Kamis, 27 Apr 2017 / 30 Rejab 1438
  • Home
  • Wisata
  • Unik, Ada Hutan Pohon Seribu Kaki di Air Hitam Seluas 1 Hektare

Unik, Ada Hutan Pohon Seribu Kaki di Air Hitam Seluas 1 Hektare

Oleh: Sobri Hamdani
Selasa, 03 Jan 2017 08:27
view: 291
Sobri Hamdani
Hutan pohon seribu kaki di Air Hitam sangat indah.

SAROLANGUN, datariau.com - Pohon seribu kaki, inilah nama yang terpopuler untuk pohon unik yang satu ini. Keberadaan pohon unik nan indah ini ditemukan di Desa Baru kecamatan Air Hitam, Provinsi Jambi.

Saat wartawan melakukan kunjungan ke lokasi pohon unik ini, Ahad (18/12/2016) lalu, tepatnya di RT03 berhasil melihat langsung pohon seribu kaki. Didampingi langsung oleh Tokoh Masarakat Desa Baru Tuk Mael, wartawan dibimbing menuju tempat pohon ini tumbuh.

Hanya membutukan waktu 10 menit dengan berjalan kaki, kami sudah sampai ke lokasi dimana pohon unik ini berdiri. Sepintas lalu memang tidak ada yang istimewa dengan pohon ini, namun setelah kami berada di bawah pohon yang ukurannya sekitar 2meter ini, memang terdapat keunikan pada sisi dahan pohon ini.

Hampir setiap pertengahan dahan pohon ini memiliki penyanga yang menancap ke dasar tanah dengan ukuran rata-rata sebesar paha orang dewasa. Mungkin inilah alasan mengapa pohon ini dinamakan pohon seribu kaki, karena memiliki banyak dahan yang menancap ke tanah.

Pohon unik ini tumbuh di lahan seluas 1 hektar. Uniknya lagi, di bawah pohon ini terdapat tujuh mata air yang airnya panas, dengan suhu yang cukup untuk mematangkan telur ayam jika direndam.

Menurut Tuk Mael, pada sisi kolam ketiga terdapat lintah berukuran besar mencapai 40 cm dan pada sisi pingir kolam ini terdapat lumpur yang unik pula. Lumpur ini apabila dioleskan ke angota tubuh dan didibiarkan hingga kering akan hilang sendiri tanpa meninggalkan bekas seperti lumpur biasa lainnya.

Di lokasi ini, jelas Tuk Mael, dulunya sebelum ada pembangunan jalan besar, ketika masih sangat asri, terdapat ular besar, namun saat ini sudah tidak ada lagi. Hutan kayu seribu kaki ini juga pernah dilanda banjir dan kemarau panjang, namun masih tetap subur dan tumbuh berkembang menjadi indah.

Bagaimana, berminatkah anda untuk mengunjunginya? Tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan makhluk dan tumbuhan di atas bumi ini. Semua yang terjadi atas kehendak-Nya.

Editor: Adi

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Mobil Penjual Dukuh Hampir Ditimpa Pohon Tumbang di Depan SMA YLPI Marpoyan Pekanbaru

    PEKANBARU, datariau.com - Salah satu pohon penghijauan pinggir jalan tumbang di depan SMA YLPI Pekanbaru, Jalan Kharudin Nasution, Marpoyan Damai, Pekanbaru,

  • Deteksi Kanker Sangat Mudah, Cukup pakai Air Liur

    JAKARTA, datariau.com - Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya di dunia. Banyak orang yang meninggal akibat terkena penyakit ini.

  • Bocah 9 Tahun Tertimpa Pohon hingga Meninggal Dunia

    BULELENG, datariau.com - Nasib malang menimpa bocah SD bernama Komang Yulia Verayanti (9) tewas seketika tertimpa pohon saat mandi di  Dusun Dangin Marg

  • Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Praktek Menjadi Jurnalis yang Baik

    PEKANBARU, datariau.com - Workshop desain media cetak yang diadakan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Neger

  • Bocah 8 Tahun Ini Bisa Nyetir Usai Nonton Tutorial di YouTube

    JAKARTA, datariau.com - Untuk bisa memperoleh pengetahuan dan edukasi, orang kini tak lagi terpaku pada buku. Lewat video tutorial di YouTube, netizen bisa l

  • Mengagumkan, Inilah Senjata Rahasia Agen Mata-mata Inggris di Perang Dunia II

    DATARIAU.COM - Sejumlah persenjataan gaya James Bond yang digunakan oleh para agen rahasia Perang Dunia II telah muncul lebih dari 70 tahun yang lalu. Perala

  • Ditemukan Ikan Patin Raksasa Mengapung di Danau PLTA Koto Panjang Kampar

    XIII KOTO KAMPAR, datariau.com - Seorang nelayan di kawasan Danau PLTA Koto Panjang Kecamatan XIII Koto Kampar berhasil menangkap ikan patin raksasa seberat

  • KOMENTAR
    PERMASI