai tempat liburan, dan lain-lain.

Di kecamatan Rangsang Pesisir yang beribu kota kecamatan desa Sonde terdapat pantai yang bernama pantai Paus dan pantai Pesona. Kedua pantai ini diresmikan oleh Perwakilan Dinas Pariwisata kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2017 yang bertepatan pada hari pergantian tahun.



Pantai ini terletak di Sungai Rangsang kecamatan Rangsang Pesisir desa Sonde dan desa Tanah Merah. Selain sebagai tempat rekreasi, pantai yang berada di daerah pesisir ini merupakan sumber penghasilan masyarakat setempat dalam memenuhi kebutuhan hidup dari pangan.

Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai sangat mengandalkan hasil dari pencaharian di pantai. Banyak aktivitas masyarakat di pantai ini yakni nelayan, pengrajinan souvenir dari cankang siput dan kulit kerang, para nelayan kecil dan masyarakat menangkap makanan dari pantai berupa ikan, udang, mentarang, makohe/rama-rama, siput, kerang, kijing, sepepet, udang pepai, dan lain sebagainya.



Cara penangkapan ikan dan udang termasuk udang pepai dengan cara melangin menggunakan jaring pukat, sedangkan kerang, siput, makohe, ditangkap tanpa menggunakan jaring melainkan menggunakan tangan saja.

Dari hasil penangkapan masyarat itu sendiri maupun nelayan tersebut bisa dijual dan juga dibawa pulang sebagai lauk-pauknya.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Bengkel Seni Rantau Kampar Kiri Gelar Festival Equator

    KAMPARKIRI, datariau.com - Kampar Kiri kembali menggelar festival equator yang ditaja oleh Bengkel Seni Rantau. Festival ini bertujuan agar masyarakat lebih

  • Hutan Lindung Kuansing Jadi Tempat Rekreasi

    TELUK KUANTAN, datariau.com - Hutan lindung yang akan segera dibuka di desa Tanjung Pauh, kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing jarak tempuhnya kurang

  • Penutupan Festival Budaya Melayu Riau Tahun 2017 Berlangsung Khidmat

    PEKANBARU, datariau.com - Setelah sukses melaksanakan serangkaian acara Festival Budaya Melayu beberapa waktu lalu, malam tadi, Rabu (29/11/2017) Laman Bujan

  • Liburan Akhir Tahun di Natuna, Wisatawan Dimanjakan dengan Kekayaan Wisata

    NATUNA, datariau.com - Banyaknya kekayaan Wisata Natuna akan membuat wisatawan-wisatawan domestik maupun luar negeri yang bekunjung di Natuna akan terpuaskan

  • Atraksi Bakar Tongkang Rohil Juara Pertama Penganugerahan Saptapesona Indonesia 2017

    ROHIL, datariau.com - Kabupaten Rokan Hilir di Atraksi Wisata Budaya Bakar Tongkang menyabet prediket Juara Pertama pada malam Penganugerahan Pesona Indonesi

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg