Jumat, 22 Sep 2017 / 1 Muharram 1439
  • Home
  • Wisata
  • Unik, Ada Hutan Pohon Seribu Kaki di Air Hitam Seluas 1 Hektare

Unik, Ada Hutan Pohon Seribu Kaki di Air Hitam Seluas 1 Hektare

Oleh: Sobri Hamdani
Selasa, 03 Jan 2017 08:27
view: 434
Sobri Hamdani
Hutan pohon seribu kaki di Air Hitam sangat indah.

SAROLANGUN, datariau.com - Pohon seribu kaki, inilah nama yang terpopuler untuk pohon unik yang satu ini. Keberadaan pohon unik nan indah ini ditemukan di Desa Baru kecamatan Air Hitam, Provinsi Jambi.

Saat wartawan melakukan kunjungan ke lokasi pohon unik ini, Ahad (18/12/2016) lalu, tepatnya di RT03 berhasil melihat langsung pohon seribu kaki. Didampingi langsung oleh Tokoh Masarakat Desa Baru Tuk Mael, wartawan dibimbing menuju tempat pohon ini tumbuh.

Hanya membutukan waktu 10 menit dengan berjalan kaki, kami sudah sampai ke lokasi dimana pohon unik ini berdiri. Sepintas lalu memang tidak ada yang istimewa dengan pohon ini, namun setelah kami berada di bawah pohon yang ukurannya sekitar 2meter ini, memang terdapat keunikan pada sisi dahan pohon ini.

Hampir setiap pertengahan dahan pohon ini memiliki penyanga yang menancap ke dasar tanah dengan ukuran rata-rata sebesar paha orang dewasa. Mungkin inilah alasan mengapa pohon ini dinamakan pohon seribu kaki, karena memiliki banyak dahan yang menancap ke tanah.

Pohon unik ini tumbuh di lahan seluas 1 hektar. Uniknya lagi, di bawah pohon ini terdapat tujuh mata air yang airnya panas, dengan suhu yang cukup untuk mematangkan telur ayam jika direndam.

Menurut Tuk Mael, pada sisi kolam ketiga terdapat lintah berukuran besar mencapai 40 cm dan pada sisi pingir kolam ini terdapat lumpur yang unik pula. Lumpur ini apabila dioleskan ke angota tubuh dan didibiarkan hingga kering akan hilang sendiri tanpa meninggalkan bekas seperti lumpur biasa lainnya.

Di lokasi ini, jelas Tuk Mael, dulunya sebelum ada pembangunan jalan besar, ketika masih sangat asri, terdapat ular besar, namun saat ini sudah tidak ada lagi. Hutan kayu seribu kaki ini juga pernah dilanda banjir dan kemarau panjang, namun masih tetap subur dan tumbuh berkembang menjadi indah.

Bagaimana, berminatkah anda untuk mengunjunginya? Tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan makhluk dan tumbuhan di atas bumi ini. Semua yang terjadi atas kehendak-Nya.

Editor: Adi

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kurang Dibacakan Al Qur'an, Rumah Artis Ini Dihuni Kuntilanak

    JAKARTA, datariau.com - Nagita Slavina baru-baru ini mengungkapkan hal mengejutkan. Ini diketahui dari sebuah video yang diunggah akun lambe_lamis. Dalam video tersebut, ist
  • Kongkow IT Pekanbaru Gelar Workshop Gratis, Terbuka Untuk Umum, Ini Jadwalnya..

    PEKANBARU, datariau.com - Kabar gembira untuk masyarakat Kota Pekanbaru dan sekitarnya yang ingin berbagi pengalaman tentang bidang IT, komunitas IT yakni Ko

  • Heboh Wanita Ini Seperti Mahir Potong Daging Hewan Kurban, Ada yang Kenal Dia?

    JAKARTA, datariau.com - Warganet dihebohkan adanya video dan foto seorang wanita yang sepertinya sudah tidak asing lagi, dia sedang asik memotong daging hewa

  • Spanduk Calon Gubernur Riau Bertengger di Pohon Diturunkan Satpol PP Pekanbaru

    PEKANBARU, datariau.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Pekanbaru kembali menertibkan baliho, spanduk dan banner bakal calon gubernur Riau yang

  • Begini Kisah Driver Ojek Online Menikah dengan Penumpangnya

    JAKARTA, datariau.com - Tidak ada satu pun manusia yang mengetahui pasti siapa yang akan menjadi jodoh kita dan bagaimana cara Tuhan mempertemukannya.

  • Jadikan Siak Kabupaten Hijau dengan 1000 Pohon

    SIAK, datariau.com - Karang Taruna Kecamatan Mempura dan Kabupaten Siak mengadakan kegiatan penanaman 1000 pohon di depan kantor Kecamatan Mempura bersama de

  • Indosat Ooredoo Kembali Raih Penghargaan Nasional K3

    JAKARTA, datariau.com - Indosat Ooredoo kembali meraih Penghargaan Nasional K3 tahun 2017 kategori Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dengan pre
  • KOMENTAR
    Karirpad