Jumat, 21 Jul 2017 / 26 Syawal 1438
  • Home
  • Wisata
  • Masjid Ukhuwatul Islam Bali, Tempat Singgah Favorit Wisatawan Muslim dekat Pantai Lovina

Masjid Ukhuwatul Islam Bali, Tempat Singgah Favorit Wisatawan Muslim dekat Pantai Lovina

Minggu, 05 Feb 2017 07:01
view: 1257
Masjid Ukhuwatul Islam Bali.

SINGARAJA, datariau.com - Wisatawan Muslim dari baerbagai daerah yang berkunjung ke pulau Bali untuk menikmati keindahan pantai dan alam, yang lewat jalur utara menuju Singaraja, sekarang tidak perlu was-was lagi ketika ingin menunaikan sholat lima waktu, khususnya sholat Subuh.

Di daerah Bunut, Panggang, Kaliasem Lovina ada sebuah Masjid yang bernama Ukhuwatul Islam. Masjid ini dibangun dan dikelola oleh suku Bugis. Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 120 meter persegi dengan ukuran bangunan 15m x 15m ini tempatnya sangat strategis di pinggir jalan menuju kota Singaraja.

Masjid yang dibangun tahun 1963 ini pernah roboh tahun 1976 terkena gempa akibat gunung Agung meletus, kemudian dibangun kembali. Masjid ini mengalami dua kali direnovasi yaitu tahun 2007 dan 2009.

Masjid Ukhuwatul Islam ramai disinggahi para wisatawan muslim khususnya dari Jawa karena memang jaraknya berada di tengah-tengah antara Bedugul dan Singaraja.

Masjid Ukhuwatul Islam ini adalah satu-satunya masjid di kawasan wisata Lovina dan jarak antara masjid yang ada jalur Bedugul-Singaraja ya Masjid Ukhuwatul Islam Lovina,” cerita Hadi, sekretaris Takmir Ukhuwatul Islam dikutip Fokus Islam yang singgah dan mengikuti perjalanan Safari Dakwah di Bali, 28 Januari 2017 lalu.

Di hari-hari libur sekolah dan libur akhir tahun, khususnya bulan Juli dan Desember, banyak wisatawan muslim yang singgah di masjid ini. Biasanya di waktu menjelang Subuh sekitar pukul 03.30 WITA hingga pukul 08.00 WITA.

“Wisatawan muslim ini mulai jam 03.30 WITA sudah singgah di masjid sambil istirahat sekalian menunaikan sholat Subuh kemudian bisa dilanjut melihat lumba-lumba di kawasan pantai Lovina. Memang kemunculan lumba-lumba ini di pagi hari,” kata Hadi menjelaskan.

Salah seorang wisatawan asal Jawa, Muhammad, merasa senang dengan keberadaan masjid ini. “Rasanya menentramkan hati bisa menunaikan sholat Subuh di Masjid Ukhuwatul Islam Lovina ini di pulau Bali yang penduduknya mayoritas Hindu, otomatis pula keberadaan masjid sangat sedikit. Alhamdulillah bisa berjumpa dengan masjid ini,” kata Muhammad, wisatawan muslim asal Bojonegoro.

Lovina Dikelola Muslim

Pantai Lovina atau Lovina terletak sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja, ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bali Utara. Wisatawan baik asing maupun lokal banyak yang berkunjung ke tempat ini.

Selain untuk melihat pantainya yang masih alami, juga untuk melihat lumba-lumba yang banyak terdapat di pantai ini. Dengan menyewa perahu nelayan setempat, para wisatawan dapat melihat lumba-lumba dari dekat.

Untuk bisa melihat lumba-lumba dari dekat wisatawan dikenai biaya naik perahu perorang antara Rp100.000 sampai Rp200.000. Wisata Lovina ini dikembangkan oleh nelayan warga muslim suku Bugis sejak tahun 1979.

“Alhamdulillah setelah wisata Lovina ini dibuka dan dikembangkan sejak tahun 1979 sangat membantu perekonomian nelayan, sehingga nelayan tidak lagi menggantungkan hasil tangkapan ikan saja,” kata Hadi yang juga sebagai katua UMKM.

Editor: Adi

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Diduga Terlibat Membunuh Prajurit TNI, Anak Anggota DPRD Ini Tersangka

    DENPASAR, datariau.com - Seorang anak remaja anggota DPRD Bali menjadi salah satu tersangka pembunuhan anggota TNI. Polisi akan tetap mengusut tersangka ters

  • Hendak Berlibur,Seorang Anak Remaja Bengkalis Tewas Tenggelam di Pantai Indah Selatbaru

    Bengkalis, Datariau.com - Pantai Indah Selatbaru Desa Selatbaru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis telah menelan seorang korban anak remaja yang bernama Akmal Guna
  • Orangtua Lalai Saat Melihat Binatang Siamang, Jari Balita Putus

    BLITAR, datariau.com - Seorang balita, pengunjung Taman Rakyat Kebon Rojo Kota Blitar, terpaksa dibawa ke RS Budi Rahayu untuk mendapat penanganan medis. Jem

  • Lalai Diawasi Orangtua, Gadis Kecil Terlindas Sedan Saat Antri di SPBU

    CIREBON, datariau.com - Keselamatan anak tentu menjadi tanggung jawab orangtua. Oleh karena itu, orangtua yang mempunyai anak berusia di bawah umur sudah seharusnya
  • Memburu Teman yang Mengawal Mulyadi Saat Menusuk Anggota Brimob di Dalam Masjid Falatehan

    JAKARTA, datariau.com - Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan terlihat hadir di lokasi penusukan dua anggota Brimob di dekat Masjid Falatehan, Jaksel. Sebel

  • Begini Aktivitas Ibadah di Masjid Falatehan Pasca Aksi Penusukan Anggota Brimob

    JAKARTA, datariau.com - Peristiwa penusukan dua anggota Brimob Mabes Polri menyisakan beberapa trauma bagi beberapa orang yang biasa salat di Masjid Falateha

  • Makna Thaghut yang Diteriakkan Pelaku Penyerangan Brimob di Masjid Falatehan

    JAKARTA, datariau.com - Salah satu kenikmatan shalat berjemaah adalah silaturahmi yang terjadi sesama jamaah. Begitu damai dan menyejukkan hati. Itulah salah

  • KOMENTAR