Sabtu, 18 Nov 2017 / 28 Safar 1439
  • Home
  • Wisata
  • Unik, Ada Hutan Pohon Seribu Kaki di Air Hitam Seluas 1 Hektare

Unik, Ada Hutan Pohon Seribu Kaki di Air Hitam Seluas 1 Hektare

Oleh: Sobri Hamdani
Selasa, 03 Jan 2017 08:27
view: 503
Sobri Hamdani
Hutan pohon seribu kaki di Air Hitam sangat indah.

SAROLANGUN, datariau.com - Pohon seribu kaki, inilah nama yang terpopuler untuk pohon unik yang satu ini. Keberadaan pohon unik nan indah ini ditemukan di Desa Baru kecamatan Air Hitam, Provinsi Jambi.

Saat wartawan melakukan kunjungan ke lokasi pohon unik ini, Ahad (18/12/2016) lalu, tepatnya di RT03 berhasil melihat langsung pohon seribu kaki. Didampingi langsung oleh Tokoh Masarakat Desa Baru Tuk Mael, wartawan dibimbing menuju tempat pohon ini tumbuh.

Hanya membutukan waktu 10 menit dengan berjalan kaki, kami sudah sampai ke lokasi dimana pohon unik ini berdiri. Sepintas lalu memang tidak ada yang istimewa dengan pohon ini, namun setelah kami berada di bawah pohon yang ukurannya sekitar 2meter ini, memang terdapat keunikan pada sisi dahan pohon ini.

Hampir setiap pertengahan dahan pohon ini memiliki penyanga yang menancap ke dasar tanah dengan ukuran rata-rata sebesar paha orang dewasa. Mungkin inilah alasan mengapa pohon ini dinamakan pohon seribu kaki, karena memiliki banyak dahan yang menancap ke tanah.

Pohon unik ini tumbuh di lahan seluas 1 hektar. Uniknya lagi, di bawah pohon ini terdapat tujuh mata air yang airnya panas, dengan suhu yang cukup untuk mematangkan telur ayam jika direndam.

Menurut Tuk Mael, pada sisi kolam ketiga terdapat lintah berukuran besar mencapai 40 cm dan pada sisi pingir kolam ini terdapat lumpur yang unik pula. Lumpur ini apabila dioleskan ke angota tubuh dan didibiarkan hingga kering akan hilang sendiri tanpa meninggalkan bekas seperti lumpur biasa lainnya.

Di lokasi ini, jelas Tuk Mael, dulunya sebelum ada pembangunan jalan besar, ketika masih sangat asri, terdapat ular besar, namun saat ini sudah tidak ada lagi. Hutan kayu seribu kaki ini juga pernah dilanda banjir dan kemarau panjang, namun masih tetap subur dan tumbuh berkembang menjadi indah.

Bagaimana, berminatkah anda untuk mengunjunginya? Tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan makhluk dan tumbuhan di atas bumi ini. Semua yang terjadi atas kehendak-Nya.

loading...
Editor: Adi

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Pemkab Inhu Gelar Festival Tembulun Untuk Perkenalkan Objek Wisata Andalan

    RENGAT, datariau.com - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar

  • Bupati Suyatno Ekspose Potensi Wisata Rohil

    PEKANBARU, datariau.com - Bupati Rokan Hilir H Suyatno melakukan ekspose tentang potensi pariwisata Kabupaten Rokan Hilir di Gedung menara Bank Riau jalan Sudirman Peka
  • 14 Oktober 2017,Ada Nongsa Carnival di Batam

    BATAM-kesuksesan Nongsa Karnaval yang telah digelar tiga kali, Turi Beach Resort kembali menggelar 4rd Nongsa Carnival, 14 Oktober 2017. Misinya sama. Mengeksplor keindahan de
  • Bupati Kampar Akan Kembalikan Stanum Sebagai Ikon Bangkinang Kota

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM didampingi Sekda Kampar Drs Yusri MSi serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait di l
  • Inilah Destinasi Wisata di Indonesia Jadi Lokasi Syuting Film-film Terbaik

    JAKARTA, datariau.com - Keindahan alam yang dimiliki Indonesia menjadikan siapa pun ingin memanfaatkannya. Tak hanya menjadi objek foto, tetapi hingga latar

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg