Jumat, 19 Jan 2018 / 2 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Wisata
  • Unik, Ada Hutan Pohon Seribu Kaki di Air Hitam Seluas 1 Hektare

Unik, Ada Hutan Pohon Seribu Kaki di Air Hitam Seluas 1 Hektare

Oleh: Sobri Hamdani
Selasa, 03 Jan 2017 08:27
view: 576
Sobri Hamdani
Hutan pohon seribu kaki di Air Hitam sangat indah.

SAROLANGUN, datariau.com - Pohon seribu kaki, inilah nama yang terpopuler untuk pohon unik yang satu ini. Keberadaan pohon unik nan indah ini ditemukan di Desa Baru kecamatan Air Hitam, Provinsi Jambi.

Saat wartawan melakukan kunjungan ke lokasi pohon unik ini, Ahad (18/12/2016) lalu, tepatnya di RT03 berhasil melihat langsung pohon seribu kaki. Didampingi langsung oleh Tokoh Masarakat Desa Baru Tuk Mael, wartawan dibimbing menuju tempat pohon ini tumbuh.

Hanya membutukan waktu 10 menit dengan berjalan kaki, kami sudah sampai ke lokasi dimana pohon unik ini berdiri. Sepintas lalu memang tidak ada yang istimewa dengan pohon ini, namun setelah kami berada di bawah pohon yang ukurannya sekitar 2meter ini, memang terdapat keunikan pada sisi dahan pohon ini.

Hampir setiap pertengahan dahan pohon ini memiliki penyanga yang menancap ke dasar tanah dengan ukuran rata-rata sebesar paha orang dewasa. Mungkin inilah alasan mengapa pohon ini dinamakan pohon seribu kaki, karena memiliki banyak dahan yang menancap ke tanah.

Pohon unik ini tumbuh di lahan seluas 1 hektar. Uniknya lagi, di bawah pohon ini terdapat tujuh mata air yang airnya panas, dengan suhu yang cukup untuk mematangkan telur ayam jika direndam.

Menurut Tuk Mael, pada sisi kolam ketiga terdapat lintah berukuran besar mencapai 40 cm dan pada sisi pingir kolam ini terdapat lumpur yang unik pula. Lumpur ini apabila dioleskan ke angota tubuh dan didibiarkan hingga kering akan hilang sendiri tanpa meninggalkan bekas seperti lumpur biasa lainnya.

Di lokasi ini, jelas Tuk Mael, dulunya sebelum ada pembangunan jalan besar, ketika masih sangat asri, terdapat ular besar, namun saat ini sudah tidak ada lagi. Hutan kayu seribu kaki ini juga pernah dilanda banjir dan kemarau panjang, namun masih tetap subur dan tumbuh berkembang menjadi indah.

Bagaimana, berminatkah anda untuk mengunjunginya? Tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan makhluk dan tumbuhan di atas bumi ini. Semua yang terjadi atas kehendak-Nya.

Editor: Adi

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Ditemukan Situs Sejarah Kubu Duduk di Rohul

    PASIR PANGARAIAN, datariau.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rokan Hulu, kini gencar dalam mendata objek wisata dan situs sejarah yang ada di Rohul.<
  • Siak Kota Pusaka Menuju Warisan Dunia

    SIAK, datariau.com - Peristiwa percobaan pembakaran dan perusakan beberapa koleksi Istana Siak oleh oknum berinisial TSA (41) beberapa waktu lalu dengan cara menyiramka
  • Horeee...Pemkab Kampar Buka Trayek Bus Bangkinang - Candi Muara Takus

    KAMPAR, Datariau.com - Untuk menunjang gerak laju ekonomi dan menggelatkan Industri pariwisata ditentukan oleh sarana dan prasarana transportasi.  Sebagai salah
  • Membludak!!.. Libur Tahun Baru Taman Rekreasi Pinang Berseri Diserbu Ribuan Pengunjung

    SIAK, datariau.com - Dimasa liburan Perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018, Taman Rekreasi Pinang Berseri Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak,
  • Libur Tahun Baru, Kolam Renang Alif Adam Belilas Diserbu Warga

    RENGAT,datariau.com - Momen libur tahun baru dimanfaatkan oleh masyarakat berkunjung ke kolam renang Wisata Alif Adam di jalan lintas timur Belilas Kecamatan Seberid
  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto